Hai, Takaiters!

Halodoc bekerja sama dengan beberapa rumah sakit guna membantu program pemerintahan dalam pelaksanaan cek virus corona secara menyeluruh. Pengguna aplikasi ini dapat membuat janji dengan dokter untuk rapid test dan tes Polymerase Chain Reaction (CPR) atau swab tes Covid-19.

Kerjasama ini memudahkan masyarakat dalam memesan tes Covid-19 dan layanan kesehatan lainnya. Pemesanan secara online ini sudah dapat digunakan sejak 20 April 2020. Perluasan tes sendiri dilakukan untuk mempercepat penangan virus corona. Sehingga, pengidap dapat segera dipetakan dan diisolasi untuk meminimalisir penyebaran.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Janji Tes Covid-19

  1. Ketahui Kategori Seseorang Harus Mengikuti Tes Covid-19

Tidak semua orang wajib menjalankan cek virus Corona. Ada beberapa kategori orang yang diharuskan melakukan tes. Pertama, Orang Tanpa Gejala (OTG) adalah masyarakat yang tidak menunjukkan gejala Covid-19, tapi pernah berinteraksi dengan penderita positif corona.

Kedua, Orang dalam Pemantauan (ODP) adalah masyarakat yang menunjukkan gejala demam di atas 38 derajat. Disertai munculnya gejala flu, batuk, dan sakit tenggorokan. Status ini juga ditetapkan kepada masyarakat yang tinggal di daerah zona merah virus corona.

Ketiga, Pasien dalam Pengawasan (PDP) adalah masyarakat mengalami demam setelah berinteraksi dengan pasien positif corona, atau masyarakat yang menunjukkan tanda adanya gangguan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

  1. Cara Membuat Janji Menggunakan Aplikasi

Janji tes Covid-19 dapat dilakukan melalui aplikasi Halodoc, pastikan aplikasi sudah di-update versi terbaru. Buka aplikasi, pada halaman awal akan muncul menu Tes Covid-19. Klik menu tersebut, lalu pilih Fasilitas Tes. Kemudian pengguna dapat memilih jenis tes, yaitu Rapid atau PCR. Terakhir, tentukan jadwal kunjungan.

Pengguna harus melengkapi identitas diri, serta mengunggah foto Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). Segera lakukan pembayaran, tunggu laporan pendaftaran berhasil dan konfirmasi jadwal dikirim melalui SMS pada nomor telepon yang didaftarkan. Pengguna juga dapat memilih lokasi rumah sakit yang diinginkan.

  1. Pahami Tentang Rapid Tes

Rapid Test bertujuan mendeteksi adanya antibodi IgM dan IgG dalam darah. Kedua antibodi ini bertugas melawan virus penyebab Covid-19. Ketika terpapar virus Corona, secara alami antibodi ini diproduksi oleh tubuh. Apabila hasil tes positif, terdapat beberapa kemungkinan yang terjadi.

Pasien sedang terinfeksi virus penyebab Covid-19, seperti Sars-CoV-2 yang menyebabkan daya tahan tubuh melemah, sudah lama terinfeksi Sars-CoV-2 dan imunitas tubuh sedang berjuang melawannya, pernah terinfeksi virus Sars-CoV-2 dan tubuh berhasil melawannya, atau terinfeksi virus lain yang masih dalam keluarga Corona.

  1. Pahami Tentang Tes CPR

Pada tes ini, pasien harus melakukan pemeriksaan swab, yaitu pengambilan spesimen lendir dari hidung atau tenggorokan menggunakan alat menyerupai cotton bud. Tes ini hanya boleh dilakukan oleh tenaga medis yang profesional. Masyarakat tidak disarankan mencoba tes ini sendiri di rumah.

Tes ini dianggap sebagai patokan diagnosis yang lebih akurat, hal ini karena virus corona cenderung menempel atau masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan. Pengambilan sampel spesimen lendir ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 detik, dan tidak menimbulkan rasa sakit.

  1. Tindakan yang Harus Dilakukan Setelah Hasilnya Keluar

Ketika mendapati hasil tes negatif, masyarakat yang sebelumnya melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 harus melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Setelah dua minggu, lakukan tes lagi untuk memastikan tubuh benar-benar terbebas dari paparan Coronavirus.

Apabila hasil tes positif, pasien yang tidak menunjukkan gejala dapat melakukan isolasi mandiri. Jika menunjukkan gejala Covid-19, lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendapatkan penanganan dari rumah sakit yang ditunjuk pemerintah. Jangan panik, bila perlu hubungi dokter pada aplikasi Halodoc untuk konsultasi.

Itulah beberapa hal yang dan tips yang perlu diketahui sebelum melakukan cek virus corona dan membuat janji dengan dokter. Untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan dan penanganan Covid-19, sangat disarankan menginstal aplikasi Halodoc.