Hai, Takaiters!

Sudah tahu berita tentang virus Corona? Awal tahun 2020 ini, dunia digemparkan dengan merebaknya virus Corona yang bermula dari kota Wuhan di Cina. Virus ini semakin meresahkan warga dunia karena telah menyebar ke negara lain termasuk Malaysia, Thailand, Jepang, Australia, sampai Amerika Serikat.

Hal ini tentu saja berimbas pada beberapa kegiatan negara-negara di berbagai belahan dunia. Mau tahu apa saja imbas dari merebaknya virus Corona ini untuk berbagai negara? Yuk, simak!

1. Cina Umumkan Perpanjang Libur Imlek

Foto: pexels.com

Perpanjangan masa libur Tahun Baru Imlek sudah diumumkan pemerintah Cina pada Senin (27/1). Masa liburan yang awalnya dimulai dari Jumat (24/1) sampai Kamis (30/1) diperpanjang hingga Minggu (2/2) mendatang. Hal ini bertujuan untuk membatasi penyebaran virus Corona baru dan melindungi kesehatan warga Cina.

2. Sejumlah Negara Mengupayakan Evakuasi Warganya dari Wuhan

Foto: unsplash.com

Beberapa negara beramai-ramai mengupayakan warga negaranya dievakuasi dari kota yang menjadi sumber penyebaran virus corona tersebut. Namun, evakuasi ini harus menunggu izin dari pemerintah Cina. Beberapa negara yang melakukan evakuasi warganya tersebut adalah Jepang, Amerika Serikat, Jerman, Korea Selatan, India, Rusia, serta beberapa negara lain.

Pemerintah Indonesia sendiri menyatakan sedang membuka opsi untuk mengevakuasi WNI dari Wuhan, walaupun proses ini belum diputuskan menimbang tidak mudahnya mengevakuasi ratusan warga Indonesia dari kota yang sedang terisolasi itu.

3. Indonesia Mundur dari Kejuaraan Bulu Tangkis Cina Masters 2020

Foto: www.badmintonindonesia.org

Upaya mengantisipasi terjangkitnya virus Corona yang tengah marak di Negeri Tirai Bambu juga diambil oleh Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI). PBSI memutuskan untuk menarik keikutsertaan tim Merah-Putih dari ajang kejuaraan Cina Masters 2020 yang akan digelar pada Selasa (25/2) hingga Minggu (1/3) mendatang.

4. Hong Kong Tutup Disneyland dan Ocean Park

Foto: pexels.com

Kasus penyebaran virus Corona juga berdampak pada ditutupnya dua tempat wisata terbesar di Hong Kong pada Minggu (26/1), yaitu Ocean Park dan Disneyland Hong Kong. Tidak dijelaskan lebih lanjut kapan dua tempat wisata ini akan dibuka kembali untuk publik. Penutupan wahana ini adalah sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona yang terjadi di beberapa negara, termasuk di Hong Kong.

5. Turis Asal Cina Menurun Drastis di Bali

Foto: booking.com

Gubernur Bali, Wayan Koster, menyatakan sejak heboh kasus virus Corona jumlah kunjungan turis asal Cina menurun hingga lebih dari 3.000 wisatawan. Menurut Wayan, isu virus Corona membuat resah turis-turis mancanegara sehingga mengakibatkan pariwisata terganggu dan kunjungan turis ke Bali pun mengalami penurunan.

6. Batalnya Babak Kualifikasi Olimpiade Cabang Olahraga Tinju

Foto: pexels.com

Dari dunia olahraga, selain berita batalnya Indonesia ikut serta kejuaraan Cina Master 2020, merebaknya virus Corona juga berdampak pada pertandingan babak kualifikasi Olimpiade cabang olahraga tinju. Dikutip dari NBC Sport, babak kualifikasi tinju Asia-Oceania yang direncanakan berlangsung pada 3-14 Februari 2020 mendatang terpaksa dibatalkan dan belum ada jadwal pengganti

Nasib yang sama juga dialami pertandingan babak kualifikasi olimpiade sepak bola wanita. Pertandingan yang akan mempertemukan Tiongkok, Australia, Taiwan, dan Thailand pada 3-9 Februari 2020 mendatang akan tetap digelar walau lokasi pertandingan dipindahkan ke Nanjing.

Jangan panik dan tetap selalu perbarui pengetahuanmu tentang perkembangan berita virus ini, ya, Takaiters!