Hai, Takaiters!

Seiring perkembangan zaman dan trend make up, produk kecantikan mulai banyak beredar. Yang semula hanya bedak saja, kini mulai hadir berbagai macam cream dan foundation. Dari brand yang terkenal sekalipun, kini ramai memunculkan produk kecantikan terbarunya.

Bagi wanita, memilih produk kecantikan yang tepat adalah suatu kewajiban. Sebab, mereka harus tahu mana yang hendak digunakan. Seperti halnya ketika memilih BB cream, CC cream, atau DD cream. Banyak wanita yang masih kebingungan dalam membedakan ketiga jenis produk ini.

Jika kita menengok sekilas pada kemasan produk, tidak jauh berbeda. Kelihatannya seperti foundation dengan desain yang lebih unik. Namun, jangan salah sangka dulu ya. Inilah perbedaan antara BB cream, CC cream, dan DD cream!

Perbedaan cream wajah
Foto: instyle.com

1. BB Cream

BB cream adalah singkatan dari Blemish Balm Cream. Istilah ini lebih dekat kita sapa dengan foundation ringan yang tidak berat jika dipakai setiap hari. Manfaat dari BB cream rupanya cukup banyak. BB cream mampu menutupi bekas jerawat, flek hitam, dan diperkaya akan SPF yang melindungi dari sinar UV.

Selain itu, BB cream dilengkapi dengan bahan yang melembabkan kulit. Jadi, kulit tidak terasa kering. Hal tersebut dapat menghindari kulit menjadi kusam dan pucat. Sehingga, kulit akan lebih cerah dan juga lembab.

Cream ini umumnya diminati kaum remaja. Pada tiap brand, memiliki kandungan SPF yang beda-beda ya. Jadi, pengguna bisa menyesuaikan mana yang cocok. Pengaplikasiannya pun mudah. Bisa diratakan dengan jari tangan atau menggunakan sponge make up.

2. CC Cream

CC cream adalah singkatan dari color correcting cream. Seperti namanya, fungsinya adalah menyempurnakan warna kulit. Bisa dikatakan jika cream ini mampu meratakan warna kulit yang berbeda atau belang. Namun, ada yang berpendapat jika CC cream mampu mencerahkan wajah.

Tekstur CC cream lebih ringan dari BB cream. Biasanya CC cream digunakan sebelum foundation. Namun, bisa juga digunakan sebagai primer make up. Cara mengaplikasikannya pada wajah juga sama seperti BB cream.

3. DD Cream

Jika telah mengetahui perbedaan BB cream dan CC cream, kali ini kita beranjak ke DD cream. DD cream adalah singkatan dari daily defense cream. Berdasarkan fungsinya, DD cream bisa dikatakan sebagai gabungan dari BB cream dan CC cream.

DD cream bisa mengoreksi warna kulit yang tidak merata. Tak hanya itu, bisa juga membuat kulit lebih cerah dan lembab sebagaimana fungsi BB cream. Tekstur yang dimiliki DD cream juga ringan. Bisa dipakai untuk sehari-hari.

Setelah mengetahui perbedaan antara BB cream, CC cream, dan juga DD cream, kita bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan kita. Jika kita butuh untuk memperbaiki warna kulit yang tidak merata di wajah bisa memakai CC cream. Jika ingin memperbaiki warna tidak merata dan yang mencerahkan sekaligus, memilih DD cream.

Jangan sampai keliru lagi, ya. Sebab, ketiganya ini sejatinya berbeda. Baik dari fungsinya maupun tekstur creamnya. Selain itu, untuk menghindari ketidakcocokan pada wajah, kita bisa mencoba di tangan lebih dulu. Jika cocok, kita bisa mengaplikasikannya di wajah.