Hai, Takaiters!

Bulan Zulhijah atau yang lebih di kenal dengan bulan kurban adalah bulan di mana umat muslim merayakan hari raya Iduladha atau yang biasa disebut hari raya kurban atau idul kurban karena pada hari raya Iduladha ini dilakukan penyembelihan hewan kurban. Sebagai umat muslim tentunya kamu sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut hari raya Iduladha ini bukan, Takaiters?

Puasa Sunah di Bulan Zulhijah

Foto: muslim.okezone.com

Selain dianjurkan untuk berkurban umat muslim juga dianjurkan untuk melaksanakan puasa 9 hari di bulan Zulhijah ini. Puasa sunah ini dimulai pada tanggal 1–9 Zulhijah. Puasa sunah pada tanggal 1-7 Zulhijah dinamakan puasa sunah Zulhijah sedangan puasa pada hari ke-8 dinamakan puasa sunah Tarwiyah dan puasa padan hari ke-9 dinamakan puasa sunah Arafah.

Makna Puasa sunah Zulhijah

Foto: blogkhususdoa.com

Puasa sunah Zulhijah yang dilaksanakan dari tanggal 1-7 Zulhijah mempunyai makna seperti berikut :

  1. Hari pertama: Allah mengampuni Nabi Adam AS di Arafah, yang maknanya Allah juga mengampuni dosa-dosa orang yang berpuasa di hari itu.
  2. Hari kedua: Doa Nabi Yunus AS dikabulkan Allah dan kemudian dikeluarkan dari perut ikan Nun. Maknanya doa orang berpuasa di hari itu juga akan dikabulkan oleh Allah.
  3. Hari ketiga: Doa Nabi Zakaria meminta keturunan dikabulkan oleh Allah. Maknanya doa orang yang berpuasa di hari itu juga akan dikabulkan oleh Allah.
  4. Hari keempat: Hari kelahiran Nabi Isa AS memiliki makna bahwa orang yang berpuasa di hari itu akan mendapat keberkahan dan dijauhkan dari kesusahan.
  5. Hari kelima: Hari kelahiran Nabi Musa AS memiliki makna orang yang berpuasa dihari itu akan diangkat derajatnya dan dijauhkan dari sifat munafik dan siksa kubur.
  6. Hari keenam: Allah membukakan pintu kebaikan bagi para Nabi maknanya bagi yang berpuasa di hari itu Allah akan memandang dengan penuh rahmat dan kasih sayang Nya.
  7. Hari ketujuh: Bagi orang yang berpuasa di hari itu akan dibukakan pintu kemudahan dan dihindarkan dari pintu kesukaran.

Makna Puasa Sunah Tarwiyah dan Arafah

Foto: batam.tribunnews.com

Puasa sunah tarwiyah dan puasa sunah arafah yang dilaksnakan sebelum hari raya Iduladha juga mempunyai makna tersendiri. Puasa sunah tarwiyah pada hari sebelum dilakukannya wukuf oleh para jamaah haji diyakini akan menghapus dosa yang telah dibuat setahun silam. Sedangkan puasa sunah Arafah yang dilakukan bertepatan dengan dilakukannya wukuf oleh jemaah haji di Padang Arafah diyakini dapat menghapus dosa yang dilakukan setahun silam dan setahun yang akan datang.

Bagi Takaiters melatih sejak dini untuk rutin melaksanakan puasa-puasa sunah juga banyak manfaat, lo, selain baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, rajin berpuasa sunah juga akan berpengaruh pada pola hidup. Dari yang biasa bangun siang, dengan berpuasa kamu akan rajin bangun pagi. Dari yang suka makan sembarangan dan tidak teratur, dengan berpuasa akan lebih terjaga pola makannya. Dari yang masih suka melakukan hal-hal yang negatif, dengan berpuasa ada rem yang akan menghentikan niatan tersebut. Satu lagi yang paling bermanfaat menambah pundi-pundi amalan kita Takaiters. Yuk, mulai berpuasa sunah?