Halo, Takaiters!

Merebaknya virus korona atau novel coronavirus (Covid-19) membuat masyarakat di seluruh belahan dunia menjadi mawas diri. Tanpa pandang bulu, virus ini bisa mampir pada tubuh siapa saja. Untuk itu, penting bagi kita untuk membatasi diri dari tempat-tempat yang memungkinkan terjangkitnya virus ini. Hal yang tidak kalah penting adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Takaiters, saat sistem kekebalan tubuh lemah, virus dan kuman dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh, termasuk virus korona yang sedang menjadi pandemik di dunia. Ada banyak faktor yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun.

Berikut ini 5 faktor yang bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh seseorang menurun.

1. Stres dan Panik

Foto: pexels.com

Siapa, sih, yang tidak stres dan panik dengan keadaan sekarang ini. Tidak hanya di Indonesia, virus korona juga membuat masyarakat di banyak negara di dunia menjadi stres dan panik. Korban jiwa yang ditimbulkan juga tidak main-main, hingga diangka puluhan ribu kasus di setiap negara.

Sayangnya, jika stres dan panik terjadi secara berlebihan, ini malah membuat sistem kekebalan tubuh seseorang menjadi menurun. Dampak stres dan panik terhadap sistem imun tubuh mengakibatkan seseorang lebih rentan mengalami gangguan penyakit dan terpapar virus. Untuk itu, panting sekali mengelola stres dan panik. Misalnya, dengan memperbanyak berdoa dan mematuhi anjuran pemerintah untuk menghindari pusat keramaian.

2. Kurang Sinar Matahari

Foto: pexels.com

Banyak yang tidak tahu tentang hal penting satu ini. Sinar matahari mengandung vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Vitamin D berperan untuk mengaktifkan kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin D menyebabkan penekanan kekebalan.

Takaiters, meskipun gerakan #diamdirumahaja digencarkan, bukan berarti kita tidak bisa mendapatkan asupan sinar matahari di pagi hari. Berjemur di bawah sinar matahari di teras atau halaman rumah dengan tetap menjaga jarak dengan orang lain bisa dilakukan pada pukul tujuh hingga sepuluh pagi. Ini juga bisa dilakukan sambil melakukan olahraga ringan, bukan?

Mulai hari ini, ayo, kita manfaatkan apa yang telah Tuhan sediakan untuk kesehatan tubuh kita!

3. Begadang, Kurang Tidur, dan Kurang Istirahat

Foto: unsplash.com

Apalah arti vitamin “segepok” yang diminum jika pada akhirnya hak tubuh untuk tidur dan istirahat diabaikan. Apalagi dengan kondisi seperti sekarang ini.

Takaiters, saat tidur, tubuh meningkatkan bagian dari sistem kekebalan tubuh dan mempelajari cara terbaik untuk menyerang bakteri atau virus. Ketika tubuh kurang tidur atau istirahat, maka kesempatan untuk memperbaiki dan memulihkan diri juga berkurang. Tidak ada salahnya untuk mengusahakan tidur minimal tujuh atau delapan jam semalam untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

4. Kurang Gerak

Foto: pexels.com

Lagi-lagi#diamdirumahaja bukan berarti kita hanya duduk, nonton televisi atau film dan tidur. Takaiters, sudah banyak sekali panduan dari youtube yang bisa dijadikan contoh untuk melakukan olahraga ringan tanpa keluar rumah. Cukup meluangkan waktu 15 sampai 30 menit setiap harinya.

Kurang gerak dapat memperlambat laju metabolisme yang menyebabkan tubuh menyerap nutrisi lebih lambat juga. Sebaliknya, dengan melakukan gerakan olahraga ringan dan benar, maka dapat membuat proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hal ini membuat tubuh lebih sehat dan lebih kuat dalam menghadapi serangan virus.

5. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan dan Minuman Instan dan Olahan

Foto: konbibi.com

Sudah banyak yang tahu, jika makanan dan minuman yang kita konsumsi menjadi salah satu faktor penting. Tidak hanya enak, tetapi juga bergizi. Takaiters, dalam situasi seperti sekarang ini, banyak yang menjadikan makanan instan dan olahan sebagai salah satu menu alternatif. Salah? Tentu tidak. Namun, selagi masih bisa mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, tetap jadikan itu sebagai prioritas. Contohnya, sayur, buah, dan rimpang-rimpangan.

Dalam situasi biasa-biasa saja, terkadang masih banyak yang tidak mau mengonsumsi sayur, buah, dan rimpang-rimpangan. Jika tidak suka, maka pikirkan manfaatnya bagi kesehatan dan kekebalan tubuh dalam memerangi virus.

Takaiters, tidak ada yang mau berada dalam kondisi seperti saat ini. Namun, salah satu hikmah yang bisa diambil adalah mari perbaiki sistem kekebalan tubuh dengan meminimalisasi 5 faktor yang bisa menjadi penyebab menurunnya sistem kekebalan tubuh.