Foto : unsplash.com

Yuk, Jaga Kebersihan Tangan! Pakai Sabun atau Hand Sanitizer-kah yang Lebih Efektif?

Hai, Takaiters!

Adanya wabah virus corona membuat para pakar kesehatan menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan tangan. Menjaga kebersihan tangan diyakinin dapat membantu membunuh virus yang kini tengah meresahkan masyarakat ini.

Lapisan lemak virus corona yang relatif titis membuat penanganan dengan membersihkan tangan secara rutin bisa membunuh virus yang menempel di tangan. Selain itu menjaga kebersihan tangan juga membantu penyebaran virus tidak terjadi.

Seperti yang kita tahu bahwa tangan merupakan bagian tubuh yang sering bersentuhan dengan benda maupun dengan orang banyak. Ada dua cara popular yang bisa dilakukan masyarakat untuk menjaga kebersihan tangan yaitu dengan menggunakan sabun dan hand sanitzer. Lalu manakah sebenarnya cara yang paling efektif untuk kita gunakan?

1. Intensitas Penggunaan

Jaga Kebersihan Tangan
Foto : unsplash.com

Penggunaan sabun cuci tangan bisa kalian lakukan seberapa sering pun sesuai dengan kemauan kalian. Namun lain halnya dengan hand sanitizer.

Kalian hanya dianjurkan untuk menggunakan hand sanitizer sebanyak 5 kali berturut-turut sebelum membilas tangan. Artinya setelah kalian menggunakan hand sanitizer sebanyak 5 kali, kalian mau tidak mau harus mencuci tangan kalian.

Hal ini dilakukan untuk mencegah tangan dari resistensi antiseptik. Dikhawatirkan penggunaan hand sanitizer tidak lagi efektif jika tidak tidak diiringi pembilasan pada tangan.

2. Bekas Virus

cara Jaga Kebersihan Tangan
Foto : unsplash.com

Saat kalian mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer maka virus dan bakteri akan mati. Namun perbedaanya jika kalian mencuci tangan dengan sabun, bekas virus tidak lagi akan menempel di tangan akan tetapi hilang terbawa aliran air.

Lain halnya jika menggunakan hand sanitize meskipun juga menyebabkan virus mati, namun bekas virus masih menempel di tangan. Hal ini diakibatkan karena sifat hand sanitizer yang hanya menjadi antiseptik bagi virus yang ada di tangan kita.

3. Fleksibelitas

tips Jaga Kebersihan Tangan
Foto : unsplash.com

Saat kalian sedang dalam kondisi yang mendesak menggunakan hand sanitizer merupakan pilihan yang tepat. Selain tidak begitu merepotkan, kalian juga tidak perlu susah mencari air. Kalian bisa menjadikan hand sanitizer sebagai barang bawaan wajib dan menggunakanya kapanpun dan dimanapun kalian mau.

Beda halnya dengan sabun cuci tangan. Kalian harus mencari air terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya. Sehingga hand sanitizer bisa menjadi pilihan bagi kalian yang tidak ingin terlalu repot membersihkan tangan.

4. Iritasi Kulit

Foto : unsplash.com

Jika kulit kalian termasuk jenis kulit yang sensitif maka penggunaan hand sanitizer tidak terlalu dianjurkan. Kandungan alkohol yang berkisar antara 70% – 80% bisa merangsang iritasi pada kulit jika kulit kalian sensitif.

Jika terpaksa menggunakan hand sanitizer pilihlah yang kandungan alkoholnya tidak terlalu tinggi. Namun mencuci tangan dengan sabun akan lebih aman untuk kulit yang sensitif. Menjaga kerbersihan sangat bagus tapi tangan jangan sampai melupakan kenyamanan tangan kalian ya.

5. Kondisi Kebersihan Tangan

cara Jaga Kebersihan Tangan
Foto : unsplash.com

Perhatikan kondisi tangan kalian masih terlihat bersih atau kotor? Jika tangan kalian terlihat kotor maka membersihkan tangan menggunakan sabun cuci akan lebih efektif. Penggunaan hand sanitizer akan efektif untuk kondisi tangan yanng tidak terlalu kotor.

Penggunaan sabun cuci tangan akan membunuh virus dan sekaligus membersihkan kotoran yang ada di tangan. Sedangkan hand sanitizer hanya membunuh virus yang ada di tangan saja.

Itulah beberapa kondisi dimana kalian bisa memilih akan menggunakan sabun cuci tangan atau hand sanitizer. Pilihan di atas bisa kalian sesuaikan dengan kondisi dan kenyamanan kalian. Intinya kita bisa menjaga kebersihan tangan untuk mencegah virus menempel pada tubuh kita.

Menjaga kebersihan tangan adalah langkah awal bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh. Yuk mulai menjaga kebersihan tangan dari diri kita dan keluarga. Tetap stay safe ya.