Hai, Takaiters!

Memilih tempat wisata dimasa pandemi ini sangatlah penting. Hal ini untuk menjaga diri dari hal-hal yang tidak diinginkan. Obyek wisata yang tertutup dan terlalu ramai sangat berpotensi tertularnya virus corona.

Untuk itu sebaiknya pilihlah obyek-obyek wisata yang terbuka dan alami dengan udaranya yang segar. Kali ini, Takaitu akan merekomendasikan wisata alam yang sangat asri dan nyaman untuk dikunjungi, yaitu Wisata Dawuhan.

Mau tahu tentang wisata Dawuhan ini? Yuk, siap-siap otw kesana?

Lokasi Wisata Dawuhan

wisata di kabupaten banjarnegara
Foto: budparbanjarnegara.com

Berada di desa Dawuhan kecamatan Wanayasa kabupaten Banjarnegara lokasi ini mudah untuk dijangkau karena berada di jalur wisata Dieng via Wanayasa. Setelah melewati hutan pinus maka kamu akan sampai di desa Dawuhan.

Tepat setelah jembatan sungai panaraban kamu bisa belok kanan untuk memarkirkan kendaraan kamu. Disini akan disambut oleh petugas parkir yang ramah yang akan mengarahkan kendaraan kamu. Biaya parkir untuk kendaraan roda empat Rp.5.000,00 dan kendaraan roda dua Rp.2.000,00.

Indahnya Pemandangan Wisata Dawuhan

wisata dawuhan wanayasa
Foto: doripos.com

Dari area parkir kamu akan diarahkan untuk menyusuri jalan setapak menuju lokasi. Sepanjang kanan jalan terhampar sawah luas menghijau dan kiri jalan aliran sungai panaraban yang gemericik memecah kesunyian. Dari jalan sudah tampak kolam renang dengan airnya yang biru bening ditengah alam terbuka dengan tanaman-tanaman hijau disekelilingnya.

Di pintu masuk pengunjung akan disambut oleh petugas pengecek suhu. Selama pandemi tempat ini buka dengan mematuhi aturan protokol kesehatan. Dari pintu masuk hingga tempat pembelian tiket terdapat lorong yang dibuat dengan bambu dengan di tanami pohon bunga bugenvil yang indah bermekaran.

Hal ini menambah suasanan tampak indah dan asri. Disisi sebelah kanan terdapat spot selfi mini dengan miniatur rumah kecil yang indah dan tanaman bunga disekelilingnya. Air terjun kecil juga berada di samping rumah mini tersebut. Ikon wisata Dawuhan tampak tertulis dengan indah di atasnya.

Kolam Renang Wisata

wisata daerah banjarnegara
Foto: nabilaghaidazia.com

Untuk masuk ke area ini, pengunjung hanya dikenakan tarif Rp.10.000,00 saja. Tarif ini berlaku untuk dewasa juga anak-anak di atas usia 5 tahun. Pengunjung bebas berenang ataupun terapi ikan di kolam yang sudah disediakan.

Kolam renang di tempat wisata ini sangat jernih. Airnya yang biru terlihat sangat segar karena air ini mengalir langsung dari perbukitan. Di sini ada dua kolam renang, Kolam renang utama untuk dewasa karena airnya yang cukup dalam dan kolam renang yang kecil untuk anak-anak. Selain berenang anak-anak juga bisa bermain ayunan dan perosotan yang ada di samping kolam renang.

Pasar Rengrang Wisata Dawuhan

Foto: nabilaghaidazia.com

Bagi pengunjung yang tidak ingin berenang mereka bisa jalan-jalan di pasar Rengrang. Pasar ini berada di pinggir sungai Panaraban. Di sini pengunjung dapat menikmati makanan tradisional dan aneka jajanan pasar yang murah meriah dan lezat.

Sebelum memasuki pasar Rengrang pengunjung harus menukarkan uang mereka dengan mata uang yang digunakan di pasar Rengrang. Satu keping mata uang pasar Rengrang senilai dengan Rp.2.000,00.

Pasar Rengrang ini merupakan pasar yang ramah lingkungan karena di sini No plastic allowed. Untuk pembungkus makanan semua menggunakan daun, seperti nasi yang dibungkus dengan daun salak, jajanan yang dibungkus dengan daun pisang dan sebagainya. Untuk piring atau gelasnya pun menggunakan bambu.

Menikmati kuliner tradisional di pinggir sungai Panaraban menjadi sensasi sendiri bagi pengunjung. Ditambah lagi pasar ini ditata begitu apik dengan pernak-perniknya yang unik.

Fasilitas Yang Tersedia

Sebagaimana lazimnya tempat wisata, di sini juga disediakan fasilitas-fasilitas yang diperlukan oleh pengunjung seperti adanya kamar mandi, toilet, tempat bilas, warung-warung jajanan dan juga tempat sholat.

Takaiters, Jika kamu masih bingung menentukan tempat wisata yang aman di tengah pandemi ini, kamu bisa menjadikan Wisata Dawuhan ini sebagai tempat wisata pilihan kamu, loh!