Hai,  Takaiters!

Utang adalah pinjaman yang kita dapatkan dari seseorang hal ini dilakukan karena kita tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup sehingga untuk mencukupinya salah satu jalannya adalah dengan berutang.

Namun, adakalanya  kita dengan mudah mendapatkan pinjaman dari seseorang dan ada juga berkali-kali meminjam berkali pula kita mendapatkan penolakan. Hal ini mungkin karena karakter sebagian manusia yang mudah berutang, tetapi sangat sulit untuk membayarnya.

Kadang-kadang orang yang memberikan utang seperti ada beban untuk meminta, padahal sebenarnya orang berutanglah yang seharusnya ada beban pada saat ia tidak bisa melunasi kewajibannya.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar kamu mendapatkan pinjaman dengan mudah kepada seseorang.

Pada Saat Meminjam Perkirakan Waktu yang Tepat untuk Membayarnya

Foto: pexels.com

Kamu berhutang kepada seseorang karena ada keperluan yang saat mendesak, sebelum kamu meminjam maka haruslah memikirkan waktu yang tepat untuk membayarnya.  Waktu yang dipastikan kamu bisa membayar pada saat itu. Hal ini dilakukan untuk meyakinkan pihak yang akan memberikan pinjaman kepada kamu.

Bayarlah Sesuai Perjanjian atau Kesepakatan

Foto: pexels.com

Apabila waktu yang disepakati telah tiba maka segeralah untuk  membayarnya.  Jika belum   sempat menemui orang yang meminjamkan maka hubungi jam berapa kamu akan membayarnya agar tidak membuat gelisah orang yang telah memberikan membantu kamu.

Bawalah Buah Tangan

Foto: pexels.com

Pada saat kamu ingin membayar utang, jangan lupa membawa sesuatu yang akan diberikan kepada orang yang telah memberikan pinjaman kepada kamu sebagai buah tangan yang berguna sebagai ucapan terima kasih  kepada yang orang telah ikut meringankan beban kamu. Walaupun hanya sekadar makanan ringan ataupun buah segar. Buah tangan tidaklah harus mahal, semampu kamu saja.

Berjanjilah Kalau Tidak Bisa Membayarnya

Foto: pexels.com

Pada saat kamu berjanji, jika sudah sampai waktunya tetapi kamu memang benar-benar tidak bisa membayarnya, maka sebaiknya kamu menemui orang tersebut kembali dan mengatakan yang sebenarnya bahwa kamu belum bisa untuk membayarnya. Ingat jangan hubungi orang tersebut dengan alat komunikasi telepon ataupun melalui WhastApp karena itu bukanlah sesuatu yang sopan dan baik.

Jangan Tunda untuk Membayarnya Lagi

Foto: unsplash.com

Tips berikutnya, adalah apabila waktu yang kita janjikan untuk kedua kalinya  telah tiba,  maka segeralah untuk membayarnya jangan sampai kamu ditelepon oleh pihak yang telah meringankan bebanmu, jangan berjanji lagi untuk ketiga kalinya, hal ini membuat orang semakin tidak percaya kepada kamu. Jadi, kalau sudah tiba waktunya bayarlah dengan cara apa pun dengan syarat harus halal.

Jadilah Orang yang Memberikan Pinjaman

Foto: freepik.com

Mengapa poin yang keenam ini agak berbalik dengan judulnya? Karena apabila kamu pernah membantu orang lain dengan cara memberikan pinjaman, maka pada saat kamu butuh bantuan orang lain, mereka juga mau membantu kamu. Walaupun bantuan tersebut bukan berasal dari orang yang langsung kamu bantu, bisa melalui tangan orang yang lain.

Selamat mencoba semoga berhasil!