Hai Takaiters!

Handphone merupakan barang berharga saat ini. Bagaimana tidak, dengan barang sebesar empat jari tersebut, kita bisa melakukan ragam hal, mulai dari mencari informasi hingga melakukan pekerjaan. Handphone juga merupakan piranti penting agar kita tetap bisa melakukan sosialisasi di tengah pelik pandemic seperti sekarang ini.

Selain tengah menghadapi pandemi COVID-19, di Indonesia juga saat akan menuju akhir tahun seperti sekarang ini, biasanya mengalami musim hujan dengan intensitas yang cukup tinggi sedang melanda.

Ketika perjalanan juga, memang akan membuat panik apabila tiba-tiba turun hujan. Kita biasanya lupa untuk menyimpan barang-barang berharga di tempat aman. Sehingga, terkadang barang elektronik seperti handphone tersebut malah terkena air hujan.

Nah, bagi Takaiters yang handphone nya terkena air hujan, Takatu.id telah merangkum 5 tips sederhana untuk mengatasi Handphone terkena air!

1. Segera matikan handphone

mengatasi hp terkena air
Foto: kawaiibeautyjapan.com

Hal pertama yang bisa Takaiters lakukan adalah dengan mematikan handphone. Hal ini bertujuan untuk memutus aliran listrik pada HP yang juga mengaliri komponen lain seperti Kapasitor, Resistor, Trafo, IC Power, IC RAM, IC CPU, dan IC audiol.

2. Melepas microSD dan sim card serta komponen lain segera

mengatasi hp terkena air hujan
Foto: unbox.id

Langkah selanjutnya yang paling memungkinkan adalah melepas komponen handphone seperti baterai, kartu memori (microSD) dan sim card. Hal tersebut dilakukan karena komponen tersebut memiliki bahan yang sensitif terhadap air. Sehingga dapat menyebabkan korosi pada bahan besi dan konsleting pada bagian power daya.

Selain itu dengan segera melepas SIM card dan kartu memori agar data didalamnya seperti nomor kontak dan file lainnya tetap aman dan tidak hilang.

3. Meletakan handphone dalam wadah beras

cara mengatasi hp terkena air baterai tanam
Foto: idntimes.com

Cara yang satu ini meski tampak tak masuk akal, akan tetapi dipercaya banyak kalangan karena mampu membuat hp normal kembali.

Hal tersebut terjadi karena hp menjadi lebih hangat dan kering karena sifat beras yang elektrostatis sehingga mampu menyerap kadar air dan mengurangi kelembabannya.

Caranya pun cukup mudah, Takaiters hanya perlu memasukan handphone ke dalam beras hingga terbenam. Diamkan selama seharian penuh hingga hp kembali kering sempurna dan bisa di gunakan lagi.

4. Menyimpannya di dalam tumpukan silika gel

mengatasi layar hp terkena air
Foto: kangeducation.com

Hampir mirip dengan beras, Silika gel juga dapat berfungsi untuk mengeringkan handphone dengan menyerap kelembapannya.

Caranya pun hampir sama dengan menguburnya dalam beras, segera lepas semua bagian handphone yang bisa dilepas. Lalu masukan ke dalam tumpukan silika gel. Beras dan silika gel sama-sama dapat membantu mengeringkan handphone-mu. Namun jangan pernah gunakan hair dryer  ya Takaiters.

5. Segera bawa ke tempat service

Foto: jateng.tribunnews.com

Apabila empat langkah di atas belum bisa membuat hp Takaiters pulih kembali, maka ada baiknya untuk segera membawanya ke tukang service. Selain Takaiters dapat tahu komponen apa yang rusak, dengan membawanya ke tempat service pun dapat mencegah kerusakan yang lebih parah.

Inilah beberapa tips mengatasi Handphone terkena air, Takaiters! Selamat mencoba, ya.