Hai, Takaiters!

Apakah Takaiters hobi dengan aktifitas Traveling ? Biasanya kemana ?

Saat ini Traveling menjadi salah satu kegiatan yang banyak digemari oleh Masyarakat. Rutinitas dan kesibukan sehari- hari yang padat membuat setiap orang kadang merasa bosan dan jenuh. Sehingga tidak jarang setiap akhir pekan atau bahkan hari libur mereka sudah mempersiapkan agenda jalan- jalan untuk melepas penat, bahkan sejak jauh hari sebelumnya.

Tetapi rupanya masih banyak orang yang terkadang ribet dengan persiapan liburan mereka. Mulai dari banyaknya barang bawaan yang tidak perlu untuk dibawa hingga kesulitan menjalani liburan saat mengawali kejadian- kejadian tak terduga. Sehingga selesai berlibur malah merasa semakin lelah.

Berikut ini ada beberapa Tips untuk Traveling bagi Takaiters yang hobi Traveling. Tips ini mungkin akan berguna untuk mensiasati beberapa keribetan yang terjadi ketika dan saat sedang traveling di suatu tempat.

1. Menduplikasi Dokumen Penting

Tips Traveling sendiri
Foto : dnaindia.com

Sebelum melakukan perjalanan atau liburan ke luar wilayah, Takaiters sebaiknya melakukan duplikasi dokumen terlebih dahulu. Misalnya seperti Fotocopy tanda pengenal atau Dokumen perjalanan seperti Tiket, dll.

Hal ini dimaksudkan untuk mencegah beberapa hal yang menimpa kita di jalan seperti kehilangan barang- barang atau jika terjadi kerusakan dokumen.

Selain itu menduplikasi dokumen juga berguna saat kita ingin membuktikan validasi data yang hilang atau klaim sesuatu yang memang membutuhkan data dari dokumen tersebut. Apalagi banyak kasus penyalahgunaan data pribadi kerap terjadi dan agar semuanya aman kita harus segera menghubungi pihak- pihak terkait yang memang berwenang dalam memproses dokumen milik kita.

2. Mapping

tips traveling bareng pacar
Foto : wallpapersafari.com

Mapping atau pemetaan juga menjadi salah satu hal yang penting sebelum kita melakukan perjalanan. Kadang kita terlalu cuek karena merasa semua akomodasi perjalanan sudah dipersiapkan oleh pihak ketiga.

Namun tidak ada salahnya jika kita mencoba mengenal tempat yang kita kunjungi atau setidaknya memahami informasi- informasi penting seperti penginapan murah disekitar tempat traveling, Pos keamanan terdekat, Halte, Kamar mandi umum atau tempat ibadah.

Selain itu melakukan pemetaan juga bermanfaat untuk efektivitas waktu. Karena setidaknya kita sudah memahami sebagian kecil letak dan tempat yang akan kita kunjungi. Selain itu Mapping sebelum melakukan perjalanan juga akan membuat kita sedikit terbantu dengan letak dan denah lokasi.

Apalagi jika tempat yang kita kunjungi adalah tempat- tempat khusus seperti pegunungan yang memang jarang ada penduduk. Terlebih kadang perangkat digital seperti aplikasi Map atau sinyal ponsel tidak tersedia disana. Bila perlu catat hal- hal kecil yang memang dibutuhkan selama melakukan pemetaan.

3. Mode Penyamaran Browser

tips traveling murah
Foto : teknoreview.net

Mungkin jarang ada yang mengetahui seberapa bermanfaatnya mengaktifkan mode penyamaran dalam browser. Terutama saat ingin melihat- lihat harga tiket perjalanan, Hotel atau sesuatu yang berhubungan dengan Traveling.

Mengapa ? Sebab beberapa situs- situs penyedia jasa kadang mampu membaca history pencarian kita. Memang tidak berbahaya tetapi dampaknya adalah kita bisa mendapatkan harga- harga yang berbeda pada saat akan memesan tiket, dll. Bahkan cenderung lebih mahal dari biasanya. Aktifitas ini biasanya terjadi pada saat musim liburan atau di beberapa lokasi yang memang ramai pengunjung.

Tindakan ini disebut dengan Dynamic Pricing atau pemberian harga yang berbeda- beda selama rentang waktu penjualan. Kadang kita sudah mempersiapkan dan menghitung dana pengeluaran untuk tiket, booking hotel, dll. Tetapi menuju hari H secara tiba- tiba harganya berbeda. Akan sangat disayangkan jika kendala seperti itu muncul saat kita sudah mempersiapkan pemberangkatan.

4. Hafal Kontak Keluarga atau Kawan Dekat

tips traveling hemat
Foto : theabroadguide.com

Ini mungkin menjadi salah satu hal yang dianggap konyol. Tetapi percayalah ketika kita menghadapi kekacauan saat sedang traveling, menghubungi orang yang kita kenal amat sangat penting. Selain itu menghafal kontak orang terdekat yang mudah dihubungi akan memiliki beberapa manfaat seperti membantu memblokir akses dari data- data kita yang hilang atau mencari bantuan.

Jika kita berada ditempat yang jauh dari jangkauan sinyal interlokal atau tidak memungkinkan menerima sumber arus listrik pada saat ponsel kita mati, maka mengetahui cara untuk menjangkau orang terdekat merupakan hal yang paling bermanfaat.

5. Paham Budaya Setempat

Foto : adventuretravelnews.com

Banyak sekali masyarakat yang melakukan perjalanan ke suatu daerah kadang sama sekali tidak memahami budaya setempat. Pernah mendengar berita tentang orang yang sembarangan masuk ke rumah ibadah ? atau orang yang berfoto di tempat- tempat bersejarah yang dilarang ?

Memahami budaya dan kebiasaan- kebiasaan kecil dari tempat yang akan kita kunjungi bisa memberi manfaat bagi kita sebagai orang luar. Bukan hanya membuat kita mudah membaur dan menyesuaikan pola komunikasi, tetapi juga berguna saat kita membutuhkan bantuan- bantuan penting pada saat itu.

Biasanya warga masyarakat daerah lokal pun akan lebih senang memberi bantuan pada orang- orang yang berusaha untuk memahami budaya mereka dan dapat menyesuaikan.

Itulah tadi beberapa tips traveling sebelum Takaiters menyiapkan liburan ke suatu tempat. Persiapan yang matang bukan hanya untuk kenyamanan fisik secara pribadi, tetapi juga untuk memudahkan dalam penyesuaian ketika mengunjungi tempat baru.