Halo, Takaiters!

Memulai pembicaraan dengan orang asing memang tak mudah. Terkadang kita bingung mempertimbangkan sebuah topik apa yang sekiranya menarik untuk dibahas. Karena malas basa-basi, akhirnya malah tak jadi memulai obrolan.

Jangan salah, memulai obrolan dengan orang baru ini juga penting. Siapa tahu dia bisa menjadi teman baikmu atau memberikan informasi yang sekiranya kamu perlukan.

Sebenarnya, kamu bisa memulai dengan  membicarakan topik yang lebih  mendalam, tidak hanya dengan basa-basi kok. Lawan bicaramu pasti juga mau membuka diri jika kamu lebih dahulu welcome.

Nah jika merasa bingung, berikut tips menjalin obrolan dengan orang baru kenal. Simak yuk, Takaiters!

  1. Memberikan Komentar Apa yang Dia Kerjakan

Foto: Pexels.com

Kadang kala bertemu orang baru akan terasa sangat canggung. Untuk menghindari momen seperti itu, kamu bisa memulai percakapan dengan mengomentari apa yang dia kerjakan.

Misalnya jika saat itu dia menunggu pesanan di tempat makan komentari “Mbak/Mas biasa beli makanan di sini juga? Biasa pesan apa nih?” Dari percakapan sederhana  itu, kamu bisa membuka topik obrolan yang lebih luas lagi.

Selain itu,  kamu juga bisa membicarakan tentang sesuatu yang kalian rasakan. Misalnya suasa tempat  yang kalian kunjungi apakah sepi, ramai, terasa nyaman, atau malah menjenuhkan.

Membicarakan bagaimana  cuaca hari ini dan sebagainya. Jika tertarik, dia akan memberikan tanggapan yang baik atau malah menceritakan banyak hal tentang dirinya.

  1. Bersikap Apa Adanya

tips menjalin obrolan dengan orang baru
Foto: Pexels.com

Seperti yang telah dibahas diawal, bersikap apa adanya sangat penting agar lawan bicara mau membuka diri. Jadi ya jangan terlalu mengumbar prestasi atau kemampuan. Tak perlu menunjukkan berapa banyak unit mobil, atau pamer pekerjaan hebat yang kamu jalani. Hal ini bukanya membuat orang lain terkesan, tapi malah  ilfeel atau bahkan tak percaya.

Lebih baik jujur  mengenai kekurangan dan hal-hal yang tidak dikuasai. Misalnya ketika lawan bicaramu cerita jika Ia rajin bersedekah, jujur saja jika kamu belum mampu melakukannya. Atau jika saat ini kamu masih bingung mencari pekerjaan yang bagus, jujur saja akan keresahanmu.

Respon seperti ini akan membuat lawan bicara lebih mudah  percaya serta bersikap lebih terbuka. Tak menutup kemungkinan, dia juga akan memberikan tips agar bisa ikhlas bersedekah, atau menawari lowongan pekerjaan.

  1. Membicarakan Kabar Terkini

tips menjalin hubungan
Foto: Pexels.com

Jika kamu merasa bingung mau membahas topik apa  ketika bertemu dengan orang baru, paling gampang ya membicarakan hal umum seperti kabar terkini. Kamu bisa membahas kabar tentang apapun misalnya yang lagi ramai yaitu Vaksinasi Covid, pemberlakukan PPKM Darurat, dan sebagainya.

Dalam hal ini jangan membicarakan topik yang berbau SARA, politik, atau bentuk ketidaksukaan lainnya. Pasalnya kamu belum tahu karakteristik lawan bicaramu, kan? Jika tidak setuju, bisa jadi dia akan menganggap kamu berlebihan atau malah malas berbicara denganmu.

  1. Tanyakan Tentang Diri Mereka

tips komunikasi dengan pasangan
Foto: Pexels.com

Menjalin obrolan dengan orang baru biasanya  lebih etis jika membicarakan tentang tentang diri sendiri. Kamu bisa menanyakan apa pekerjaanya, apakah sudah berkeluarga atau belum, serta bertanya tentang tempat tinggalnya.

Ketika dia menyebut jenis pekerjaan tertentu, tanyakan saja mengapa dia menyukai pekerjaan tersebut, seberapa jauh jaraknya dari rumah dan sebagainya.

Itulah diatas tips menjalin obrolan dengan orang baru kenal. Pastikan untuk selalu bersikap responsif dan santai ya saat  melakukan percakapan.

Jagalah sikap dengan baik, siapa tahu orang yang kamu temui tersebut menjadi bagian penting dalam hidupmu. Semoga bermanfaat.