Loha, Takaiters.

Perayaan Hari Raya Iduladha sangat identik dengan momen penyembelihan hewan kurban, di antaranya sapi, kerbau, atau kambing. Namun, tidak hanya itu, ada tradisi unik untuk menyambut Hari Raya Kurban di beberapa daerah di Tanah Air.

1. Grebeg Gunungan, Yogyakarta

tradisi iduladha di indonesia
Foto: guide.com

Sama seperti Idulfitri, Grebeg Gunungan juga dilakukan warga Yogyakarta saat Iduladha. Tradisi ini sudah turun-temurun di Keraton. Digelar dengan membawa hasil bumi yang ditumpuk menyerupai gunung lalu diarak. Untuk rutenya, dari Keraton Yogyakarta menuju Masjid Gedhe Kauman guna pembacaan doa. Acara puncaknya ditandai dengan memperebutkan isi gunungan tersebut karena dipercaya siapa yang bisa mengambilnya akan mendapat berkah.

2. Manten Sapi, Pasuruan

Hasil gambar untuk Manten Sapi
Foto: liputan6.com

Ada tradisi unik di Pasuruan, yaitu mendandani sapinya sebelum diberikan kepada panitia kurban. Terlebih dahulu, sapi itu akan dimandikan, lalu dihias dengan kembang tujuh rupa, dibalut kain putih, dan di akhiri dengan mengarak sapi keliling desa. Tradisi ini dikenal dengan Manten Sapi.

3. Apitan, Semarang

Foto: Alif.ID

Mirip dengan tradisi di Yogyakarta, Apitan merupakan tradisi yang mengarak hasil bumi dan tumpeng. Acara dimulai dengan pembacaan doa untuk warga dan diakhiri dengan memperebutkan isi Apitan. Tradisi Apitan juga dikenal dengan sebutan Sedekah Bumi sebagai wujud ungkapan syukur atas rezeki yang Tuhan berikan.

4. Kaul Negeri dan Abda’u, Maluku Tengah

Foto: BeritaSatu.com

Di Ambon dan sekitarnya juga mempunyai tradisi unik, tetapi dilakukan setelah melakukan salat Iduladha. Sebelum menyembelih kambing, hewan kurban akan digendong pemuka adat dan agama menggunakan kain. Diiringi dengan alunan takbir dan selawat, kambing diarak menuju masjid.

5. Toron, Madura

Foto: Plat-M.com

Ketika Hari Raya Idulfitri, kita mengenal istilah mudik bagi yang pulang kampung. Sedangkan ketika Iduladha, ada tradisi Toron yang dilakukan mayoritas orang Madura. Jadi jangan heran kalau kawasan Suramadu akan padat saat Iduladha. Bagi masyarakat Madura, Toron bisa memperkuat solidaritas untuk menjaga silaturahmi antar kerabat dan tetangga.

6. Meugang, Aceh

Hasil gambar untuk Meugang
Foto: acehpressphoto.com

Meugang merupakan tradisi unik khas masyarakat Aceh untuk memasak daging dan menikmati bersama keluarga, kerabat, dan yatim piatu. Tradisi ini ada sejak zaman kerajaan pimpinan Sultan Iskandar Muda, yang dilakukan dua hari sebelum Hari Raya. Meugang dilakukan sebagai rasa syukur selama 11 bulan mencari nafkah.

7. Mepe Kasur, Banyuwangi

Hasil gambar untuk Mepe Kasur
Foto: liputan6.com

Mepe Kasur atau menjemur kasur adalah tradisi yang kerap dilakukan masyarakat Banyuwangi, terutama warga Using. Mepe Kasur biasanya dilakukan sejak pagi hari saat cuaca cerah. Menurut kepercayaan, dengan melakukan Mepe Kasur bisa menjauhkan segala hal buruk dari rumah.

Inilah beberapa tradisi unik Indonesia selama Iduladha. Bagaimana di kota kalian, Guys? Selamat Hari Raya Iduladha.