Halo, Takaiters!

Saat ini, pemerintah sudah memberlakukan  Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB karena di beberapa titik lokasi sudah menjadi zona merah. Covid-19 (Corona Virus Disease-2019) atau yang lebih populer dengan virus corona ini telah menjadi wabah global. Masyarakat diimbau tidak hanya menjaga jarak dari kerumunan, tetapi juga menjaga jarak secara fisik antar sesama minimal dua meter.

Nah, Takaiters, buat kamu yang masih beraktivitas di luar, tetap waspada dengan mengenakan masker dan sebaiknya selalu menyediakan disinfektan dan hand sanitizer kecil yang bisa kamu bawa di dalam tas kamu. Mengingat dua barang tersebut mulai agak susah didapat dan harganya yang “menggila”, kamu bisa buat sendiri di rumah dengan memperhatikan beberapa bahan-bahan aktif yang terkandung didalamnya. Yuk, kita simak  apa saja bahan-bahan tersebut:

Sodium Hypochlorite 5.25%

foto: Kompas.com

Bahan  aktif ini biasa ditemukan di bahan pemutih pakaian. Larutkan 20 ml bahan aktif ini ke dalam 1 liter air.

Benzalkonium chloride 1% dan pine oil 2.5%

Foto: lipi.go.id

Biasa ditemukan di pembersih lantai anti bakteri dan beraroma pine. Larutkan 45 ml bahan aktif ke dalam 1 liter air.

Alkohol 70%

Sumber foto: Dream.co.id

Larutkan 40 ml ke dalam 1 liter  air.

Kamu bisa memilih salah satu dari ke tiga bahan di atas, jangan mencampurkan bahan aktif yang satu dengan yang lainnya. Bahan-bahan ini bersifat korosif (dapat menyebabkan benda lain hancur) terhadap logam, gunakan masker dan sarung tangan bila perlu, hati-hati ketika mengerjakannya, ya, Guys.

Semprotkan pada perabot rumah yang sering dipegang oleh tangan seperti pegangan pintu, pegangan tangga, kain gorden, dan benda-benda perabot rumah yang lain. Lakukan kegiatan penyemprotan ini minimal satu kali seminggu. Jauhkan disinfektan ini  dari jangkauan anak-anak dan pastikan ventilasi udara di rumah kamu juga berfungsi dengan baik.

Sekarang, ayo, kita racik bahan untuk membuat hand sanitizer!

  1. Cairan H2O2 5% atau 10%

Bahan aktif ini juga terkandung pada pemutih pakaian dan penghilang noda.

  1. Alkohol 70% dan air

Campurkan 430 ml alkohol dengan bahan aktif H2O2 dan larutkan dengan air hingga menjadi 1 liter.

Jika kamu sulit menemukan alkohol, larutkan bahan aktif tersebut langsung dengan air. Tempatkan pada botol kecil bekas spray cologne dan jadilah hand sanitizer buatan sendiri yang bisa kamu bawa ke mana-mana.

Bahan-bahan aktif di atas mudah kamu dapatkan dengan berbagai merk produk pembersih dan pemutih pakaian. Manfaatkan botol-botol bekas air mineral untuk menyimpan racikan tersebut.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Budayakan gaya hidup bersih dan sehat, tetap positive thinking agar imunitas kita terjaga dengan kuat. Disiplin dan taati imbauan dari pemerintah, agar kita dan keluarga tercinta terhindar dari virus corona.

Tetap waspada, Takaiters!