Hai, Takaiters!

Bukan cuma Indonesia aja yang punya tradisi unik saat lebaran. Ternyata, di negara lain pun ada juga. Coba aja kamu tahu, pasti pengen, deh, lebaran ke sana, sambil travelling gitu.

Biasanya banyak daerah di Indonesia yang mempunyai tradisi unik saat menyambut lebaran, seperti acara pukul beduk atau festival obor keliling. Lalu, bagaimana di negara lain, yah? Spesial untuk tiga negara ini, Takaiters akan mendapat bocoran info tradisi lebaran di sana. Let’s check it out!

1. Arab Saudi

iphi.web.id

Tradisi lebaran di Arab Saudi identik dengan parade musik, pentas tari, puisi, teater, dan berbagai pertunjukan seni.

Takaiters, ada yang stay di Arab Saudi? Kalo ada pasti seneng banget, deh. Karena, kamu bisa menikmati cokelat dan makanan manis ketika lebaran ‘kan? Bagi dong!

Selain itu, warga di sana akan menyediakan sajian berupa kopi Arab. Warna kopinya bukan hitam tapi warna hijau kekuning-kuningan, Takaiters. Ada juga kunafa, itu loh mi kering yang disajikan dengan susu kental. Gimana, ya, rasanya?

Buat Takaiters yang punya penyakit diabetes, hati-hati aja, deh!

2. Turki

tradisi lebaran di berbagai negara
Sumber: ilgazetesi.com.tr

Setelah salat Idulfitri, masyarakt Turki akan memilih untuk berziarah ke makam-makam keluarganya. Tak heran suasana di tempat pemakaman jadi ramai didatangi peziarah saat hari raya.

Mereka juga mengenal silaturahim, berkumpul bersama keluarga, dan menjamu tamu atau musafir saat lebaran tiba. Tuan rumah akan menyuguhkan berbagai penganan khas Turki disertai dengan secangkir teh. Untuk keluarga yang kaya, mereka akan menyajikan baklava. Hmm, jadi pengen, yah.

Lebaran adalah salah satu alasan keceriaan anak-anak Turki. Karena biasanya, di setiap rumah di negara ini, akan menyediakan banyak permen dari berbagai brand. (Jangan lupa bawa plastik, ya, anak-anak! Hehe)

Pilihan Editor


Oya, di Turki ada makanan khas hari raya juga, loh. Di Gaziantep, ada Kahke sedangkan di daerah Hatey, ada Kombe. Semua makanan itu tak lepas dari taburan wijen. Yummy, jadi pengen nyicipin.

3. China

tradisi lebaran di berbagai negara-arab
Sumber: xinhuannet

Usai mengerjakan salat sunah Idulfitri. Kaum Muslim etnis Hui akan menari bersama. Entah itu di depan masjid atau di rumah masing-masing.

China muslim akan berkumpul bersama keluarga dan menggelar pesta. Seperti pesta makanan, menari, dan menyanyi bersama dengan iringan musik.

Masing-masing daerah di China punya ciri khas makanannya sendiri, loh. Tergantung selera warga masing-masing daerah, sih. Di bagian utara China, makanan khas lebaran mereka berasal dari olahan daging sapi sedangkan di bagian selatan, muslim China lebih cocok dengan makanan laut.

Usai salat Idulfitri, China muslim banyak yang mengunjungi bazar. Banyak penjual pakaian, makanan hingga aksesoris. Pokoknya semua perlengkapan muslim hampir tersedia di bazar ini.

Gimana, Takaiters? Kamu udah ngerasain tradisi lebaran di negara mana aja, nih?