Hai, Takaiters!

Sempat digosipkan untuk menyetop lini bisnis smartphone-nya, Sony justru memperbarui lini smartphone kelas atas mereka dengan meluncurkan seri Xperia terbarunya, Sony Xperia 1 dengan beberapa fitur dan spesifikasi yang berhasil mencuri perhatian di ajang Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona, Spanyol.

Seolah memutuskan indikasi rencana bisnisnya, Sony justru memperbarui jajaran produk teranyarnya. Meluncurnya Xperia 1 seolah penanda bahwa Sony masih belum mau melepas fokus di segmen smartphone global.

Namun, perjalanan Sony di lini ponsel pintar sebenarnya tidak sepenuhnya terpuruk. Ragam produk yang memiliki ciri khas dan fanbase consumer yang besar, menjadikannya ruang untuk tetap membayangi vendor-vendor lain. Bahkan, jajaran ponsel di seri Xperia mereka terbilang masih stay up-to-date buat digunakan hingga kini.

Meski Sony tidak bergerak seagresif vendor lain seperti Xiaomi misalnya, Sony dengan Xperia nampak lebih kalem dan penuh perhitungan sebelum akhirnya resmi diperkenalkan. Seakan tak henti-hentinya memperkenal produk-produk dengan gaya terlambat, mereka memilih menutupi kelemahan tersebut dengan menghasilkan karya yang kaya fitur.

Sebelum Xperia 1 muncul ke permukaan, serial Xperia Z dan Xperia X cukup mencuri perhatian. Belum lagi dengan terselip versi Compact di beberapa lini membuat Sony tidak miskin varian. Dan, salah satu yang sempat mencuri perhatian di akhir tahun 2015 lalu adalah Xperia Z5 Compact.

Ya, seri tersebut cukup mampu menghadang para penggunanya untuk buru-buru mengganti smartphone terbaru. Bukan cuma soal fanatisme konsumen, Xperia berhasil menggeliat di tengah arus derasnya pasar smartphone terbaru.

Walaupun tertimpa seri baru, jajaran ponsel Sony Xperia, seperti Z5 Compact ini masih sanggup eksis. Apa saja fitur yang membuat ponsel ini terus bisa unjuk gaya sampai tahun 2019 ini? Berikut alasannya!

1. Perlindungan anti air untuk si tangan mungil

Fitur anti air Xperia Z5 Compact
Foto: HapeMart

Buat kalian yang kurang nyaman dengan smartphone berukuran besar, Xperia Z5 Compact tentunya cocok dijadikan pilihan. Ukuran layar yang kurang dari 5 inci, membuat gadget yang satu sangat pas dalam genggaman. Seri Compact memang dipenuhi dengan ukuran ponsel yang layaknya surga bagi kaum-kaum bertangan mungil yang anti banget sama layar ukuran besar.

Selain itu, body material plastik yang dilapisi kaca sebagai back cover menampilkan kesan kokoh dan elegan. Ponsel mungil dengan ketebalan 8.9 mm ini makin kece lagi setelah dilengkapi dengan fitur anti air (waterproof) IP68 yang mampu berendam selama hingga 30 menit lamanya di kedalaman 1,5 meter.

2. Tampilan gaya yang eye-catching

Performa kalem Xperia Z5 Compact
Foto: Techero.net

Nampak lebih fresh dari kebiasaan Xperia dalam hal desain. Z5 Compact hadir tanpa kiblat desain Xperia yang lain. Ponsel ini tampil dengan desain eye-catching yang lebih ceria. Sony bermain dengan pilihan warna cerah menyala, seperti putih, hitam, kuning, dan warna koral, yang bisa menjaga penggunanya dari mati gaya.

Dari segi layar display, Z5 Compact juga dibekali fitur proteksi yang cukup relevan, yaitu scratch-resistant glass, oleophobic coating dan berpadu dengan fitur Triluminos display serta X-Reality Engine yang mengoptimalkan output tampilan layar resolusi HD 720x1280p dengan kerapatan 323 ppi.

3. Dalaman yang menyokong performa

Kelebihan Xperia Z5 Compact
Foto: Softpedia Mobile

Processor Qualcomm Snapdragon 810 Octa-core 2,0 GHz yang berpadu dengan RAM 2GB masih mampu berjalan mulus untuk pemakaian yang… ya, yang tidak berlebihan dan garang tentunya.

Baterai dengan kapasitas 2.700 juga terbilang cukup untuk gaya pemakaian yang tidak memaksa. Ini mungkin terdengar sebagai kelemahan, namun komposisi ini masih pas untuk menghasilkan performa yang smooth selama transisi antar aplikasi.

4. Letak sensor sidik jari yang pas

Xperia Z5 Compact yang tampil stylish
Foto: WaoWeo

Fitur fingerprint masih layak diperhitungkan saat ini. Sadar akan keamanan akses, Sony turut membenamkan fitur ini di Xperia Z5 Compact. Ukuran boleh saja mungil, hadirnya sensor sidik jari membantu device kesayanganmu tetap terjaga dari tangan-tangan usil.

Sebagai salah satu fitur favorit, Sony sengaja melakukan eksperimen kecil dengan merubah posisi sensor yang biasanya tersemat di dekat tombol home atau bersebelahan dengan kamera belakang. Sensor tersebut disatukan bersama tombol power di bagian samping body.

5. Tidak ada keraguan pada sektor Kamera

Fitur kamera mumpuni Xperia Z5 Compact
Foto: Xperia-Droid

Di bagian kamera, seperti biasa, Sony tidak tanggung-tanggung. 23 MP kamera belakang dan 5.1 MP selfie camera sudah lebih dari cukup untuk menangkap momen foto di sekitarmu.

Fitur kamera yang cukup lengkap seperti HDR, mode manual, dan Panorama, juga mendukung kita berkreasi dalam hal menghasilkan foto dan video yang optimal. Tombol capture di bagian samping bodi bakal membantu pengguna saat membidik dalam mode lanskap.

6. Storage lega seluas 32 GB

Sony Xperia Z5 Compact punya internal storeg 32GB
Foto: Notebook Reviews

Internal Storage seluas 32 GB akan membuat pengguna lebih lega, baik untuk menyimpan foto ataupun file-file jenis lain. Slot SD-Card dengan kesiapan penampungan maksimal 200 GB juga semakin memperkuat kelebihannya.

Sebelum jaringan 5G benar-benar terealisasi, ponsel ini agaknya masih mampu bertahan cukup lama bila digunakan untuk sekadar menikmati sajian multimedia dan gim-gim yang tidak terlalu berat.