Pendidikan tinggi merupakan jalan untuk seseorang sampai pada kepribadian yang lebih matang secara akademik. Untuk sampai pada kematangan tersebut diperlukan perjalanan berliku sebagai bentuk usaha melewati prosesnya. Nah, pada 11 Maret 2017, Tim Takaitu memenuhi undangan Seminar Motivasi bagaimana menyelesaikan studi tepat pada waktunya, dengan dijelaskannya berbagai tips secara detail oleh narasumber dalam seminar tersebut.

Prof. Madya DR. Nangkula Utaberta salah seorang dosen di Universitas Putera Malaysia asal Jakarta yang menjadi narasumber dalam kesempatan tersebut mengaku selesaikan S3 dalam waktu dua tahun dan Master 6 semester.

Katanya, ketika seseorang mengambil keputusan untuk melanjutkan pendidikan tinggi tentunya akan berusaha mengatur waktunya agar dapat menyelesaikan pendidikannya dengan tepat waktu dengan berbagai cara. Karena kehidupan yang sebenarnya adalah ketika anda menyelesaikan studi di perguruan tinggi.

Mau tau apa-apa saja tips lulus kuliah tepat waktu ala Prof. Nangkula? check this out!

Mulailah dengan sebuah rencana yang jelas

tips kuliah tepat waktu
Memulai dengan rencana yang jelas (Foto : pexels.com)

Ketika berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi rahasianya adalah sebelum mendaftar pastikan anda sudah jelas dengan jurusan yang akan ada pilih. Seterusnya pastikan perencanaan yang jelas selama pendidikan tersebut dijalani. Dengan demikian anda akan mempersiapkan materi yang anda pilih untuk research.

PILIHAN EDITOR

Buat topik yang tepat dan cari pembimbing yang kooperatif

tips kuliah tepat waktu
Buat topik/judul yang jelas dan tentukan pembimbing yang kooperatif (Foto : pexels.com)

Setelah merencanakan pendidikan yang matang, pastikan memilih pembimbing yang tepat dengan dedikasi dan koordinasi yang baik. Apabila kita memilih pembimbing yang tepat, maka akan memudahkan kita dalam proses koordinasi dan komunikasi pun lebih bagus. Penentuan judul topik tugas akhir, skripsi, atau thesis harus yang kita suka dan menarik pembimbing kita.

Pandai mengatur waktu dan aktif dalam masa studi

tips kuliah tepat waktu
Pandai mengatur waktu dan aktif selama studi (Foto : pexels.com)

Pandai mengatur waktu dan aktif dalam masa studi. Saat kuliah pastikan untuk mengatur waktu dengan baik tanpa mengurangi aktifitas lain diluar masa studi. Dengan demikian akan melatih diri kita untuk terbiasa menyelesaikan tugas kuliah tepat waktu meskipun banyak tanggungjawab lain diluar jam kuliah.

Nah, jika tips diatas sudah dibaca maka mulailah merencanakan studi kamu dan pastikan rayakan kelulusan dengan tepat waktu bersama orang-orang tersayang. Selanjutnya mulailah dunia baru menjadi pribadi yang bermanfaat dengan ilmu yang anda miliki .