Halo, Takaiters!

Dari zaman dahulu, Lebaran adalah momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh semua orang.  Hari istimewa ini selalu identik dengan dengan berbagai hal yang menyenangkan. Silaturahmi dan berbagai panganan khas lebaran menjadi sebuah tradisi yang begitu kental dan harus ada, serta dijalankan secara turun temurun.

Ternyata beragam tradisi Lebaran itu bukan hanya ada di Indonesia saja, Guys. Setiap negara memiliki kekhasannya sendiri. Namun, khusus di tanah air kita ada beberapa tradisi yang sangat melekat dan tidak pernah hilang ditelan masa. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak uraiannya.

1. Mudik

Ritual mudik
Foto: health.kompas.com

Mudik dan Lebaran adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Tradisi Lebaran yang satu ini telah ada sejak puluhan tahun lalu. Dan malah mungkin Indonesia adalah negara dengan masyarakat yang paling banyak melakukan mudik di dunia pada saat Lebaran. Mengapa? Luasnya wilayah negara kita membuat merantau menjadi hal yang akan memisahkan seseorang dengan keluarganya bertahun-tahun. Nah, Lebaran dianggap sebagai momen yang pas untuk kembali pulang ke kampung halaman. Itulah mengapa di tanah air kita, mudik menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu.

2. Halal Bi Halal

Foto: twitter.com

Halal Bi Halal adalah sebuah tradisi Lebaran di mana orang saling mengunjungi untuk merayakan Lebaran dan saling bermaaf-maafan, bersama keluarga besar atau yang lainnya yang dianggap penting. Tradisi ini sangat kuat melekat pada masyarakat Indonesia, sehingga meski saat ini banyak yang sudah menggunakan gadget untuk saling mengucapkan selamat lebaran, namun bagi sebagian besar orang Halal Bi Halal masih tetap menjadi hal wajib dan selalu menyenangkan untuk dilakukan.

3. Takbir Keliling

Foto: panjimas.com

Di masyarakat kita juga ada sebuah tradisi Lebaran yang unik lainnya, yaitu takbir keliling. Terlepas dari segala pro-kontra pendapat yang ada, namun pada momen ini akan terlihat bagaimana kebersamaan masyarakat terjaga dengan baik. Mereka akan turun ke jalan dan merayakannya di sana, baik itu menggunakan kendaraan ataupun sekedar berjalan kaki beramai-ramai.

4. Menabuh Beduk

Foto: republika.co.id

Perayaan Lebaran akan diawali dengan kumandang takbir. Dan kumandang takbir tak afdal jika tidak diiringi dengan tabuhan beduk, yang dapat menambah suasana haru dan gembira. Suara takbir dan beduk yang terdengar mulai dari malam takbiran hingga pagi di hari Lebaran, tentulah menjadi sepotong kenangan tak terlupa bagi semua masyarakat di tanah air.

5. Ketupat

filosofi ketupat lebaran
Foto: manaberita.com

Layaknya takbir dan bedug, maka Lebaran dan ketupat juga menjadi dua hal yang tidak terpisahkan. Panganan khas Lebaran ini biasanya akan disajikan bersama opor, rendang, semur, kerupuk udang dan beberapa jenis tambahan lainnya. Meski memiliki cara penyajian yang berbeda-beda pada tiap daerah di Indonesia, namun ketupat telah menjadi sebuah tradisi Lebaran yang tetap ada hingga saat ini.

6. Saling Berkirim Makanan

Foto: ernacatering.blogspot.com

Bagi masyarakat Sumatra, tradisi ini dinamakan hantaran. Namun ternyata, tradisi Lebaran ini juga dilakukan hampir semua masyarakat di wilayah Indonesia. Hal ini biasanya dilakukan kepada saudara, keluarga, tetangga, kerabat, atau bahkan mereka yang kurang beruntung jika dibandingkan dengan kita.

7. THR

Foto: liputan6.com

THR adalah kepanjangan dari Tunjangan Hari Raya (THR). THR ini biasanya berupa sejumlah uang yang diberikan oleh perusahaan kepada para karyawannya di Hari Raya, atau masyarakat kepada anak-anak yang berkeliling kampung dari satu rumah ke rumah yang lain. Tentu bagi sebagian besar kita, ini adalah sebuah kenangan yang sangat melekat. Betul nggak, Guys?

8. Baju Baru

Foto: passblue.com

Tradisi menggunakan baju baru ketika Lebaran, adalah sebuah simbol atau kebiasaan saja, tetapi hal ini identik dengan perayaan Lebaran, dan dijalankan oleh sebagian besar masyarakat kita. Itulah mengapa setiap menjelang Lebaran tiba, semua mall di tanah air akan penuh sesak dengan masyarakat yang akan berbelanja baju baru.

Ziarah ke Makam

Foto: datdut.com

Nyekar atau ziarah adalah hal wajib bagi sebagian besar masyarakat Indonesia di Hari Lebaran. Kegiatan ini biasanya dilakukan selepas shalat Idul Fitri, untuk mengunjungi pemakaman keluarga atau kerabat yang telah meninggal dunia.

10 Rekreasi

Foto: limakaki.com

Selain berbagai hal di atas, rekreasi juga merupakan kegiatan yang ditunggu pada saat perayaan Lebaran. Ya, mungkin karena di momen Lebaran ini kita dapat memiliki kesempatan untuk bepergian bersama anggota keluarga lainnya yang juga berkumpul bersama. Tentu momen berharga yang jarang terjadi ini akan menyenangkan untuk dilewatkan dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan, salah satunya rekreasi.

11. Petasan

Foto: palapanews.com

Tradisi ini sebenarnya dinilai berbahaya. Itulah mengapa secara resmi penggunaan petasan  dilarang oleh pemerintah. Namun, petasan di hari Lebaran telah menjadi sebuah tradisi yang sulit dihilangkan hingga saat ini.

Nah, itulah tadi 11 tradisi lebaran yang ada di Indonesia. Kalau kalian tradisi apa yang paling diingat?