Hai, Takaiters!

Padang tidak hanya memilki destinasi wisata alam nan elok namun juga kaya dengan wisata kuliner yang siap memanjakan lidah. Jika Takaiters sedang berada di kota urang awak ini sempatkanlah mencicpi beragam kuliner. Untuk mencicipi makanan unik, cobalah berburu makanan pagi hari.

Sarapan pagi sangat baik dijadikan sebuah ritual pagi hari. Karena sesungguhnya kebiasaan sarapan pagi memiliki banyak maanfaat bagi tubuh. Sarapan memberi energi pada tubuh untuk bisa melakukan aktivitas secara optimal, mencegah penayakit mag dan stres serta memaksimalkan konsentrasi. Kebiasaan sarapan pagi biasa dilakukan masyarakat Indonesia, di mana setiap daerah mempuyai menu khas masing-masing. Beberapa waktu yang lalu Takaitu sempat berkunjung ke ranah Minang dan berburu kuliner sarapan pagi. Yuk! ikuti ulasannya.

1. Ketupat Sayur

Foto: jabar.tribunnews.com

Ketupat sayur adalah menu sarapan yang mudah ditemui hampir di seluruh pelosok nagari, menu ini terdiri dari ketupat disiram gulai khas Padang, gulai favorit yaitu nangka, pakis, rebung atau gulai tauco buncis. Semua gulai bisa dipilih sesuai keingian pembeli, atau dicampur keseluruhan.

Ketupat Padang ini tentu saja memiliki tambahan lauk lain seperi telur, tunjang, mie/bihun goreng, goreng tahu, goreng bakwan, atau sala lauak sebagai pelengkap. Lalu ditambahkan kerupuk merah, sambel bagi yang suka pedas dan bawang goreng.

2. Bubur Kampiun Lengkap

Foto: food.detik.com

Walau jenis sarapan pagi ini sudah mulai jarang ditemui namun Takaitu berkesempatan icip-icip menu ini. Terdiri dari kolak pisang, bubur beras putih, bubur ketan hitam, bubur kacang ijo, lupis, dan biji salak. Seluruh jenis menu ini bersatu dalam satu piring dan ditambah siraman gula aren dan santan. Sangat nikmat rasanya dengan perpaduan manisnya gula aren dan gurihnya santan, tentu saja menu ini membuatmu gagal move on!

3. Ketan dan Pisang Goreng

Foto: cookpad.com

Menu sarapan ini amat sederhana terdiri dari ketan yang ditaburi kelapa ditambah sepotong goreng pisang raja atau pisang uli ditemani segelas teh manis. Cukup memberi energi untuk memulai hari. Menu ini sangat digemari oleh warga yang rata-rata separo baya. Sangat nikmat disantap untuk mengusir udara dinginnya pagi.

4. Lontong Pical

Foto: cookpad.com

Menu sarapan khas Padang lainnya adalah lontong pical, Pical di sini sama dengan pecel, lontong ditambah sayur dan mie kuning khas Padang lalu disiran kuah kacang yang kaya dengan rempah, terakhir ditambah bawang goreng dan kerupuk merah. Yummi! Lontong pical ini digemari hampir seluruh usia karena rasanya yang gurih.

5. Kacang Padi (Kacang Ijo)

Foto: bukalapak.com

Menu ini banyak digemari oleh kaum hawa dan anak-anak, menu ini cocok bagi kamu yang tak ingin sarapan berat. Kacang padi atau kacang ijo sangat popular di Sumatra Barat. Segelas kacang padi cukup buat memulai aktifitas.

6. Lupis dan Serabi

Foto: pegipegi.com

Menu yang satu ini termasuk menu tradisional kuno yang masih banyak dicari karena citarasanya yang selalu bikin kangen. Walau sudah tak banyak penjualnya. Kita masih bisa berburu makanan ini di pagi hari pada pasar tradisional tertentu atau pada waktu hari balai tertentu.

7. Soto Padang

Foto: jabar.tribunnews.com

Menu ini hanya bisa dijumpai pada waktu hari pakan atau balai tertentu di nagari. Semangkok soto berisi potongan daging sapi, paru, dendeng kering, bihun, potongan kol, potongan kentang, perkedel kentang, lalu bahan-ban itu disiram kuah berbumbu yang menggugah selera. Ditambah bawang goreng , kerupuk merah beserta sepiring nasi putih siap untuk disantap. Jangan lupa untuk menambahkan sambel dan jeruk nipis untuk menambah aroma soto.

Bagaimana Takaiters, penasaran untuk mencoba? Atau sudah pernah menikmati salah satu menu sarapan unik khas Sumatra Barat ini? Atau ada yang belum Takaitu ulas. Share, dong, pengalamannya di kolom komentar! Siapa tahu bisa jadi rekomendasi buat sahabat Takaiters lainnya.