Hai, Takaiters!

Banjarnegara memiliki banyak sekali wisata alam yang sangat memesona, setelah kemarin jalan-jalan ke Karang Gemantung, Gunung Lanang dan Gunung Tampomas, kali ini Takaitu akan mengajak kamu untuk menikmati keindahan alam lainnya di kota ini, yaitu air terjun.

Banyak sekali air terjun yang ada di Banjarnegara, semuanya memiliki ciri dan keunikan yang berbeda dengan keindahan alamnya yang memesona. Mau tahu air terjun apa saja yang ada di Banjarnegara? Simak, yuk, Guys!

Curug Pitu

Foto: ksmtour.com

Dinamakan Curug Pitu karena ada tujuh tingkatan pada curug ini. Pitu dalam bahasa Jawa berarti tujuh. Ketujuh curug ini bertingkat-tingkat. Curug pertama airnya sangat deras berada tidak jauh dari gerbang pintu masuk curug. Kanan kiri jalan menuju curug pertama banyak ditanami pohon-pohon bunga sehingga sangat indah dan sejuk. Sebelum menuruni tangga untuk menuju curug pertama terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk duduk bersantai.

Untuk menuju curug kedua, ketiga dan keempat dan seterusnya, pengunjung harus jalan kaki naik ke atas bukit. Jalan sampai curug ketiga sudah bagus, tetapi curug keempat dan selanjutnya masih sangat terbatas. Pengunjungpun jarang yang mau naik sampai tingkat tujuh karena terlalu tinggi dan jalannya curam. Curug Pitu ini berada di desa Kemiri kecamatan Sigaluh.

Curug Pletuk

Foto: reresepan.com

Berada di desa Pesangkalan kecamatan Pagedongan curug ini sangat indah dengan alamnya yang masih sangat asri. Memang akses jalannya agak sedikit curam, banyak sekali tanjakan dan tikungan tajam yang harus dilalui. Untuk itu para pengendara motor atau mobil yang akan menuju ke lokasi harus sangat berhati-hati dan waspada dengan kondisi jalannya.

Sampai di lokasi, pengunjung akan terpukau dengan tatanan gazebo-gazebonya yang sangat indah. Gazebo-gazebo tersebut di buat berjejer membentuk setengah lingkaran. Bentuknya kecil mungil dan indah. Di depan gazebo ada taman bunga yang sangat cantik. Dari gazebo pengunjung dapat melihat air terjun yang mengalir dari atas bukit di depannya. Memang pada saat musim kemarau air curug ini surut. Jadi jika mau menikmati keindahan alam curug pletuk datanglah saat musim hujan tiba.

Curug Sikopel

Foto: sanjayatour.com

Curug ini menawarkan pemandangan yang sangat eksotis. Alamnya yang sangat indah dan sejuk menjadi daya tarik tersendiri. Air curug ini sangat sejuk dan segar di mana airnya berasal dari hulu kawah Sileri Dieng. Konon, air curug Sikopel dapat membuat awet muda jika digunakan untuk cuci muka atau mandi. Curug Sikopel ini memliki ketinggian 70 m dan kedalaman 10 m. Di dalam curug terdapat sebuah gua yang konon pernah digunakan untuk bersemedi oleh salah satu Bupati Banjarnegara.

Curug Pundung Sewu

Foto: tempatwisata.co

Dalam bahasa Jawa Pundung berarti gundukan tanah, sedangkan sewu yaitu seribu jadi curug Pundung Sewu adalah curug dengan gundukan tanah seribu. Curug Pundung Sewu tidak tergolong sebagai curug yang memiliki ketinggian seperti curug-curug lainnya. Namun, kedungnya sangat dalam sehingga bisa digunakan untuk berenang. Ditepi curug ini terdapat batu besar yang bisa dijadikan tempat menguji andrenalin yaitu melompat dari batu ke kedung curug.

Lokasi curug ini berada di desa Petir kecamatan Purwanegara. Akses jalannya cukup mudah dilalui. Bisa menggunakan motor ataupun mobil. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan umum juga tidak perlu khawatir karena tetap bisa sampai ke lokasi.

Curug Mrawu

Foto: ksmtour.com

Curug ini sangat cocok bagi pencinta olahraga trecking karena untuk mencapai lokasi curug yang berada di desa Giritirta kecamatan Pejawaran ini sangat jauh jarak tempuhnya. Namun, meskipun harus berjalan cukup jauh, pengunjung tetap dimanjakan oleh keindahan pemandangan yang didominasi hutan dan persawahan. Curug Mrawu ini memiliki aliran yang menyatu dengan sungai mrawu. Ketinggian dari curug ini kurang lebih 50 m. Keunikan dari curug ini yaitu airnya dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Gimana, Takaiters, indah bukan curug-curug yang ada di Banjarnegara ini? Jadi, jika kamu suka berwisata ke curug dan mau berkunjung ke sini, kamu tinggal tentukan curug mana dulu yang akan kamu kunjungi. Ditunggu kedatangannya, ya, Guys.