Tips Sehat Pasca Hari Raya Kurban, Kamu Wajib Tahu, Takaiters!

Hai, Takaiters!

Hari Raya Kurban sudah lewat. Namun penyembelihan hewan qurban masih berlangsung sampai tiga hari setelahnya. Sehingga hidangan daging kurban masih bisa kamu temui pasca lebaran.

Tapi, perlu kita sadari bahwa seringkali kita tidak mengontrol hidangan daging kurban yang masuk ke dalam mulut kita. Padahal makan hidangan daging secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Seperti masalah pencernaan, panas dalam, dan lain sebagainya.

Alih-alih menikmati moment lebaran dengan gembira, tubuhmu malah tidak vit karena kesehatanmu terganggu.

Maka dari itu kamu harus coba tips sehat pasca hari raya kurban. Yuk Simak, Takaiters!

1. Makan Secukupnya

tips sehat pasca hari raya
Foto: astralife.co.id

Hidangan daging kurban memang menggoda. Niat hati makan secukupnya tapi seringkali kita kebablasan, makan sebanyak-banyaknya.

Jika hal ini dibiarkan begitu saja, kamu akan mengalami gangguan kesehatan dalam jangka pendek atau panjang. Mulai dari panas dalam, peruy terasa tidak enak bahkan sampai kolesterol.

Jadi nikmati hidangan kurban dengan porsi yang tepat. Agar kesehatan tetap terjaga dan aktivitas pasca lebaran tetap berjalan.

2. Tetap Konsumsi Buah dan Sayur

tips agar sehat pasca hari raya
Foto: hallosehat.com

Biasanya orang-orang malas memasak ketika lebaran idul adha, apalagi jika hidangan daging kurban masih tersedia. Akhirnya sayur seringkali alpa di meja makan. Padahal sayur penting untuk mengimbangi makanan yang masuk kedalam perut kita.

Adapun alternatif lain jika sayuran tidak ada adalah mengonsumsi buah-buahan. Yang demikian itu mampu memgatasi efek samping memgonsumsi daging seperti panas dalam dan masalah pencernaan. Hayuk, jangan dagingnya aja yang suka, buah dan sayurnya juga, Takaiters.

3. Minum Air Hangat

tips jaga kesehatan pasca hari raya
Foto: busnessguidearic.com

Minum hangat dipercaya baik bagi pencernaan yang berhadapan dengan hidangan berkolestetol. Sehingga membantu sistem percernaan yang terganggu termasuk karena banyak mengonsumsi daging. Yuk, rajin minum air hangat.

4. Gerak Fisik atau Olahraga

Foto: kumparan.com

Hidangan daging kurban terkadang banyak mengandung lemak. Maka sangat dianjurkan bagi kita untuk tetap melakukan gerak fisik atau olahraga.

Tidak harus yang berat-berat. Berjalan keliling komplek atau sekedar melakukan peregangan di pagi hari juga bisa. Selain membuat badan semakin sehat lemak-lemak jahat diharapkan akan pergi.

5. Makan Selambat-lambatnya 3 Jam Sebelum Tidur

tips tetap sehat pasca hari raya
Foto: m.ayosemarang.com

Setelah mengonsumsi hidangan daging kurban hendaknya kamu tidak langsung tidur. Tujuannya tidak lain agar daging-daging tersebut bisa dicerna dulu olleh tubuh.

Karena apabila kamu langsung tidur maka lemak-lemak yang ada pada daging tidak dapat dicerna dengan baik. Sehingga akan menumpuk dan akan membawa masalah kesehatan untukmu.

Maka dari itu kamu perlu mengontrol jam makanmu dari sekarang. Biar perut kenyang tubuh tetap sehat.

Nah, itu dia tips sehat pasca hari raya kurban yang wajib kamu tahu dan kamu jalankan. Selamat mencoba. Mari jadikan hari raya kurbanmu tetap ceria tanpa permasalahan kesehatan.