Beberapa hari yang lalu, banga Indonesia merayakan hari kemerdekaan yang ke-74. Selain upacara bendera, terdapat banyak tradisi yang biasa dilakukan oleh masyarakat kita untuk memeriahkan acara 17-an tersebut. Dimulai dari lomba balap karung, memakan kerupuk, tarik tambang, menghias sepeda, juga aneka kegiatan lainnya yang tak kalah seru.

Nah, jika negara kita memiliki banyak tradisi dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan, bagaimana tradisi negara lain dalam menyambut hari kemerdekaannya? Kita simak, yuk, Guys.

1. Norwegia

perayaan kemerdekaan berbagai negara
Foto: Pexels.com

Perayaan Hari Kemerdekaan Norwegia diperingati setiap tanggal 17 Mei. Hari yang penuh suka cita ini dirayakan dengan perayaan unik. Yakni makan es krim dalam porsi besar, diiringi dengan makan sosis. Selain itu, ada pula tradisi potluck, dimana setiap orang akan mengundang keluarganya untuk makan bersama.

2. Afrika Selatan

perayaan kemerdekaan berbagai negara
Foto: Ediblecommunities.com

Dikenal sebagai “Freedom Day” atau “Hari Kebebasan” di Afrika Selatan, jatuh pada tanggal 27 April setiap tahunnya. Hari Kebebasan ini merupakan tanda berakhirnya Apartheid dan pemilihan umum pertama di negara itu, ketika Nelson Mandela terpilih sebagai Presiden.

Seperti yang diharapkan, Hari Kebebasan adalah hari libur yang dilaksanakan secara emosional bagi banyak orang Afrika Selatan. Sebagian besar memilih untuk merayakan dengan teman-teman, memakan daging panggang, mirip dengan barbekyu.

3. Australia

perayaan kemerdekaan berbagai negara
Foto: neoskosmos.com

Warga Australia memiliki kebiasaan unik dalam merayakan hari kemerdekaan yang diperingati setiap tanggal 26 Januari. Di Sidney, lomba perahu menjadi agenda tahunan rutin untuk mengisi hari kemerdekaan. Bahkan, tradisi ini sudah dikenal hingga ke seluruh dunia. Di Perth, perayaan dilakukan dengan pesta kembang api kolosal.

Sementara di Melbourne, pesta rakyat yang melibatkan keberagaman bangsa adalah selebrasinya. Sedangkan warga Melbourne sendiri melakukan karnaval di jalan utama kota dengan menggunakan kostum warna-warni. Perayaan pun dilengkapi dengan menggelar konser musik dari berbagai genre.

4. Ghana

perayaan kemerdekaan berbagai negara
Foto: myjoyonline.com

Rakyat Ghana merayakan hari kemerdekaan negaranya setiap tanggal 6 Maret. Pada hari itu semua rakyat berpesta di jalanan sampai ke wilayah pantai. Warga Ghana terbiasa menyambut hari kemerdekaan di negara mereka dengan musik, tarian ala hip hop dan lomba-lomba yang bersifat tradisional di kampung nelayan.

5. Filipina

perayaan kemerdekaan berbagai negara
Foto: sookenewsmirror.com

Negara tetangga Indonesia ini menyambut hari kemerdekaan setiap tanggal 2 Juni. Hari kemerdekaan di Filipina ditandai dengan mengadakan jamuan makan bersama keluarga dan teman. Hal itu mereka lakukan sebagai bentuk penghormatan kepada Emilio Aguinaldo yang telah mendeklarasikan kemerdekaan Filipina dari penjajahan Spanyol.

6. Ukraina

perayaan kemerdekaan berbagai negara
Foto: slavorum.org

Hari kemerdekaan di Ukraina diperingati setiap tanggal 24 Agustus. Pada hari itu seluruh warga Ukraina berkumpul di tempat pusat budaya tepatnya di Jalan Lviv. Semua orang harus mengenakan pakaian tradisional Vyshyvanka, yaitu suku asli Ukraina. Setelah itu semua warga menuju festival folklore internasional yang akan menampilkan pertunjukan seni yang sudah menjadi agenda tahunan.

7. India

perayaan kemerdekaan berbagai negara
Foto: diawest.com

Hari kemerdekaan India diperingati setiap tanggal 15 Agustus, selisisih dua hari saja dengan Indonesia, Guys. Keunikan perayaan di India yaitu setiap warga diwajibkan mengibarkan layang-layang ke udara sebagai simbol kebebasan. Tidak heran, setiap memperingati hari kemerdekaannya, langit di kota India akan dipenuhi oleh layang-layang aneka warna.

Itulah beberapa tradisi perayaan kemerdekaan dari berbagai negara. Mana yang paling unik menurutmu, Guys?