Hai pecinta kuliner minang, ada kabar gembira nih buat kamu-kamu semua, di akhir bulan ini Pemko Bukittinggi akan mengadakan Makan Bajamba Akbar di pelataran taman Jam Gadang loh. Acara ini diadakan dalam rangka memperingati hari jadi Kota Bukittinggi yang ke-232. Sebenarnya acara Makan Bajamba sudah sering diadakan dalam memperingati hari jadi Kota Bukittinggi. Namun, tahun ini Pemko Bukittinggi ingin lebih membaur bersama masyarakat.

Sebelumnya takaitu akan menjelaskan sedikit apa itu Makan Bajamba. Makan Bajamba adalah salah satu tradisi makan bersama yang tidak ada didaerah lain. Tradisi makan bersama yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau dengan cara duduk bersama-sama di dalam suatu ruangan atau tempat yang telah disediakan.

Pada umumnya, Makan Bajamba diikuti oleh lebih dari puluhan sampai ribuan orang yang kemudian dibagi dalam beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari 4-5 orang dengan duduk secara melingkar dimana tengah-tengah mereka ada satu cawan besar berisi nasi dan tiga cawan kecil berisi lauk diantaranya rendang, gulai bihie (gajebo : istilah minang), dan daging asam padeh. Semuanya daging, bersantan kental dan tidak ada sayurnya. Jamuan ini dinamakan dengan istilah “Cawan Tigo”.

Seperti dilansir dari Wikipedia bahwa tradisi Makan Bajamba ini diyakini berasal dari Koto Gadang, kabupaten Agam, Sumatera Barat, dan diperkirakan telah ada sejak agama Islam masuk ke Minangkabau sekitar abad ke-7.

Kembali lagi ke Makan Bajamba yang akan diadakan Kota Bukittinggi. Menurut Pemko Bukittinggi yang diwakili Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bukittinggi, Emil Anwar selain bertujuan untuk berbaur dengan masyarakat banyak, acara ini juga diharapkan menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun internasional.

Untuk kamu yang ingin merasakan keunikan Makan Bajamba akbar di Jam Gadang ini, kamu bisa datang ke Bukittinggi pada tanggal 25 Desember nanti. Tanggalnya memang agak melenceng sih dari ulang tahun Kota Bukittinggi yang jatuh tanggal 22 Desember. Pemilihan tanggal 25 Desember bertujuan karna pada tanggal tersebut merupakan hari libur sehingga lebih banyak masyarakat yang ikut memeriahkan acara tersebut. Yuk ikuti ! Jangan sampai ketinggalan yah…