Halo, Takaiters!

Satu minggu belakangan ini, sosok Risa Santoso sukses mencuri perhatian publik. Bukan hanya karena paras yang cantik, tetapi gadis berusia 27 tahun ini merupakan rektor termuda di Indonesia. Dia menjabat sebagai Rektor Institut Teknologi & Bisnis ASIA Malang.

Penunjukkan rektor muda, yaitu Risa Santoso BA MA Ed ini seiring dengan bergabungnya Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) ASIA Malang dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) ASIA Malang di bawah pengelolaan Yayasan Wahana Edukasi Cendekia. Yoyok Hari Subagiono SE MM sebagai Ketua Yayasan Wahana Edukasi Cendekia menuturkan penggabungan kedua sekolah tinggi ini dilakukan agar ilmu bisnis dan ilmu digital dapat bersinergi menjadi satu sehingga bisa menembus jajaran perguruan tinggi swasta terbaik di Asia Tenggara.

Penasaran apa saja fakta terkait sosok Risa Santoso? Nah, yuk, kita kupas fakta-faktanya.

1. Alasan dan Dipilih oleh Pihak Yayasan Wahana Edukasi Cendekia

Foto: jatim.suara.com

Pihak Yayasan Wahana Edukasi Cendekia sebagai lembaga yang menaungi Institut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang, menunjuk Risa Santoso menjadi rektor. Meski usianya terbilang muda, hal ini tidak menghalangi Yayasan untuk memberinya kepercayaan penuh karena mempertimbangkan pengalaman yang ia miliki.

2. Alasan Terpilih

Foto: cnnindonesia.com

Yoyok Hari Subagiono SE MM, Ketua Yayasan Wahana Edukasi Cendekia, menuturkan alasan memilih Risa karena latar belakang pendidikan dan pengalaman kerjanya yang bagus. Ketika Risa memutuskan bergabung dengan ASIA dan menjabat sebagai direktur Inkubasi Bisnis ia bekerja dengan sangat bagus begitu pun saat kerjasama dengan pihak luar juga terbilang bagus.

3. Rekam Jejak

Foto: law-justice.co

Dari biodata, Risa Santoso merupakan wanita kelahiran Surabaya 27 Oktober 1992. Mengenyam pendidikan S-1 di Universitas of California, Berkeley dengan jurusan ekonomi dan untuk S-2 di Harvard University, jurusan pendidikan. Sebelum bergabung dengan Institut ASIA Malang, Risa sempat bekerja sebagai Tenaga Ahli Muda di Kantor Staff Presiden. Ketika ditunjuk sebagai rektor Institut ASIA Malang, ia mengatakan, bahwa akan memperbaharui kurikulum dan juga menjalin kerjasama dengan industri.

4. Rencana Risa ke Depan

Foto: Inibaru.id

Guna mewujudkan rencananya, Risa memiliki 3 langkah strategis yang akan dilakukan, yaitu memperbaiki pondasi Institut ASIA Malang, menjalin kerjasama dengan industri lokal maupun internasional. Untuk saat ini, Risa mengaku sudah menyiapkan kerja sama dan membuat sebuah program dengan luar negeri. Namun, proses tersebut masih dalam proses penelitian.

Risa menjadi rektor termuda di Indonesia otomatis akan memimpin orang-orang yang lebih senior darinya. Dalam hal ini Risa memiliki kiat khusus bagaimana cara ia memimpin seniornya. Ia juga berharap bahwa di bawah kepemimpinannya ini, Alumni Institut ASIA Malang akan dapat menjadi generasi yang PASTI (Profesional, Active, Smart, Tangguh, dan Innovative).

Menakjubkan sekali, ya, fakta tentang Risa Santoso ini. Meski masih muda sudah banyak rekam jejak yang ditorehnya. Semoga bermanfaat dan sukses selalu buat Risa Santoso.