Hai, Takaiters!

Buat kamu yang orang Depok dan sekitarnya, sekarang boleh bersenang hati, deh, karena Gaspol, ojol (ojek online) buatan asli orang Depok sudah rilis, lo. Dan yang lebih menariknya, kalau kamu naik ojol Gaspol ini berasa lagi disupiri sama Gundala. Keren enggak ,tuh?

Apa yang unik, sih, dari ojol yang katanya asli milik anak bangsa ini?

Kostum Berwarna Merah Terang dan Helm Mirip Gundala

Foto: cnnindonesia.com

Mulai dari kostumnya yang berwarna merah terang ditambah dengan bentuk helmnya mirip tokoh superhero Indonesia yang sedang booming, Gundala. Ini diyakini bakal menarik minat para calon penumpang muda. Seperti yang dikatakan oleh Lisa Subandi, salah seorang CEO Gaspol Indonesia, bahwa ide awalnya Gaspol ini lahir adalah karena dia sendiri merupakan pengguna aktif ojol dalam kesehariannya.

Makanya Lisa dan beberapa temannya yang semuanya juga berasal dari kota Depok, Jawa Barat, menggagas moda transportasi online baru. Lebih lanjut Lisa mengatakan, bahwa selain niatnya mendirikan Gaspol Indonesia ini lantaran sering mendapati keluhan para driver ojol lain di lapangan, tentang pendapatan yang dianggap kurang menyejahterakan driver  ojol.

Dinamakan Gaspol, Singkatan dari Gerakan Anti Susah Pengemudi Online

Foto: detik.com

Tentang nama ojol yang dia dan kawan-kawannya Gaspol, merupakan singkatan dari Gerakan Anti Susah  Pengemudi Online (Gaspol). Berangkat dari keresahan Lisa mengenai segelintir driver yang merasa kurang sejahtera, maka pihak Gaspol menggunakan sistem berikut:

  1. Pemotongan 20% dari trip yang diambil driver
  2. Sebanyak 2% dikembalikan kepada penumpang, sebagai tabungan
  3. Ada bonus tambahan bila driver melebihi trip, sebanyak 7%
  4. Bila dalam sebulan mencapai 70 trip, maka ada bonus maintenence untuk ganti oli

Selain poin-poin di atas, Salim Rianto yang juga menjabat sebagai CEO Gaspol Indonesia, menyebutkan bahwa dalam aplikasi Gaspol ada memiliki menu panic button. Ini berguna bila ada yang membahayakan bagi keselamatan driver dan rider. Maka secara otomatis akan terlacak oleh GPS yang terhubung ke server Gaspol untuk ditindaklanjuti dengan timnya tersendiri.

Lambang Gaspol Terinspirasi oleh Garuda Pancasila

Foto: halooindo.com

Tim Gaspol Indonesia dinilai pintar memanfaatkan situasi. Di mana anak muda sekarang sedang menggemari tokoh superhero Gundala. Mereka mengakui, Gundala cukup ikonik dan menginspirasi bagi penampilan driver ojol Gaspol. Mulai dari helm yang berwarna merah sampai jaket, semuanya berwarna merah. Sehingga sangat mudah dikenali dari dari driver ojol lainnya. Walaupun Humas Gaspol menyanggah, tim mereka tidak serta merta menjiplak tokoh Gundala dalam penampilan driver Gaspol, tetapi lebih kepada lambang negara Indonesia, yakni Garuda Pancasila.

Dikabarkan juga dalam jumpa bersama wartawan yang digelar pada hari Jumat, 6 September 2019, bahwa Gaspol lebih mengutamakan kualitas driver daripada kuantitas. Sebab ini berkaitan erat dengan keamanan dan kenyamanan penumpang dan pengemudi ojol. Rupanya Gaspol sudah dikembangkan selama 7 bulan belakangan ini operasionalnya sendiri sudah dimulai sejak 2 bulan lalu.

Tapi tenang saja Guys, bagi kalian yang tinggal di kawasan Jabodetabek, Bali, Lampung, Surabaya, Pontianak, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Palembang segara akan bisa juga menikmati moda transportasi asli bikinan orang Depok ini.

Kita harus bangga, ya, Guys, dengan kreativitas anak bangsa, dan turut serta mendukung aksi nyata yang dilakukan anak-anak muda dalam membangun negeri.