Hai Takaiters!

Berlibur memang kebutuhan setiap orang. Bagaimana tidak, di tengah gegap gempita dan cepatnya kehidupan, kita tetap harus memiliki waktu untuk berhenti sejenak dan menikmati suasana, baik itu seorang diri atau bersama orang terkasih.

Namun, karena tahun 2020 dilanda pandemic global Covid-19, liburan yang tadinya dalam bayangan akan menyenangkan dan mengistirahatkan pikiran, malah menjadi menakutkan dan penuh rasa cemas.

Akibatnya pun sangat terasa,  rencana liburan yang telah tertata menjadi berantakan. Karena banyak maskapai penerbangan yang menghentikan sementara operasionalnya. Hingga destinasi wisata tujuan yang tengah ditutup sementara demi menekan penyebaran Covid-19.

Padahal, seperti dikutip dari phinemo.com, Sabtu (11/6/2020), dr. Erlina Burhan mengungkapkan, sejatinya Covid-19 bukanlah sesuatu yang perlu ditakuti secara berlebihan. Hingga harus membatalkan rencana liburan yang telah disusun lama.

Lebih lanjut, dia pun memberikan 6 tips aman berlibur di kala pandemi. Berikut adalah tips lengkapnya yang telah Takaitu.id rangkum.

1. Gunakanlah selalu masker saat berpergian

Tips aman berlibur kala pandemi covid 19
Foto: dinkes.acehprov.go.id

Selama liburan, diwajibkan untuk wisatawan selalu menggunakan masker. Hal tersebut sangat beralasan karena Covid-19 merupakan kelompok virus yang menyerang saluran pernapasan, dan menular melalui droplet yang keluar saat sedang berbicara, bersin, atau batuk.

Terdapat beberapa pilihan masker yang dapat Takaiters pilih mulai dari masker kain hingga masker N95. Hanya saja, agar penggunaanya lebih efektif. Takaiters lebih baik menggunakan masker N95 ataupun masker media karena pada masker ini, bagian luarnya tahan air sehingga droplet tidak akan keluar dan menjadi penyebaran baru.

2. Cuci tangan adalah hal yang tidak boleh ditinggalkan

tips aman liburan sendirian
Foto: jovee.id

Selain mengenakan masker, Takaiters juga harus rajin mencuci tangan. Hal tersebut harus dilakukan karena ketika berpergian.  Kadang kita tidak merasa telah menyentuh banyak hal yang bisa saja banyak bibit penyakit.

Oleh karenanya, cuci tanganlah ketika telah menyentuh dan melakukan beragam hal. Usahakan pada air mengalir serta menggunakan sabun ya, Takaiters.

3. Makanlah makanan sehat

tips liburan aman
Foto: 99.co

Selama berlibur, usahakan makanlah makanan sehat seperti sayur serta buah-buahan. Selain itu, ada baiknya Takaiters juga hindari makanan yang setengah matang bahkan mentah. Memakan makanan sehat dan dimasak dengan matang sangat penting mengingat Covid-19 adalah virus yang dapat mati dalam suhu 56 derajat celcius serta.

4. Jangan percaya berita bohong

tips liburan aman di tengah pandemi corona
Foto: harianmomentum.com

Mewabahnya Covid-19 membuat banyak berita bohong bersliweran dimana-mana. Oleh karenanya, bagi Takaiters yang akan berlibur, carilah informasi yang seakurat mungkin. Selain itu, Takaiters juga perlu selektif dalam memilih dan membaca berita. Pastikan situs berita atau sumber berita berasal dari situs yang kredibel dan terpercaya.

5. Cek suhu tubuh serta kesehatan ketika tiba di tempat tujuan

Foto: health.detik.com

Sebelum pergi berlibur, ada baiknya Takaiters memeriksakan kesehatan terlebih dahulu. Begitupun ketik tiba di destinasi tujuan. Hal tersebut sangat penting agar liburan Takaiters tetap aman dan sehat. Usahakan juga selalu memantau kondisi suhu tubuh sepanjang perjalanan.

6. Taati protokol kesehatan dan anjuran pihak berwajib

Foto: liputan6.com

Hal terakhir yang harus Takaiters lakukan adalah dengan cara mematuhi protokol kesehatan dan anjuran pihak berwajib. Pihak berwajib yang terkait bisa saja pemerintah Indonesia maupun pemerintah tempat dimana Takaiters menghabiskan waktu liburan.

Itulah tips aman berlibur di masa pandemi Covid 19 yang bisa kamu lakukan, Takaiters! Tentukan destinasimu segera, kuy!