Hai, Takaiters!

Meskipun masih dalam masa pandemi namun para pegiat wisata tidak berhenti untuk melakukan inovasi-inovasi dalam memajukan pariwisata daerahnya. Seperti juga di desa Sipedang kecamatan Banjarmangu kabupaten Banjarnegara, para pegiat wisata membuka spot wisata baru bernuansa edukasi.

Spot wisata ini dinamakan Taman Sehat Pulas Garden 234. Penasaran? Yuk, jalan-jalan kesana?

Dinamakan Taman Sehat Pulas Garden 234

Lokasi Taman Sehat Pulas Garden 234
Foto: matamatanews.com

Dinamakan Taman Sehat Pulas Garden 234 karena spot wisata ini memang menyuguhkan berbagai macam tanaman obat yang jumlahnya hingga ratusan. Tepatnya ada 234 jenis tanaman obat yang di tanam di sini. Tanaman obat adalah tanaman yang menyehatkan bagi tubuh itulah kenapa di namakan Taman Sehat.

Sedangkan Pulas Garden adalah pulas yang berasal dari kata bahasa jawa yang artinya pewarna dan garden adalah kata dalam bahasa inggris yang artinya kebun. JadiĀ  di taman ini memiliki makna Taman yang sehat dengan 234 tanaman obat di kebun yang penuh warna.

Keunikan Taman Sehat Pulas Garden 234

Wisata Taman Sehat Pulas Garden 234
Foto: tribunnews.com

Jika taman-taman pada umumnya dipenuhi dengan bunga-bunga beraneka warna dan tanaman-tanaman hias lainnya, maka Taman Sehat Pulas Garden justru menyuguhkan tanaman obat-obatan herbal sebagai ikonnya.

Kurang lebih 234 jenis tanaman obat dapat ditemukan disini. Menariknya lagi setiap jenis tanaman obat diberi keterangan tentang nama, jenis tanaman obatnya, berikut khasiatnya.

Kolam Renang Salah Satu Spot Menarik

Selain mengenal lebih banyak jenis tanaman obat, pengunjung juga bisa berenang di kolam renang yang ada di lokasi wisata ini. Berenang di alam terbuka dengan pemandangan sekelilingnya yang sangat indah akan sangat berkesan. Yup, lokasi Taman Sehat Pulas Garden ini memang berada jauh dari pusat keramaian sehingga alam disekelilingnya masih sangat asri.

Lokasi

Untuk menjangkau ke lokasi wisata ini lumayan jauh. Pengunjung akan menempuh kurang lebih 30 menit dari pusat kota. Dari alun-alun kota pengunjung menuju ke utara melalui jalur ke kecamatan Banjarmangu. Sampai dipertigaan pasar Gripit pengunjung mengikuti jalan ke arah Beji, lurus hingga desa Sipedang.

Spot wisata ini ada di tepi jalan sehingga mudah ditemukan. Akses jalan menuju ke lokasi sudah bagus hanya saja tidak ada transportasi umum menuju kesana. Jadi pengunjung harus membawa kendaraan sendiri bisa mobil ataupun motor.

Tiket Masuk dan Fasilitas

Tiket masuk ke lokasi ini cukup murah. Dengan membayar Rp.10.000,00 saja pengunjung sudah dapat berwisata edukasi dengan mengenal berbagai macam jenis tanaman obat. Fasilitas lain yang ada di sini seperti taman bermain untuk anak-anak, spot selfi dan waterboom. Pengunjung dijamin puas berwisata kesini.

Takaiters, jika kamu ingin mengenal berbagai macam jenis tanaman obat herbal dan juga menikmati asrinya alam pegunungan pedesaan, yuk, datang ke Taman Sehat Pulas Garden 234?