Wajib Tahu! Ini Dia 10 Fakta Unik Berang-berang yang Jarang Diketahui

Hai, Takaiters!

Di antara kamu pasti pernah bertemu atau bahkan memelihara berang-berang, bukan? Berang-berang merupakan hewan mamalia pemakan daging yang tergolong sub famili Lutrinae. Hewan mungil dengan bulu lebat ini diklasifikasikan ke dalam dua kelompok, yaitu semiakuatik dan akuatik.

Berang-berang ialah hewan yang menggemaskan dan lincah. Meski begitu, mereka juga bisa marah dan mengamuk jika sarangnya diganggu, loh.

Bernama ilmiah Lutrinae, hewan dengan tubuh langsing tersebut dipercayai berasal dari Amerika Utara dan juga Eropa. Berang-berang (beaver) memiliki sedikit perbedaan dengan berang-berang (otter) yang ada di Indonesia.

Lantas, hal apa sajakah yang membuat mereka disebut hewan yang unik? Nah, daripada penasaran, berikut ini fakta unik berang-berang yang harus kamu ketahui!

1. Tersebar di Berbagai Belahan Dunia

Fakta Unik Berang-berang
Foto: Pixabay.com

Takaiters, berang-berang dapat dijumpai pada perairan bebas polusi di seluruh dunia, loh. Misalnya, di sungai, danau, laut bahkan garis pantai.

2. Merupakan Pemburu yang Hebat

fakta berang berang
Foto: Pixabay.com

Hewan ini terkenal akan kemampuan berburu mereka yang di atas rata-rata. Umumnya, berang-berang berburu berdasarkan habitat. Contohnya, berang-berang laut hidup dari ikan, kepiting, dan udang serta kerang. Sedangkan yang hidup di sungai, juga mendapat mangsa dari amfibi, kelinci dan lain-lain.

3. Kotorannya Berbau Khas dan Aneh

Fakta unik berang-berang dalam berprilaku
Foto: pixabay.com

Bagi Takaiters yang pernah menemukan kotoran berang-berang, pasti sudah tidak asing lagi dengan aromanya. Sebagian orang menganggap itu seperti bau yang sangat buruk. Sementara para ilmuan, berpikir kalau baunya mirip bunga violet.

4. Makhluk Sosial

Fakta berang-berang
Foto: pixabay.com

Umumnya, berang-berang selalu hidup berkelompok. Mereka berburu dan tinggal bersama-sama. kamu juga pasti pernah bertemu berang-berang yang asik bercanda, bergulat, mengejar-ngejar ekornya, dan lain-lain. itu merupakan beberapa hal sosial yang kerap mereka lakukan.

5. Terkadang, Dapat Bekerja Sama dengan Manusia

Sejenis binatang apa berang-berang
Foto: gatra.com

Dilihat secara historis, sebenarnya kemampuan berburu berang-berang telah dimanfaatkan manusia sejak lama. Manusia menggunakannya untuk membantu penangkapan ikan. Hingga sekarang, teknik klasik itu masih dipakai di Bangladesh. Adapun caranya adalah berang-berang dilatih untuk mengejar dan menghalau ikan-ikan ke arah jaring yang telah direntangkan.

6. Berang-berang Laut Berpegangan Tangan Saat Tidur

Fakta kehidupan berang-berang
Foto: Pixabay.com

Ibu dan anak berang-berang biasanya saling berpegangan tangan, atau memegang rumput laut yang tumbuh agar tubuh mereka tidak hanyut.

7. Dapat Menahan Napas di Air dalam Waktu Lama

Foto: Pixabay.com

Sebagaimana manusia, berang-berang tergolong mamalia yang artinya mereka tidak memiliki kemampuan untuk bernapas di dalam air. Berang-berang laut dapat bertahan selama 6 menit, sedangkan berang-berang sungai lebih dari 8 menit! Selain itu, mereka juga memiliki kelopak mata transparan yang sangat membantu ketika menyelam sehingga dapat melihat di dalam air.

8. Tahan Terhadap Cuaca dan Iklim Dingin

Foto: Pixabay.com

Ya! Dengan segala keistimewaan yang mereka miliki, berang-berang ternyata juga mampu bertahan di suhu dingin. Hebat sekali, bukan?

9. Berpengaruh Terhadap Kelangsungan Ekosistem

Foto: MIcommunity

Meskipun bagi sebagian orang, berang-berang adalah hama bagi ikan, tetapi hewan ini juga memiliki peran penting. Bendungan yang berang-berang bangun akan sangat bermanfaat bagi hewan lain, seperti dapat menjadi jembatan, tempat burung bertengger, sampai menjadi sarang bagi serangga.

10. Berdayung Menggunakan Ekor

Foto: Pixabay.com

Ekor berang-berang berfungsi sebagai dayung ketika mereka berada di air dan penyeimbang saat duduk di darat. Ekor tersebut juga dapat sebagai alarm tanda bahaya, berang-berang biasanya memukulkan ekor ke air untuk membuat kawanannya menjauh.

Bagaimana, Takaiters? Semoga 10 fakta unik berang-berang di atas dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan kita, ya.