Hai, Takaiter!

Tanggal 10 Desember diperingati sebagai hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia. Dan menurut KBBI hak asasi manusia adalah hak yang dilindungi secara internasional (yaitu deklarasi PBB Declaration of Human Rights) seperti hak untuk hidup, hak kemerdekaan, hak untuk memiliki

Di beberapa belahan dunia terdapat orang-orang yang mengabdikan dirinya, berjuang dengan sepenuh hati dan mengorbankan banyak hal untuk keadilan dan kemanusiaan.

Berikut ini lima tokoh hebat pejuang hak asasi manusia, Takaiters! Yuk, simak!

1. Mahatma Gandhi

Pejuang Hak Asasi Manusia
Foto: Times of India

Mahatma Gandhi lahir pada tanggal 2 Oktober 1869, di negara bagian Ponbandar, India. Terlahir dengan nama lengkap Mohandas Karamchand Ghandi. Saat usia 18 tahun Mahatma Ghandi untuk belajar ilmu hukum di Inggris.

Dalam memimpin perjuangan rakyat India Mahatma Gandhi tidak menggunakan kekerasan dan mengusung gerakan kemerdekaan melalui aksi demonstrasi damai. Mahatma Ghandi wafat pada tanggal 15 November 1949.

2. Bunda Teresa

Foto: Liputan6.com

Terlahir pada tanggal 26 Agustus 1910 di Skopje, Mekadonia Utara, dengan nama baptisnya Agnes Ghonxha Bojaxhiu.
Bunda Teresa selalu hidup dekat dengan rakyat miskin. Berkat jasanya dalam pengabdian terhadap orang miskin bunda Teresa banyak menerima penghargaan.

Penghargaan terakhir adalah hadiah Nobel perdamaian atas pengabdiannya membantu umat manusia. Bunda Teresa wafat pada tanggal 5 September 1997 di Kolkata, India

3. Nelson Mandela

pejuang hak asasi manusia di dunia
Foto: Channel4.com

Salah satu pejuang HAM pelawan apartheid adalah Nelson Mandela. Lahir pada tanggal 18 Juli 1918 di Mvezo Afrika Selatan. Berkat kegigihannya melawan apartheid ia menjadi presiden berkulit hitam pertama di Afrika Selatan yang dipilih langsung oleh rakyat dan penerima hadiah Nobel perdamaian tahun 1993

4. Martin Luther King Jr

pejuang hak asasi manusia di indonesia
Foto: Theatlantis.com

Martin Luther King adalah seorang pendeta, lahir pada tanggal 15 Januari 1929 di Atlanta, Georgia, A.S. Selain sebagai pendeta ia juga sebagai aktivis Amerika Serikat menjadi juru bicara dan memimpin gerakan hak sipil tahun 1954-1968. Pergerakan Martin Luther terinspirasi dari aktivis damai Mahatma Ghandi yaitu perjuangan tanpa kekerasan.
Penerima hadiah Nobel perdamaian tahun 1964 wafat pada tanggal 14 April 1968 di Memphis, Tennessee A.S.

5. Muhammad Ali

Tokoh Hebat Pejuang Hak Asasi Manusia
Foto: Bolasport.com

Muhammad Ali selain sebagai petinju dunia ia adalah aktivis hak asasi manusia. Tak lelah menyuarakan ‘Black Power’ yaitu perjuangan hak asasi rakyat Afrika Selatan menentang rasialis.

Pada saat ini hak asasi manusia belum sepenuhnya diterapkan di berbagai negara. Walaupun negara tersebut telah memiliki kemerdekaan. Kenyataan yang paling jelas pada saudara kita etnis Rohingya.

Nah, itulah tokoh pejuang Hak Asasi Manusia, Takaiters! Semoga hak asasi manusia dapat lebih diterapkan sesuai harkat hidup manusia yaitu hak untuk hidup, hak kemerdekaan, dan hak untuk memiliki.