Hai, Takaiters!

Dalam dunia kerja dan bisnis, menjaga hubungan dengan relasi kerja maupun bisnis (klien) mutlak diperlukan. Semakin banyak klien yang bisa dipelihara semakin bagus. Sebaliknya, semakin sedikit klien, semakin akan tidak menguntungkan bisnis kita.

Selain harus bisa menjaga klien yang telah kita miliki, kita dituntut untuk bisa pula menambah klien. Maka, salah satu tantangannya yaitu bagaimana menjaga agar klien tidak kabur dan meninggalkan kita. Sudah barang tentu, dibutuhkan kejelian dalam bagaimana memelihara hubungan dengan para klien.

Bagaimana persisnya, Guys? Yuk, kita simak beberapa tips menjaga hubungan baik dengan klien, Takaiters!

1. Perlakukan klien sebagai sahabat

Tips menjaga hubungan baik dengan klien
Foto: idntimes.com

Salah satu kiat untuk melanggengkan hubungan dengan klien adalah menciptakan hubungan personal dengan klien. Cobalah ciptakan hubungan yang bukan hanya sebatas hubungan di seputar kantor dan di seputar meja kerja.

Itu artinya, selain memperlakukan klien sebagai mitra usaha, perlakukan mereka sebagai sahabat pula. Untuk itu, pastikan kamu tahu apa kegemaran mereka, film favorit mereka, minat mereka bahkan kebiasaan mereka saat weekend.

2. Selalu memelihara kontak

cara atasi menjaga hubungan baik dengan klien
Foto: fastpay.co.id

Kiat lainnya yaitu senantiasa memelihara kontak. Always keep in touch, bahasa gagahnya sih. Dengan demikian, kontak bukan cuma sebatas saat adanya proyekan. Meski tidak ada proyekan, kamu sebaiknya terus memelihara kontak. Kiriman surel atau e-mail, panggilan telefon atau sapaan lewat WA  atau kiriman kartu ucapan bisa kamu gunakan sebagai wahana menjaga kontak dengan para klien.

Kalau kamu kebetulan tidak terlalu sibuk, tidak ada salahnya mampir sekedar dolan-dolan ke tempat para klien. Yah, sekedar mengadakan kunjungan informal dan sifatnya pribadi. Kunjungan seperti ini memiliki dua sisi manfaat. Pertama, mempererat hubungan kamu dengan klien sebagai pribadi dan kedua, mempererat relasi  dengan klien sebagai mitra bisnis.

3. Kasih traktiran

Tips menjalin hubungan dengan klien
Foto:idntimes.com

Jika kamu memiliki dana lebih, tidak perlu pelit. Gunakan dana tersebut untuk sekali-kali mengundang satu atau dua klien untuk makan-makan bareng mereka. Buat acara makan-makan itu menjadi betul-betul spesial dan mengensankan klien. Dengan begitu, klien bakal semakin dekat dan tidak akan mudah lari begitu saja dari jejaring kamu.

4. Utamakan kejujuran

Foto: freepik.com

Kejujuran senantiasa diperlukan di mana pun kita berada. Tempatkanlah kejujuran tinggi-tinggi. Kejujuran merupakan pembangun hubungan yang mujarab. Kenapa? Kejujuran akan menciptakan kepercayaan. Bila orang sudah percaya kepada kamu, orang tidak akan pernah ragu terhadap kamu dan berpaling dari diri kamu.

Untuk melanggengkan hubungan dengan para klien, sikap jujur perlu kamu pertahankan. Jadi, dalam setiap kesempatan, biarkan para klien mengetahui apa yang sedang kamu rasakan.

5. Jangan ragu berpendapat

Foto: freepik.com

Di sisi lain, kamu tidak perlu ragu untuk memberikan pendapat secara jujur pula mengenai berbagai hal menyangkut para klien. Pendapat-pendapat yang kamu lontarkan dan kemudian ternyata malah benar akan semakin membuat klien makin percaya kepada diri kamu.

Misalnya, ketika mengetahui sejumlah klien yang terlalu royal dan suka hura-hura di akhir pekan, kenapa katakan tidak katakan hal tersebut secara blak-blakan kepada mereka. Sampaikan semuanya dengan penuh perhatian selayaknya seorang sahabat dekat.

Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga hubungan dengan klien, Takaiters!