Hai, Takaiters!

Udara dingin sepertinya masih bersahabat dengan hari-hari terakhir ini ya, Guys. Bikin mager ya, alias males gerak? Hehehe … emang enaknya selimutan biar tetep terasa hangat. Tapi kan aneka tugas sudah menunggu untuk dikerjakan. Hadeeew …

Nah, salah satu jurus jitu buat ngusir dingin adalah minum wedang jahe ya, Guys. Selain bikin anget, ternyata jahe juga banyak manfaatnya lho. Bisa menghilangkan mual, mengurangi peradangan dan menyehatkan sistem pernafasan karena jahe mengandung anti radang dan anti bakteri.

Kandungan vitamin, mineral dan asam aminonya bisa memperlancar sirkulasi darah. Minum wedang jahe secara rutin bisa bikin resiko munculnya penyakit kardiovaskuler (jantung/stoke) berkurang. Dan … bisa bikin langsing juga lho. #asyeek

Salah satu varian wedang jahe yang masyur adalah wedang ronde. Udah pernah cobain, Takaiters? Wedang Ronde ini salah satu minuman khas di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Meskipun aslinya resep ini berasal dari keturunan Tiongkok, namun sudah menjadi bagian budaya di Jawa.

Wedang Ronde dibuat dari wedang jahe yang dipadu dengan bola-bola ronde. Bola-bola ronde ini terbuat dari adonan tepung ketan yang diisi dengan gula jawa, lalu direbus. Pelengkap yang lainnya ada kacang, irisan kolang-kaling dan roti tawar. Komplit ya, Guys. Gak cuman bisa sruput-sruput wedang hangat tapi juga bisa sambil ngemal-ngemil. Hmm, emang top banget kan buat ngilangin dingin dan ngusir si mager.

Tapi, gimana kalau kamu gak ngerti di mana belinya. Atau yang jual jauh dari ruamah. Tenang, Takaiters! Kamu bisa bikin sendiri kok. Simpel dan praktis. Cukup pakai bahan yang ada di rumah atau cuma perlu ke warung depan rumah.

Penasaran …? Kayak gini lho cara bikinnya.

Resep Wedang Ronde Ala-Ala

Resep sederhana wedang ronde
Foto: cookpad.com

Bahan :
1 sachet susu jahe instan
Sebungkus kecil kacang bawang
1 lembar roti tawar

Cara membuat :
1. Potong dadu kecil roti tawar.
2. Seduh susu jahe instan dengan air panas dalam cangkir. Aduk rata.
3. Masukkan kacang bawang dan potongan roti tawar.

Taraaaa…. Wedang Ronde Ala-ala mu sudah siap dinikmati.

Meskipun tidak sekomplit resep aslinya, dijamin tetap ajib deh. Yuuk, coba dibikin Guys! Jangan kalah sama dingin dan mager ya.

Sruput wedang mu, semangat jalani harimu…

Selamat mencoba resep wedang ronde, Takaiters!