Hai, Takaiters!

Setiap akhir tahun pemerintah menetapkan besaran upah minimum yang akan berlaku tahun depan. Kamu yang bekerja di perusahaan atau pelaku wirausaha yang mempunyai karyawan, harus memahami ketentuan mengenai upah minimum yang berlaku, Guys. Pengusaha yang tidak melaksanakan ketentuan upah minimum akan berhadapan dengan Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan dan bukan tidak mungkin akan menerima sanksi dari pemerintah. Supaya kamu paham apa itu upah minimum, ada baiknya kamu simak 5 fakta berikut.

Upah Pokok dan Tunjangan Tetap

Foto: fool.com

Upah adalah hak pekerja/buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja atau buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang­undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja atau buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan atau jasa  yang telah atau akan dilakukan, sedangkan upah Minimum adalah upah bulanan terendah yang terdiri dari upah pokok termasuk tunjangan tetap yang ditetapkan oleh gubernur sebagai jaring pengaman.

Tunjangan tetap adalah tunjangan yang diterima setiap bulan tanpa tergantung kehadiran, Guys, misalnya tunjangan jabatan, tunjangan keluarga, tunjangan perumahan, tunjangan kemahalan, dan sebagainya.

Jaring Pengaman

Foto: productplan.com

Tujuan penetapan upah minimum adalah menjamin pekerja atau buruh mendapat penghasilan minimum untuk hidup layak dan bagi pengusaha penetapan upah buruh yang formulanya ditinjau berkala setiap tahun akan memberi kepastian dalam berusaha. Upah minimum yang ditetapkan oleh pemerintah akan menjadi jaring pengaman agar upah pekerja tidak merosot tajam, Guys.

Tujuan lain dari penetapan upah minimum adalah memberi kesejahteraan kepada pekerja dan mempersempit kesenjangan pendapatan. Penetapan upah minimum saat ini menggunakan dasar pertumbuhan ekonomi sehingga diharapkan kenaikan upah yang diterima pekerja dapat mengikuti inflasi yang terjadi di masyarakat.

Untuk Masa Kerja Kurang dari Satu Tahun

Foto: economy.okezone.com

Upah Minimum hanya berlaku bagi tenaga kerja yang mempunyai masa kerja kurang dari satu tahun, Guys. Jadi pekerja yang baru masuk berhak mendapatkan upah sebesar upah minimum, sedangkan pekerja yang mempunyai masa kerja  lebih dari satu tahun, upahnya diperhitungkan dengan struktur dan skala upah yang berlaku di perusahaan.

Struktur dan skala upah ini dibuat oleh perusahaan dengan memperhatikan masa kerja, pendidikan, pelatihan, kompetensi, dan sebagainya. Dengan demikian diharapkan tidak ada kecemburuan antara pekerja yang baru masuk kerja dengan pekerja lama karena gaji yang diterima tentunya berbeda.

Dilarang Membayar Upah Lebih Rendah

Foto: inilahkoran.com

Pengusaha wajib memberikan upah sesuai dengan ketentuan upah minimum yang berlaku di daerahnya. Jika pengusaha melanggar maka akan dikenai sanksi sesuai ketentuan yang berlaku. Jika pengusaha telah memberikan upah lebih tinggi dari ketentuan upah minimum yang berlaku, maka pengusaha dilarang mengurangi atau menurunkan besaran upah yang telah diberikan Guys.

Bagi pengusaha yang memiliki beberapa perusahaan yang wilayah kerjanya meliputi beberapa kabupaten atau kota dilarang membayar upah lebih rendah dari ketentuan upah minimum yang berlaku di kabupaten atau kota setempat. Jika kamu menerima upah kurang dari ketentuan upah minimum di kabupaten atau kota tempat perusahaan berada, maka laporkan ke dinas ketenagakerjaan setempat supaya mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Pelaksanaan dan Penangguhan

 

Foto: gulfdailynews.com

Upah Minimum berlaku sejak tanggal 1 Januari setiap tahunnya sehingga pada akhir bulan Januari pekerja sudah mendapatkan upah sesuai upah minimum yang berlaku, Guys. Karena besaran upah minimum ditetapkan oleh Gubernur berdasarkan rekomendasi Bupati atau Walikota, maka bagi pengusaha yang tidak mampu melaksanakan ketentuan upah minimum dapat mengajukan penangguhan pelaksanaannya kepada Gubernur atau pejabat yang ditunjuk sesuai dengan peraturan yang berlaku paling lama 10 (sepuluh) hari sebelum berlakunya upah minimum. Namun, penangguhan pelaksanaan upah minimum tidak mengurangi hak pekerja, Guys, karena pada saatnya pengusaha harus membayar kekurangan upah selama penangguhan.

Nah, Takaiters, buat kamu yang sudah lama bekerja, bersiaplah menerima kenaikan gaji tahun depan, sedangkan kamu yang baru mau melamar kerja, pahami ketentuan upah minimum ini supaya gaji yang kamu terima nanti cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.