Hallo, Takaiters!

Pernah tiba-tiba merasa takut tanpa sebab atau kekhawatiran secara berlebihan? Bisa jadi kamu sedang mengalami insecure. Insecure adalah rasa bersalah, khawatir, kecewa, cemas atau takut secara berlebihan. Perasaan ini dapat muncul pada semua orang, terutama yang pernah mengalamai trauma. Berikut penyebab insecure dan cara mengatasinya, Takaiters!

Insecure dan Cara Mengatasinya
Foto: lifestyle.okezone.com
  1. Gagal dalam suatu hal

Seseorang yang terlalu optimis akan mencapai suatu hal dapat menjadi insecure ketika dia gagal. Rasa percaya diri berlebihan dapat menyebabkan insecure jika ternyata yang dicapai tidak sesuai dengan apa yang diharapkan tersebut.

  1. Kehilangan sesuatu

Seseorang yang baru saja putus cita atau mendapat musibah kematian salah satu anggota keluarga dapat mengalami insecure.

Rasa kehilangan berlebihan yang tidak terkontrol akan menyebabkan yang bersangkutan mengalami kekhawatiran berlebih kejadian tersebut terulang lagi. Hal ini membuat seseorang menutup diri, melamun dan bersedih secara berkepanjangan.

  1. Perlakuan negatif dari lingkungan

Seseorang yang mengalami bulliying, body shamming, tidak dihargai dalam lingkungan dapat mengalami insecure. Perlakuan tidak mengenakkan dapat dialami oleh siapa saja tanpa terkecuali.

  1. Memiliki sebuah kelemahan

Kelemahan seseorang dapat menyebabkannya menjadi insecure. Seseorang yang lemah dalam bidang matematika misalnya, akan menjadi insecure jika berada di lingkungan orang yang jago matematika.

Akibat insecure:

Insecure akan membuat seseorang menarik diri dari lingkungan, tidak mau bersosialisasi yang berakibat akan kehilangan banyak kesempatan untuk maju. Rasa insecure juga akan membuat seseorang tidak percaya diri sehingga kemampuan yag dimiliki tidak dapat di-eksplor secara maksimal.

Cara mengatasi insecure

Foto: kompasiana.com

Dalam kondisi tidak parah, seseorang yang mengalami insecure dapat mengobati dirinya sendiri. Namun dalam kondisi yang cukup parah perlu mendapat pertolongan psikiater. Untuk menghilangkan insecure yang dapat dilakukan adalah:

  1. Mendekatkan diri pada Tuhan

Jawaban dari kegelisahan hati adalah mendekat kepada Tuhan. Dengan berdoa dan yakin pada ketentuan Tuhan maka kita akan mudah menerima segala keadaan sebagai ketentuan yang harus terjadi.

  1. Bersyukur

Dengan mensyukuri semua yang kita miliki maka tidak akan timbul rasa iri terhadap pencapaian orang lain. Bersyukur membuat hati menjadi tenang.

  1. Berpikir positif

Berpikir positif akan membuat seseorang lebih mudah menerima keadaan dan yakin bahwa yang terjadi adalah sesuatu yang terbaik.

  1. Menjauh dari lingkungan negatif

Kita tidak dapat memaksa lingkungan untuk mengerti kondisi kita. Hal yang dapat kita lakukan adalah menghindari lingkungan yang menjadi toksik bagi kita.

  1. Menggali dan mengembangkan potensi diri sendiri

Setiap orang diciptakan dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing.  Kembangkan potensi yang ada sehingga hal tersebut menjadi keunggulan kita. Jadilah diri sendiri dengan terus mengasah kemampuan.

Nah, itulah pembahasan mengenai Insecure dan cara mengatasinya, Takaiters! Yuk, kita atasi bersama!