Halo, Takaiters!

Tidur sebagai salah satu kebutuhan penting manusia dianggap sebagai waktu istirahat yang paling baik bagi tubuh. Saat tidur, manusia mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas sehingga tidur yang baik menjadi suatu keharusan agar kesehatan tetap terjaga.

Namun, terkadang sebagian orang mengabaikan arti pentingnya tidur dengan mengabaikan waktu tidur yang berarti pola tidur mereka tidak teratur. Sebagai contohnya yaitu begadang yang membuat waktu tidur yang ideal berkurang. Kurang tidur ini tidak hanya berdampak pada rasa kantuk yang akan terasa, tetapi juga banyak dampak buruk lain bagi organ tubuh jika kamu kurang tidur. Simak ulasannya, yuk!

Rentan Sakit

Foto: baodanang.vn

Cytokines adalah protein-protein yang dihasilkan saat kamu tidur. Cytokines sendiri berfungsi melawan peradangan, infeksi, dan stress dalam tubuh. Jika kamu kurang tidur, maka produksi cytokines ini akan berkurang. Hal ini akan berdampak pada sistem kekebalan tubuh yang tidak memiliki kemampuan melawan infeksi yang menyerang dan membuatmu mudah sakit.

Terkena Penyakit Serius

Foto: news.com.au

Penyakit serius yang bisa ditimbulkan akibat kurang tidur di antaranya adalah resiko terkena penyakit jantung. Saat kita tidur, tubuh memiliki kemampuan dalam memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah dan jantung yang memiliki peran sangat penting dalam proses perbaikan tersebut. Selain penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, stroke, dan kanker adalah beberapa penyakit yang ditimbulkan dari kurang tidur.

Penuaan Dini

Foto: liveultrahealthy

Untukkamu yang sering begadang, lingkaran hitam di bawah mata dan garis halus di wajah akan semakin terlihat dan ini akan menjadi permanen jika kamu tetap melakukan kebiasaan kurang tidur ini. Selain itu, kurang tidur juga akan membuatmu lelah dan stres yang membuat hormon kortisol berkembang pesat. Hormon ini yang memecah protein di dalam kulit hingga membuatnya elastis dan penurunan pada kehalusan kulit.

Berat Badan Naik Hingga Obesitas

Foto: levelsetfitnes.com

Ketika kamu kurang tidur, proses pengubahan asam amino menjadi otot kurang lancar sehingga membuatnya menjadi asam lemak dan menumpuk pada tubuh. Dengan begitu berat badan kamu akan lebih cepat naik bahkan sampai menimbulkan obesitas.

Mengurangi Daya Ingat

Foto: detik.com

Berdasarkan sebuah penelitian, waktu tidur yang singkat bisa membuat kinerja otak menurun dalam berpikir dan juga mengolah informasi. Hal ini berkaitan dengan koneksi saraf dalam ingatan seseorang akan mengalami penguatan sewaktu tidur. Jika waktu tidurmu kurang, kemampuan otak dalam berpikir dan mengolah informasi juga akan mengalami penurunan.