Hai, Takaiters!

Apakah yang kalian lakukan saat tubuh terasa lelah? Sebagian dari kita akan langsung “jumpa fans” dengan tukang pijat. Yes, memang Indonesia dikenal sebagai negeri yang kaya akan teknik pijat. Pijat tradisional memang dipercaya akan menyegarkan tubuh yang letih.

Untuk kaum perempuan, rasa penat di tubuh akan lenyap saat mengunjungi spa. Ngomongin tentang spa, ada satu teknik ala Minang yang dipercaya ampuh untuk menyegarkan dan memelihara kesehatan tubuh, lho. Perkenalkan, nama teknik ini adalah Batangeh.

Batangeh artinya berkeringat, dan teknik ini mengacu pada mandi uap. Perawatan ini terinspirasi dari falsafah orang Sumatera Barat yakni “alam takambang jadi guru”. Paham ini mengatakan bahwa manusia belajar dari apa yang tersedia di alam semesta; manusia, tumbuhan, hewan, maupun fenomena alam. Termasuk aneka rempah digunakan dalam menyempurnakan teknik pijat tersebut.

Jenis rempah-rempah yang dipakai sangat beragam, seperti limau puruik, sirih, bunga rampai, cengkeh, kunyit, kayu manis, kenanga dan pandan.Sebelum mandi uap,kamu akan merasakan pijatan tubuh dari terapis. tekanannya cukup kencang, berbeda dengan teknik pijat Jawa dan Bali yang lebih ringan. Tubuh yang lelah pun kembali segar dan energik.

Setelahnya, tubuh dilulur dengan scrub beras ketan hitam yang dikenal mampu mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Kemudian, berendam selama 15 menit dengan air hangat yang sudah dicampur dengan minyak ramuan rempah khas Batangeh yang membuat tubuh terasa relaks.

Pilihan Editor

Wanita Minang seperti calon pengantin, ibu-ibu, wanita yang baru melahirkan, serta orang yang baru sembuh dari penyakit menahun biasanya memanfaatkan batangeh atau bertangas ini. Dengan perawatan tradisional tersebut tubuh mereka akan segar dan harum sepanjang hari. Wanita yang baru melahirkan memanfaatkan batangeh untuk menghilangkan bau anyir dan mengembalikan fungsi rahim.

Orang yang baru sembuh dari penyakit menahun pun menerapkannya untuk menghilangkan bau badan yang masih tersisa selama sakit. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Selain itu, rupanya batangeh juga dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai penyakit seperti reumatik, penyakit kulit, sinusitis dan lainnya.

Jika Takaiters hendak melancong ke Sumatera Barat, pastikan kamu mencoba teknik pijat unik ini. Tradisi Batangeh sendiri sampai sekarang masih dilestarikan secara turun-temurun di Sumatera Barat. Tepatnya di 5 wilayah, yakni Payakumbuh, Solok, Pagaruyung, Batusangkar dan Padang. Selamat mencoba ya!