Hai, Takaiters!

Kawah Sikidang Dieng punya spot baru yang oke punya loh? Spot ini sangat indah dan menjadi magnet bagi wisatawan untuk datang dan datang lagi ke Dieng. Sebelum dibangunnya spot ini, Kawah Sikidang selalu ramai dikunjungi pengunjung apalagi sekarang pengunjung Kawah Sikidang makin hari makin bertambah.

Mereka sangat penasaran untuk melihat spot baru yang banyak di unggah di akun-akun media sosial. Spot yang indah dan kekinian. Makin penasaran, kan, Takaiters? Yuk, kesana saja?

Boardwalk Kawah Sikidang

Boardwalk Kawah Sikidang

Lalu apa sih, yang membuat Kawah Sikidang viral dan makin banyak dikunjung wisatawan? Ini dia, “Boardwalk”.

Yup, sekarang di kawah Sikidang sudah dibangun Boardwalk sebagai tempat berjalan kaki para wisatawan. Gunanya untuk menikmati keindahan alam Kawah Sikidang hingga ke lokasi kawah itu sendiri.

Boardwalk dibangun mengelilingi lokasi Kawah Sikidang dengan panjang kurang lebih 1000 m /1 km dan lebar 1,5 meter. Material yang digunakan untuk membangun Boardwalk ini adalah kayu. Dipihnya kayu karena di daerah yang suhu udaranya dingin kayu lebih awet dari pada besi atau bahan lainnya.

Pergola

Lokasi Boardwalk Kawah Sikidang

Adanya gazebo dari kayu yang dibangun di beberapa tepi sebeleh kiri Boardwalk menambah keeksotisan Kawah Sikidang. Pergola ini bentuknya sangat sederhana tetapi unik dan indah. Wisatawan dapat beristirahat di pergola ini pada saat turun hujan pergola ini juga dapat digunakan wisatawan untuk berteduh disini.

Patung Menjangan

Fakta tentang Boardwalk Kawah Sikidang

Patung menjangan atau kidang adalah ikon baru yang dibangun di lokasi kawah sikidang. Ada dua patung Kidang yaitu Kidang yang sedang berdiri dan kidang yang sedang duduk. Dipilihnya hewan menjangan atau kidang sesuai dengan filosofi nama Kawah Sikidang sendiri. Dimana dinamakan sikidang karena disini terdapat kawah-kawah kecil yang berpindah-pindah tempat atau meloncat-loncat seperti kidang.

Taman Bunga

Boardwalk Kawah Sikidang dimana

Untuk menambah kesan asri dibangun taman bunga di pintu masuk kawah. Taman yang minimalis tetapi sangat menawan. Pohon-pohon rindang di tepi jembatan juga dibiarkan menghijau agar kawah Sikidang tidak terkesan panas.

Cantiknya Penataan Kawah Sikidang

Boardwalk Kawah Sikidang fasilitas

Begitu wisatawan memasuki pintu masuk Kawah Sikidang maka wisatawan akan disuguhi taman bunga yang indah dengan patung kidangnya yang menarik. Lalu sejauh mata memandang akan tampak boardwalk yang memanjang mengelilingi Kawah Sikidang.

Boardwalk ini dibuat memutar sehingga wisatawan yang baru datang ke lokasi tidak bertubrukan dengan wisatawan yang akan keluar dari lokasi. Pergola di sisi sebelah kiri boardwalk menambah manis kawah Sikidang ini. Boardwalk yang menuju pintu keluar sangat asri dengan adanya pohon-pohon rindang di tepinya.

Semua sudut semua titik dari Boardwalk ini memiliki keindahan tersendiri untuk dijadikan background bagi wisatawan yang ingin berfoto. Kawah Sikidang kini benar-benar berubah menjadi spot wisata yang sangat eksotis.

Senja Di Kawah Sikidang

Saat senja menjelang malam Kawah Sikidang berubah menjadi sangat romantis dengan lampu-lampunya yang syahdu yang menerangi sepanjang Boardwalk kawah Sikidang. Namun, pada saat malam hari, kawah Sikidang belum di buka untuk umum.

Lokasi dan Fasilitas

Bagi kamu yang belum pernah sama sekali ke Dieng. Kamu bisa menuju kesana dengan menggunakan kendaraan roda empat atau motor. Lokasi Dieng ada di kecamatan Batur kabupaten Banjarnegara. Selain kawah Sikidang spot wisata di Dieng sangat banyak jadi kamu bisa berkeliling dari satu obyek ke obyek lainnya.

Untuk tiket masuk ke kawah Sikidang Rp.15.000,00 dan ini juga merupakan tiket terusan dari Kawah Sikidang ke Candi Arjuna begitu juga sebaliknya.

Fasilitas yang ada di kawah Sikidang yaitu adanya toilet atau kamar mandi, mushola, tempat peristirahatan, tempat parkir yang luas, pasar kawah Sikidang dan tempat-tempat makan.

Larangan Di Kawah Sikidang

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke kawah Sikidang tidak dianjurkan berada terlalu dekat dengan kawah. Hal ini sangat membahayakan karena kawah Sikidang adalah kawah belerang yang memiliki suhu yang sangat panas.

Bagi yang alergi dengan belerang, bayi dan juga penyandang disabel juga diharapkan untuk tidak mendekati kawah karena takut terjadi resiko yang tidak diinginkan. Selama pandemi pihak pengelola obyek wisata menerapkan protokolkesehatan dengan ketat dimana wisatawan juga diharuskan memakai masker, membawa handsanitizer dan tidak berkerumun.

Takaiters, mumpung masih suasana liburan nih, yuk jalan-jalan ke Boardwalk Kawah Sikidang Dieng. Dijamin kamu akan terpesona dengan keindanhannya. Berada di kawah Sikidang serasa berada di Jepang loh?