Halo, Takaiters!

Kampanye besar-besaran untuk meminimalisasi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari semakin digalakan. Bukan tanpa alasan, hampir dari kita semua paham dan mengerti dampak dari penggunaan plastik, baik dari sisi kesehatan hingga bagi keselamatan bumi di masa yang akan datang. Bahannya yang ringan dan praktis membuat banyak orang terlena untuk menggunakan plastik dalam banyak kegiatan sehari-hari, seperti untuk wadah belanja, wadah makanan dan minuman, hingga sedotan minum.

Guys, kamu bisa, kok, ikut andil untuk meminimalisasi hingga stop penggunaan plastik dengan menggunakan 5 alternatif barang berikut. Asal ada niat dan kesadaran, maka semua akan mudah untuk dilakukan.

1. Tas Belanja Multi-Fungsi

Foto: nenasibaikhationline.blogspot.com

Generasi millenial seharusnya selalu membawa tas belanja multi-fungsi ke mana pun pergi. Terkadang belanja itu tanpa direncanakan. Apalagi, jika memang sudah merencanakan untuk belanja keperluan sehari-hari, ada baiknya membawa tas belanja multipakai dalam jumlah yang cukup. Sudah banyak tas belanja multipakai yang dijual bahkan dibagikan secara gratis. Awalnya ini akan terasa sulit, tetapi lama-kelamaan ini akan menjadi habbit yang tentu saja mampu melindungi bumi. Bayangkan jika satu keluarga mampu diet kantong plastik saat belanja.

2. Sedotan Stainless Steel

Foto: aceh.tribunnews.com

Jangan pernah bilang ‘halah cuma sedotan plastik, kecil!’. Tahukah kamu, sedotan plastik menjadi salah satu penyumbang sampah plastik paling banyak dan paling sering. Sedotan plastik dengan bahan stainless steel menjadi alternatif pilihan yang cerdas. Jika tidak urgent, bahkan kamu tidak usah menggunakan sedotan.

3. Kotak Makan yang Reuseble dan Sendok Kayu

Foto: sendokkayu.com

Walaupun banyak yang tahu bahaya dari penggunaan plastik sebagai wadah makanan, tetapi kenyataannya masih banyak yang menggunakan styrofoam dan sendok plastik. Plastik, jika terpapar suhu panas akan mengaktifkan zat berbahaya. Baik penjual maupun pembeli hendaknya sama-sama aktif dalam mengurangi penggunaan plastik. Misal, dengan menggunakan wadah atau kotak makan yang reusable daripada tempat makan sekali pakai. Juga menghentikan penggunaan sendok plastik. Sedikit lebih mahal, bisa memilih sendok yang terbuat dari bahan kayu.

4. Menstrual Cup dan Pembalut Kain

Foto: sains.kompas.com

Girls, sudah tahu tentang menstrual cup sebagai pengganti pembalut konvensional? Menstrual cup adalah alat yang digunakan untuk menampung darah selama proses menstruasi berlangsung. Menstrual cup terbuat dari bahan silikon yang aman. Berbeda dengan pembalut konvensional, menstrual cup bisa digunakan berkali-kali.

Jika masih tabu dengan menstrual cup, kamu bisa mencoba alternatif lain, yaitu pembalut kain katun yang memang sudah digunakan sejak zaman nenek moyang kita dulu. Bonusnya adalah pembalut ini bebas dari bahan kimia dan aman bagi kesehatan. Yuk, beralih ke sesuatu yang ramah lingkungan.

5. Bawa Botol Minum Pribadi

Foto: doktersehat.com

Ada yang masih malas membawa botol minum dari rumah? Guys, memang membawa botol minuman bagi yang tidak terbiasa akan terasa berat. Namun, jika sudah terbiasa akan menyenangkan dan terasa kurang jika tidak membawa. Bayangkan jika satu orang menciptakan satu sampah plastik dari botol minuman kemasan. Ada berapa banyak sampah botol plastik kemasan yang tercipta setiap harinya. Jika diakumulasikan akan menjadi gunungan sampah plastik yang tentunya sulit untuk diuraikan. Membawa botol minum bukan hanya dilakukan oleh anak kecil atau anak SD saja, ya.

Guys, dengan membiasakan hal-hal kecil di atas itu artinya kita sudah ikut andil dalam menjaga bumi. Mari jadi generasi millenial yang cerdas dan siap mengkampanyekan untuk meminimalisasi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari diri sendiri dan mari tularkan kepada orang lain. Jangan malu untuk memulai sesuatu yang dianggap aneh bagi orang lain.

Selamat mencoba!