Loha, Takaiters!

Dari dulu Indonesia sudah terkenal dengan ragam kulinernya. Bahkan sampai ke mancanegara. Masing-masing plosok memiliki makanan khas, seperti dodol. Ternyata, dodol memiliki banyak sekali jenisnya. Padahal yang sering kita dengar hanya dodol Garut.

Tak hanya dodol Garut, beberapa wilayah di Indonesia memiliki dodol dengan ciri khas sendiri. Mau tahu dari mana saja?

Yuk, simak 2 jenis dodol nusantara yang bikin nagih. Keep reading, ya, Takaiters!

1.Dodol Labu Kuning

jenis jenis dodol
Foto: Pinterest

Dodol labu kuning merupakan makanan khas Pontianak. Sama halnya seperti dodol yang lain, memiliki rasa enak dan legit. Karena berbahan baku labu dodol ini memiliki kandungan yang sangat baik diperkaya vitamin A, vitamin C, dan karbohidrat. Jadi, tak hanya enak di makan namun juga menyehatkan, Takaiters!

2. Dodol Betawi

jenis dodol
Foto: Kompasklasik

Untuk saat ini, dodol betawi sangat sulit dicari di ibu kota, padahal sangat diminati. Dodol Betawi memiliki rasa legit yang enak. Dodol ini berbahan dasar tepung beras, gula merah, santan kelapa, gula pasir, dan garam.

Jika Takaiter penasaran dengan dodol betawi ini, bisa mencarinya di daerah Kalibata. Wilayah ini merupakan kampung dodol betawi atau sentra produksi dan penjual dodol betawi.

3. Dodol Bali

jenis jenis dodol garut
Foto: Tandaseru.id

Dodol Bali atau biasa terkenal dengan dodol Buleleng. Dodol ini juga tak kalah enak dan populer, rasanya yang manis legit serta wangi yang berasal dari bungkusnya yang terbuat dari daun jagung kering. Sedangkan bahan yang digunakan terdiri dari, ketan hitam, gula merah, dan santan.

Tak hanya itu, untuk mendapatkan rasa yang istimewa proses pembuatan dodol Buleleng masih tergolong tradisional. Bahkan masih banyak diproduksi di rumahan di daerah Bali Utara (wilayah Buleleng). Makanya wajar jika banyak wisatawan memilih dodol Buleleng ini sebagai oleh-oleh.

4. Dodol Lempok

jenis dodol garut
Foto: Shopee.com

Bagi penyuka durian wajib untuk coba dodol ini. Dodol lempok berbahan baku buah durian dan merupakan makanan tradisional khas masyarakat Sumatra Selatan. Untuk pembuatan menggunakan cara tradisional dan turun temurun.

5. Dodol Kandangan

Foto: Beritatagar

Dodol kandangan berasal dari Kalimantan Selatan, memiliki cita rasa lokal dengan tekstur yang lebih legit dan lembut. Makanya dodol ini sangat cocok untuk oleh-oleh keluarga.

Nah, Takaiters, sudah tahu kan jenis dodol nusantara yang bisa kamu coba juga. So, adakah favorit kamu diantara jenis dodol itu?