Halo, Takaiters!

Pernah dengar tentang fused plastic bag? Dalam bahasa Indonesia, bisa diterjemahkan menjadi kantong plastik yang dipanaskan. Proses pembuatannya cukup mudah, yakni lembaran-lembaran kantong plastik disusun bertumpuk, kemudian ditutupi kertas sebagai pelapis dan disetrika untuk beberapa saat. Hasilnya, semua helai plastik tadi akan saling menyatu dan membentuk lembaran plastik tebal yang kaku. Nah, inilah yang disebut dengan fused plastic bag. Proses ini bisa dikatakan sebagai salah satu metode daur ulang kantong plastik secara sederhana. Hasilnya bisa dimanfaatkan kembali menjadi bermacam-macam kreasi yang keren. Penasaran? Simak, yuk!

1. Tas Bekal (Lunch Bag)

Foto: pinterest.com

Salah satu kebiasaan yang dianjurkan untuk mendukung Zero Waste adalah membawa kotak makan dan botol minum sendiri dari rumah. Tujuannya adalah agar wadah sekali pakai dari kemasannya tidak menjadi sampah. Nah, lebih afdal lagi kalau tas bekal pun dibuat dari fused plastic bag. Hasilnya tidak kalah kece dengan lunch bag yang dibeli, Guys!

2. Dompet Wanita

Foto: flextiles.com

Waktu pemanasan yang agak lama atau suhu yang terlalu panas pada proses pembuatan fused plastic bag, kadang membuat hasil akhirnya menjadi berkerut. Namun, hal ini ternyata membuat teksturnya jadi unik, lo. Contohnya seperti pada dompet ini. Keren, ya?

3. Tas

Foto: waterloowellingtonblogs.org

Tidak hanya polos, kantong plastik pun ada yang berwarna warni, bahkan memiliki motif atau gambar tertentu. Jika dikreasikan menjadi tas, tampilannya tidak akan kalah menarik dari tas-tas lainnya. Seperti beach bag yang satu ini, cantik bukan?

4. Pouch

Sumber: pinterest.com

Kreasi lain yang bisa dibuat selain tas yaitu pouch. Bermacam-macam warna plastik yang disusun dengan bentuk Owl ini terlihat lucu, ya, Guys!

5. Apron

Foto: pinterest.es

Kombinasikan fused plastic bag dengan kain untuk membuat apron. Lapisan plastiknya untuk melindungi pakaian dari basah dan kotor, sementara kain digunakan untuk mengelap tangan.

6. Storage

Sumber: flicker.com

Untuk menyimpan pernak-pernik atau alat tulis menulis, storage dari fused plastic bag bisa jadi alternatif pilihan yang murah meriah dan unik.

7. Baby Bib

Sumber: pepperboxcouture.wordpress.com

Bib bayi sudah pasti sering terkena noda makanan atau minuman. Tidak mau repot-repot mencuci? Gunakan saja fused plastic bag sebagai bahannya. Dijamin tidak akan bernoda dan mudah sekali dibersihkan.

8. Ikat Pinggang

Foto: sewing.craftgossip.com

Ikat pinggang dari kulit sudah biasa. Kalau mau yang anti mainstream, boleh coba yang berbahan fused plastic bag ini, Guys! Enggak kalah gaya dari model yang lainnya.

9. Aksesori

Sumber: us-us.facebook.com

Bukan hanya ikat pinggang saja yang anti mainstream, kamu juga bisa membuat gelang dan anting unik dari fused plastic bag ini, lo.

10. Tempat HP

Sumber: pinterest.com

Dibuat menjadi tempat HP atau tablet cover, kenapa tidak? pilih plastik dengan motif keren agar hasilnya pun kece. Tidak akan ada yang menyangka kalau bahannya adalah kantong plastik, hehe.

11. Alas Piring dan Gelas

Sumber: aconstantproject.com

Fused plastic bag sudah pasti cocok untuk dijadikan alas piring dan gelas. Ketumpahan makanan atau minuman? Tinggal dibersihkan saja pakai kain, tidak perlu diganti. Praktis, kan? Bisa dikreasikan menjadi bermacam-macam model pula.

12. Wall Art

Foto: plasticpollutioncoalition.org

Dengan sedikit kreativitas dan imajinasi, sisa-sisa guntingan fused plastic bag bisa jadi hiasan dinding yang bernilai seni tinggi.

Banyak juga, ya, ide kreasi daur ulangnya, Takaiters. Tidak hanya bermanfaat, tapi juga menarik dari segi penampilan. Kalau punya banyak kantong plastik di rumah, coba dibuat jadi fused plastic bag, yuk!

Caranya tidak sulit, kan? Setelah jadi, tinggal dibentuk sesuka hati. Sampah plastik menghilang, berganti dengan barang-barang unik. Bahkan, jika dikerjakan dengan rapi dan cermat, hasilnya pasti akan memiliki daya jual tinggi. Tertarik untuk mencobanya, Guys?