Hello, Takaiters!

Kamu pernah ga sih merasakan bahwa kadang perhatian dan rasa sayang kita terhadap anak bisa melebihi rasa sayang pada pasangan, pekerjaan, hobbi bahkan harta benda? Pernah ga sih kamu mengekspresikan rasa sayangmu pada mereka  melalui pelukan dan ciuman?

Nah, kalo kamu belum terbiasa memeluk mereka, mulai gih dari sekarang. Dan ada waktu-waktu efektif dimana pelukan sangat mereka nantikan, Takaiters?! 

Yuks simak momen memeluk untuk memperkuat bonding dengan anak, Takaiters!

 

1. Sebelum dan Setelah Bangun Tidur

peluk untuk memperkuat bonding
foto : galadiva.com

 Anak-anak cenderung mencari orang tuanya saat akan pergi tidur dan bangun tidur, meskipun sudah terbiasa tidur terpisah dari orang tua. Saat anak hendak tidur, usahakan untuk membuatnya tenang dan nyaman, apakah dengan mendongeng lebih dahulu atau bercerita pengalamannya sepanjang hari.

Setelah itu berikan pelukan hangat yang menenangkan, mencukupi kasih sayang yang diinginkannya dan mengekspresikan kebanggaan serta dukungan sepenuhnya. Dengan begitu anak akan tidur lebih nyenyak dan nyaman Takaiters.

Begitu anak bangun, usahakan untuk memberikan kembali pelukan hangat kepada mereka, nyatakan rasa sayang kita kepadanya melebihi apapun. Pelukan saat bangun tidur akan memberikan kecukupan energi dan kenyamanan selama beraktivitas.

2. Berangkat dan Pulang Sekolah

Memeluk untuk memperkuat bonding
foto : tuturma.ma

Sekolah adalah dimana selama beberapa waktu anak tidak dapat bertemu orang tua. Selama ada di sekolah, anak akan mengalami berbagai peristiwa yang mungkin membuatnya bahagia, namun juga ada peristiwa yang membuatnya sedih. Memberikan pelukan hangat saat anak-anak berangkat sekolah akan menguatkannya.

Selain itu pelukan adalah salah satu sentuhan fisik yang menjadi stimulasi penting untuk menumbuhkan otak yang sehat dan kuat. Sepulang sekolah peluk kembali anak kita dan biarkan mereka bercerita tentang apa saja yang dialaminya di sekolah.

3. Orang Tua Mau Pergi dan Pulang Ke Rumah

Momen memeluk untuk mempeekuat bonding
foto : parenting.orami.co.id

Ada saat dimana kita tidak bisa seterusnya bersama-sama dengan anak-anak, apakah karena kita harus bekerja, mengunjungi seseorang atau melakukan aktivitas lainnya. Yakinkah bahwa mereka adalah yang terpenting bagi kita, meski kita harus pergi untuk sementara waktu.

Pelukan yang penuh kasih sayang saat orang tua akan pergi dan pulang ke rumah akan membuat anak tidak merasa kehilangan sosok orang tua, bahkan ketika harus berpisah selama berhari-hari dalam keadaan tertentu.

4. Anak Marah, Sedih dan Melakukan Kebaikan

foto : mommiesdaily.com

Anak kadang belum mampu mengekspresikan emosi dengan baik, sehingga ketika ada hal yang tidak sesuai dengan keinginannya mereka akan marah atau sedih. Pada saat itu, berikan pelukan terbaikmu Takaiters. Katakan pada mereka bahwa kamu memberikan dukungan sepenuhnya untuk menyelesaikan masalah mereka.

Dan ketika mereka melakukan kebaikan, berikan pelukan sebagai bentuk penghargaan. Meskipun mereka makhluk yang mungil, sebenarnya kebutuhan akan penghargaan dan aktualisasi diri juga sangat besar. Jadi jangan malu memberikan pelukan pada mereka ya..

5 Kejutan pada Momen Istimewa Anak atau Merayakan Sesuatu

foto : liputan6.com

Anak-anak suka surprise loh saat mereka berulang tahun, saat naik kelas, menjuarai lomba hingga saat hari raya. Berikan pelukan spesial untuknya meski tidak harus diikuti dengan kado atau hadiah lainnya. Pelukan penuh kasih sayang akan membuat perasaan mereka penuh dengan kebahagiaan dan cinta.

6. Bersantai atau Bermain

Foto: johnsonsbaby.co.id

Saat keluarga bersantai, bermain atau berekreasi, jangan lupa untuk selalu memberikan pelukan hangat. Saat ini kebersamaan menjadi hal yang jarang dijumpai ketika semua anggota keluarga sibuk dengan urusan masing-masing. Jadi pada saat seluruh keluarga dapat berkumpul, selalu tingkatkan kualitas bonding anak dan orang tua dengan pelukan hangat.

Nah Takaiters, kalo kamu sudah terbiasa memeluk anak, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri, penuh kasih sayang pada orang lain dan merasa tercukupi kebutuhan fisiologisnya. Mereka tidak akan mencari rasa nyaman di luar rumah dan memiliki kesempatan yang lebih besar menghindari perundungan.

Inilah cara memeluk untuk Memperkuat Bonding, silahkan dicoba ya Takaiters!