Hi, Takaiters!

Bagi kamu yang K-drama Lover, sudah nontonkah drama terbaru yang ditayangkan JTBC ini? Drama yang pertama kali ditayangkan pada tanggal 21 September 2020 ini banyak mencuri perhatian pecinta drama Korea.

Selain dibintangi bertabur cogan yang terlibat di dalam dramanya, namun drama ini memiliki cerita yang unik dan juga remake dari film Amerika yang berjudul 17 again.

Sepintas kilasan cerita drama ini, bercerita tentang penyesalan keputusan yang diambil masa muda dan ia ingin kembali ke masa remajanya agar bisa memperbaiki masa lalunya. Namun apa yang terjadi? Keinginannya terkabul kembali ke usianya 18 tahun dan menerima berbagai fakta tak terduga yang terjadi.

Jika kamu mengikuti drama yang sudah tayang sebanyak 4 episode ini. Drama 18 Again memberikan pesan tersirat untuk para penontonnya.

Mau tahu? Yuk, disimak, Takaiters!

1. Sulitnya kehidupan rumah tangga tanpa persiapan

18 again korean drama episodes
Foto: Jurnalgaya.pikiran-rakyat.com

Drama ini bercerita tentang kehidupan pasangan suami istri yang memilih menikah muda karena kesalahan (atau hamil sebelum menikah).

Karena memiliki tanggungjawab untuk keluarga, Hong Dae Young, harus memilih bekerja setelah lulus SMA. Sedangkan sang istri menunda kuliah karena memilih mengasuh anak mereka terlebih dahulu.

Keputusan yang diambil oleh mereka membuat kehidupan mereka tidak semudah yang dibayangkan. Karena, suami yang sudah mengabdi bekerja selama 10 tahun sebagai teknisi mesin cuci. Tidak dapat promosi hanya karena terkendala ijazah SMA.

Sedangkan istri yang memiliki cita-cita sebagai penyiar harus dipecat karena umurnya yang tak lagi muda dan berstatus seorang Ibu yang memiliki anak sudah berumur 18 tahun.

2. Penyesalan selalu datang di akhir

18 again kdrama 2020
Foto: instagram.com/jane_everydaypuresuits

Banyaknya konflik yang dialami pasutri ini. Dari masalah pekerjaan, ekonomi hingga memutuskan ingin bercerai di usia pernikahan mereka sudah mencapai 18 tahun.

Hal ini membuat Hong Dae Young, mengenang kembali masa sekolahnya yang penuh prestasi di bidang Olahraga Basket. Bahkan saat dia memutuskan untuk menikah, dia meninggalkan lapangan saat pertandingan Basket.

Di masa sekolah Hong Dae Young sangat populer dan berprestasi. Itu sebabnya dia berpikir untuk kembali ke umurnya 18 tahun agar ia bisa memperbaiki masa depannya.

3. Masa lalu Orangtua berdampak bagi anak

18 again kdrama full episode
Foto: instagram.com/kdrama2016

Dalam drama ini, usia anak Jung Da-Jung yang diperankan oleh artis senior Kim Ha Neul dan Hong Dae Young diperankan oleh Yoon Sang Hyun sudah berusia 18 tahun.

Kesalahan yang terjadi oleh orangtua mereka dimasa lalu berdampak pada anak kembarnya. Terutama anaknya yang laki-laki.

Hong Shi-Woo, yang diperankan aktor muda Ryeo Un, dalam drama ini ia memilih tidak melanjutkan minatnya dibidang olahraga Basket. Karena merasa tidak percaya diri atas ejekan teman-temannya. Hal ini mengenai ayahnya yang merupakan atlet basket terbaik justru tidak bisa melanjutkan pendidikan karena harus menikah.

Sehingga dia selalu menutupi keinginannya untuk bermain basket. Meskipun terkadang diam-diam dia tetap bermain basket tanpa sepengetahuan orang lain termasuk ayahnya.

4. Ketulusan persahabatan yang terjalin

18 again kdrama viu
Foto: instagram.com/purpleitsmee

Drama 18 Again juga menceritakan keuwuan persahabatan yang terjalin diantara mereka. Dan juga diceritakan bagaimana persahabatan itu mulai terjalin hingga bertahan disaat usia mereka tak lagi remaja.

Persahabatan antara Hong Dae Young dengan Ko Deok-Jin dimulai karena Hong Dae Young menolong Ko Deok-Jin sedang di bulli oleh siswa yang lain.

Sedangkan persahabatan yang terjadi Jung Da Jung dengan Choo Ae-Rin pun demikian. Namun uniknya mereka sebelumnya adalah rival. Choo Ae-Rin merasa Jung Da Jung yang merupakan murid pindahan menarik perhatian Hong Dae Young, cinta pertamanya. Dan semua berubah saat Jung Da Jung menolong Choo Ae-Rin yang sedang di rampas oleh siswa lain.

Hal yang sama juga terjadi oleh anak perempuan Hong Dae Young yang bersahabat dengan Seo Ji-Ho, ketua kelasnya yang juga teman masa kecilnya. Persahabatn mereka terjalin sejak Hong Shi A menolong Seo Ji-Ho yang sedang di rundung anak lain.

5. Tak ada batasan usia untuk tetap menggapai cita-cita

Foto: instagram.com/sararingsa

Hal ini terlihat pada karakter yang diperankan oleh Kim Ha Neul, Jung Da Jung. Meskipun usianya tak lagi muda. Dia tetap mengejar impianya untuk menjadi seorang penyiar.

Jung Da Jung memilih melanjutkan pendidikan jenjang kuliah disaat umurnya tak lagi muda. Yaitu ketika anak-anaknya sudah memasuki bangku SD.

Hal ini memberikan kesulitan baginya untuk mendapatkan pekerjaan yang ia harapkan. Karena, untuk bidang penyiaran, selalu diminta kualifikasi usia yang muda dan berstatus single.

Namun hal itu tak menyurutkan semangatnya. Hingga akhirnya dia lulus sebagai penyiar tv yang ia inginkan.

 6. Pentingnya kenali prilaku anak

Foto: instagram.com/18again_drama

Dalam drama ini, tersirat juga akan pentingnya kita mengenali prilaku anak. Terkadang anak yang tak banyak bicara dia memendam begitu banyak luka yang tak ingin diungkapkan.

Hal ini bisa dilakukan dengan komunikasi yang baik dengan anak.

Hong Dae Young menyadari akan penyebab  prilaku anaknya saat ia menjadi siswa di sekolah yang sama dengan anaknya. Hal ini setelah ia mengalami suatu kejadian ketika ia kembali ke sosok mudanya menjadi remaja usia 18 tahun.

7. Orangtua akan selalu melakukan yang terbaik untuk anaknya.

18 again kdrama episodes
Foto: jurnalpalopo.com

Drama bergenre Romance-fantasy ini menyiratkan kisah perjuangan orangtua yang selalu melakukan yang terbaik untuk anak-anaknya.

Terlihat dari cuplikan saat Hong Dae Young berusaha dalam mengasuh anaknya saat kecil. Hingga mereka sudah remaja, Hong Dae Young yang kembali ke masa remajanya, memilih berteman dengan anak-anaknya agar ia bisa melindungi mereka.

Nah, itu beberapa pesan tersirat dari drama 18 Again, Takaiters! Drama ini sedang trending dalam masa penayangannya, kamu sudah nonton, kah?

Terdapat kutipan kata-kata yang bisa kita maknai juga dari drama 18 Again ini yaitu “Betapa pun kerasnya hidup ini, jangan pernah menyesali apapun yang membuatmu tersenyum”