Foto: tribunnews.com

Tips Berjemur di bawah Sinar Matahari Mengandung Vitamin

Hai, Takaiters!

Masa pandemi membawa kebiasaan baru, yakni mengajarkan seluruh manusia di bumi untuk rajin berjemur di pagi hari. Seperti yang kita tahu bahwa cahaya matahari di pagi hari mengandung vitamin D.

Dimana vitamin ini sangat dibutuhkan tubuh sebagai usaha pencegahan dari virus corona. Padahal cahaya matahari bukan hanya berperan mengubah provitamin D menjadi vitamin D saja. Namun masih banyak sekali manfaat lainnya.

Sehingga aktifitas ini memang penting untuk dilakukan baik sebelum masa pendemi, ketika masa pendemi  seperti saat ini maupun sudah berakhir kelak.

Manfaat berjemur di pagi hari

sinar matahari mengandung vitamin d
Foto: kompas.com

Menurut Dr. James DiNicolantonio Siim Land di kutip dari akun instagram dr. Zaidul Akbar, fungsi lain dari sinar matahari mengandung vitamin D adalah mengaktifasi beberapa hormon yang penting dalam tubuh manusia.

Seperti hormon endorfin, melatonin dan serotonin. Selain itu juga mampu mengaktifasi terbentuknya antioksidan, otofagi, apoptosis dan lain sabagainya.

Karena sinar matahari mampu menghasilkan beberapa hormon seperti yang sudah di sebutkan, oleh sebab itu efek mendapatkan cahaya matahari yang cukup mampu memperbaiki mood, meningkatkan energi dan memudahkan seseorang untuk tidur lebih baik.

Selain pemaparan di atas, nikmat Tuhan satu ini begitu besar pengaruhnya bagi mahluk yang hidup di bumi. Coba kita lihat berapa banyak tanaman bisa tumbuh subur karena mampu berfotosintesis.

Dari sebuah sinar tanaman – tanaman tersebut mampu memasak makanan sendiri. Lalu tumbuhan itu menghasilkan oksigen dan oksigen ini juga baik untuk pernafasan mahluk lain seperti manusia dan juga hewan.

Tips berjemur di bawah sinar matahari

 sinar matahari mengandung vitamin jam berapa
Foto: tokopedia.com

Meskipun banyak manfaat dari berjemur di bawah sinar matahari, kita perlu mengingat bahwa terlalu lama durasinya juga tidak baik. Namun menurut WHO waktu yang baik untuk berjemur adalah mulai pukul 08.00 sampai 10.00 pagi. Durasinya antara 15 – 20 menit.

Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet atau UV. Sehingga, kita perlu mengoleskan lotion yang mengandung sun protection agar kulit terlindungi dan tidak terbakar oleh UV. Bahkan terlalu lama berjemur akan memicu kanker kulit.

Jika kalian tidak memiliki lotion sun protection, alternatif lainnya kalian bisa menggunakan  minyak zaitun. Alasannya agar kulit tetap terhidrasi dan terjaga kelembababannya. Mengingat berjemur di bawah terik matahari akan mengurangi kadar air dalam kulit kita.

Oleh karenanya, kulit akan mudah bersisik, kering dan mudah pecah-pecah. Tentu kita tidak ingin kondisi kulit bermasalah bukan? Sebaiknya sebelum berjemur kita oleskan lotion atau minyak zaitun ini di kulit yang terpapar matahari langsung.

Bagaimana masih mau malas untuk berjemur di pagi hari? Padahal begitu banyak manfaat yang akan di dapatkan ketika badan kita memeroleh sinar atau cahaya yang cukup setiap hari. selain itu sinar matahari masih kita dapatkan secara gratis. Maka sebaik mungkin kita manfaatkan nikmat Tuhan ini.