Hai, Takaiters!

Apakah Takaiters adalah seseorang yang rajin melakukan olahraga ?

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang kerap menjadi rutinitas penting dalam keseharian masyarakat. Bahkan ditengah sibuknya pekerjaan, beberapa orang masih menyempatkan untuk berolahraga.

Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, olahraga menjadi salah satu kegiatan untuk menjaga kebugaran serta kebiasaan otot-otot agar tidak kaku. Bahkan ada juga yang mengkhususkan kegiatan ini sebagai pengganti liburan karena waktu yang tidak banyak seperti dengan bermain bulu tangkis, futsal, pergi ke gym, dll.

Namun setiap kali selesai berolahraga pastinya seseorang akan merasakan lelah, pegal- pegal atau kondisi badan yang lemas. Untuk itu ada beberapa hal yang bisa dilakukan guna memulihkan kembali kondisi tubuh setelah berolahraga. Tips ini sangat cocok untuk mereka yang memang tidak punya waktu banyak untuk beristirahat.

Yuks, simak tips memulihkan tubuh pasca olahraga, Takaiters!

1. Meminum Kopi

Tips Memulihkan Tubuh pasca olahraga
Foto: klikdokter.com

Bagi para pecinta kopi atau Takaiters yang memang sudah terbiasa mengkonsumsi kopi tentunya tidak akan menjadi pantangan berarti jika setelah berolahraga kalian mengkonsumsi segelas kopi hitam. Dalam Journal of Strenght Conditioning and Research pada tahun 2013 pernah dilakukan penelitian tentang kopi yang ternyata dapat memulihkan tenaga secara lebih cepat pasca berolahraga.

Selain itu kita juga bisa mendapatkan manfaat lainnya seperti manfaat pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh hingga 11%. Jadi segelas Kopi sangat cocok menemani waktu beristirahat setelah berolahraga.

2. Pijat

Cara Memulihkan Tubuh pasca olahraga
Foto: klikdokter.com

Pasca berolahraga tidak hanya tubuh yang merasa lelah, tetapi juga otot- otot dalam tubuh perlu direggangkan dan dipulihkan. Salah satu cara tercepat untuk itu adalah dengan melakukan pemijatan. Banyak sekali jasa- jasa pijat untuk merenggangkan otot terutama di kota besar yang memang masyarakatnya sangat sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk beristirahat secara cukup.

Pijat juga mampu memperlancar aliran darah dan membuat tubuh menjadi rileks atau tidak tegang. Hal itu jelas berpengaruh juga kepada pikiran kita menjadi lebih positif dan mampu bekerja lebih optimal. Jadi melakukan pijat pasca berolahraga tidak hanya bermanfaat dari sisi kebugaran fisik tetapi juga pikiran.

3. Mandi Air Dingin

cara memulihkan stamina setelah berolahraga
Foto: klikpositif.com

Kondisi tubuh yang panas dan tentunya lelah pasti membuat Takaiters lemas dan menjadi tidak bersemangat dalam menjalankan aktifitas. Nah, mandi air dingin rupanya sangat berguna untuk pemulihan tubuh.

Pada saat kita mandi air dingin setelah selesai berolahraga, Dalma dalam tubuh akan lebih cepat dikeluarkan. Sebab itu mandi air dingin juga bisa membuka ruang pembuluh darah menjadi lebih lebar.

Bahkan beberapa atlit pun kerap melakukan pijat es dan terapi kontras yaitu secara bergantian membasuh tubuh dengan air hangat dan air dingin.

4. Peregangan

cara memulihkan tenaga setelah olahraga
Foto: sfidn.com

Salah satu yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang setelah berolahraga adalah melakukan peregangan. Banyak orang atau mungkin juga Takaiters sendiri mungkin hanya melakukan peregangan satu kali, yaitu sebelum berolahraga.

Padahal melakukan peregangan pasca berolahraga juga sangat penting karena bisa melemaskan kembali otot- otot yang kaku, sehingga menjadi lebih elastis dan mampu pulih dengan cepat.

5. Makan dan Minum

cara mengembalikan stamina setelah olahraga
Foto: marketer.com

Setelah berolahraga tentunya cairan dalam tubuh akan berkurang drastis, hal itu bisa saja menghambat pemulihan karena kebutuhan cairan dalam tubuh yang lebih tinggi tidak tercukupi dengan baik. Beberapa ahli menyarankan untuk seseorang yang telah selesai berolahraga untuk minum air putih lebih banyak tetapi tidak harus berlebihan, Takaiters.

Selain air minum, asupan makanan yang masuk dalam tubuh juga harus lebih diperhatikan. Terutama untuk makanan yang mengandung nutrisi dan berpengaruh langsung pada peningkatan energi dalam tubuh.

Sehingga pasca berolahraga sama sekali tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi. Hal itu dikhawatirkan akan menghambat pemulihan tubuh dan membuat kita semakin lemas.

Jadi, Takaiters bisa coba tips memulihkan tubuh pasca olahraga diatas ya!