algoritma youtube juni 2020
Foto: shutterstock.com

Wajib dicermati, Inilah Algoritma Youtube 2020 dan Cara Mengoptimalkanya

Hai, Takaiters!

Youtube merupakan aplikasi berbagi video terpopuler sekarang ini. Bagaimana tidak, dalam setiap detiknya, tercatat ada sekitar 500 jam konten baru setiap menitnya dan sekitar 30 ribu jam konten per jam serta 720 ribu jam konten per hari.

Dengan total jam tersebut pula, setidaknya diperlukan sekitar 82 tahun untuk menonton semua konten baru yang diunggah ke YouTube hanya dalam satu hari.

Seperti layaknya media sosial lain seperti Instagram, konten yang populer di Youtube tidak hanya yang menarik saja, namun juga konten yang sesuai dengan algoritma yang platform ini terapkan.

Tujuan dari algortitma ini sendiri adalah untuk memudahkan pencarian video di dalam mesin pencari. Untuk mewujudkan tujuan tersebut pula, setidaknya ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi yakni engagement dan metadata .

Dalam faktor engagement , YouTube akan menilai seberapa banyak penonton yang memberi komen, like, serta membagikan video Takaiters. YouTube pun akan melihat bagaimana engagement tersebut bekerja, apakah berdampak positif atau negatif.

Kemudian untuk faktor metadata, YouTube juga akan memastikan bahwa metadata yang Takaiters sematkan mulai dari judul, keywords, hingga deskripsi sesuai dengan yang dicari oleh pengguna YouTube.

 Algoritma YouTube 2020

algoritma youtube terbaru 2020
Foto: ids.ac.id

Dalam beragam informasi terbaru yang berkembang, pada tahun ini YouTube memberikan peraturan baru terkait konten untuk anak.

Dalam aturan tersebut dikatakan bahwa konten kreator anak memiliki kemungkinan besar channel YouTubenya tidak akan mendapatkan iklan dari tiap video yang ditayangkanya.

Selain itu juga, kemungkinan besar Youtube akan mematikan beberapa fitur lain seperti pemberitahuan dan komentar.

Aturan baru ini dibuat oleh Youtube lantaran pihaknya sempat dikenai denda sebesar USD 170 juta oleh Federal Trade Commission (FTC) New York karena dianggap telah melanggar Peraturan Perlindungan Privasi Online Anak (COPPA) dengan mengumpulkan informasi si anak tanpa pemberitahuan orang tua dan menampilkan iklan di tayangan YouTube yang si anak itu tonton.

Oleh karenanya, dengan adanya aturan ini pula, Content Creator anak sebaiknya menghindari pelanggaran sebisa mungkin, agar masih bisa terus mendapat iklan atau mungkin beralih ke konten lainnya.

Lalu, bagaimana cara mengingkatkan traffic organic YouTube dengan Algoritma tersebut?

algoritma youtube juni 2020
Foto: shutterstock.com

1. Pakailah bahasa serta kata kunci yang sesuai dengan judul

Langkah pertama yang bisa Takaiters gunakan adalah ketika mengunggah video ke YouTube, pastikan bahwa isi konten dengan judul sama persis.

Alasan utama hal tersebut dilakukan karena YouTube juga mesin pencari seperti Google. Oleh karenanya, gunakanlah keyword yang mampu mengoptimalkan pencarian.

2. Pastikan bahwa video Takaiters memiliki dialog terjemahanya

YouTube adalah platform yang dapat diakses secara luas oleh seluruh lapisan masyarakat di dunia. Oleh karenanya, jika Takaiters ingin memperluas cakupan penonton, gunakanlah dialog terjemahan dalam setiap konten videomu.

Dengan menerapkan cara ini, penontonmu akan betah dalam menonton setiap konten yang Takaiters buat.

3.Gunakanlah Thumbnail khusus

Penggunaan Keyword  serta deskripsi pada judul memang sangat penting dalam mengoptimalkan video Takaiters di mesin pencari YouTube. Namun tahukah Takaiters bahwa ada langkah lain untuk meningkatkan penontonmu?

Caranya adalah dengan menambahkan thumbail dalam setiap video Takaiters. Hal tersebut penting karena hingga sekarang sebanyak 90% video terbaik di YouTube menggunakan thumbnail khusus.

4. Selalu ingatkan penonton untuk subscribe channelmu

Cara keempat yang bisa Takaiters gunakan dalam mengoptimalkan algoritma Youtube 2020 adalah selalu mengingatkan penonton untuk mengikuti kanalmu. Ajakan ini bisa dilakukan dengan narasi dalam video ataupun dengan tulisan yang disimpan di pojok layar videomu.

5. Manfaatkanlah bagian deskripsi semaksimal mungkin

Bagian deskripsi juga sangat penting Takaiters optimalkan ketika ingin videomu populer di YouTube. Tuliskanlah deskripsi semenarik mungkin.

Tapi jangan lupakan juga, deskripsi tersebut harus mudah dimengerti karena tujuan utama dari deksripsi ini adalah sebagai gambaran dari kontenmu.

6. Promosikan kontemu di luar YouTube

Promosi merupakan bagian penting dalam merengkuh popularitas. Takaiters bisa mempromosikan diluar YouTube seperti melalui Instagram, Facebook, dan Twitter.

7. Gunakan tools SEO YouTube

Setelah mengetahui algoritma YouTube di tahun ini seperti apa, Takaiters juga harus memanfaatkan tools SEO YouTube untuk meningkatkan performa konten guna menempati posisi tinggi di laman YouTube.

Dengan menggunakan SEO YouTube, Takaiters bisa membuat video yang sedang trending di internet.

Takaiters bisa memanfaatkan beberapa SEO tools tersebut seperti Google Trend, YouTube Analytic, ataupun SERPstat.

8. Konsistenlah dalam membuat video

Langkah terakhir ini memang menjadi kunci utama dalam membuat karya apapun. Dengan Takaiters konsisten membuat video, maka akan sangat membantu mesin YouTube untuk mengarahkan penonton ke chanel videomu.

Selain itu, Takaiters pun bisa mengelompokkan video yang saling berkaitan ke dalam daftar putar. Cara inipun dipercaya dapat mengurangi kemungkinan penontonmu untuk beralih ke kanal lain.

Inilah cara mengoptimalkan algoritma youtube terbaru 2020, Takaiters! Selamat mencoba!