Hai Takaiters!

Di saat pandemi COVID-19 masih mewabah, segala aktivitas warga dibatasi. Warga diminta untuk lebih banyak berdiam dalam rumah. Diingatkan selalu jaga jarak, minimal dua meter saat berinteraksi orang lain. Rutin berolahraga. Konsumsi makanan yang bergizi, banyak minum air putih dan cukup istirahat dan yang tidak kalah penting, wajib pakai masker ketika terpaksa harus keluar rumah.

Nah, aktivitas keluar rumah yang biasanya terpaksa dilakukan di masa pandemi COVID-19 ini adalah belanja makanan. Ya, ada masyarakat yang sudah stok makanan untuk beberapa hari. Namun, kadang ketika stok makanan habis, warga terpaksa harus keluar rumah. Warga juga diingatkan wajib pakai masker jika keluar rumah.

Berikut beberapa tips belanja daging baik itu daging sapi, ikan atau ayam agar mendapatkan daging yang segar karena daging yang segar penting sekali dikonsumsi. Jangan sampai, karena tak tahu, kita saat berbelanja justru mendapatkan daging yang sudah tidak segar. Sebab, daging yang sudah tak segar lagi, kualitasnya juga menurun. Tak baik untuk dikonsumsi.

Kenapa kita harus tahu membedakan daging yang segar dengan yang tidak segar? Sebab acapkali para pemasok daging suka gunakan bahan-bahan berbahaya untuk mengawetkan daging. Bahan-bahan pengawet itu akan mengurangi kandungan protein hewani dalam daging. Oleh karena itu, kita harus selektif dalam memilih daging. Berikut tips atau kiat yang dapat kamu lakukan untuk memilih daging yang segar.

Kiat Memilih Daging Sapi Segar

Foto: Pixabay.com

Saat belaja atau daging sapi, pilinlah potongan daging yang rendah lemak. Cara pilihnya, cari daging dengan warna yang lebih merah. Jangan pilih daging yang berwarna putih atau lebih pucat karena daging dengan warna seperti itu umumnya memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi.

Sangat penting juga, saat beli daging untuk melihat dan meneliti warna daging. Jika warna daging yang dijual sudah agak keabuan atau membiru jangan beli. Sebab, daging seperti itu menandakan daging sudah tidak segar lagi.

Kiat Memilih Daging Ayam Segar

Foto: Pixabay.com

Begitu juga saat beli daging ayam. Disarankan untuk memilih bagian dada. Karena bagian ini yang mengandung protein lebih tinggi. Lemaknya pun lemak lebih rendah daripada bagian paha.

Jangan lupa, jika sudah beli dan hendak memasaknya, buang kulit dan lemak-lemak yang berwarna putih. Lalu bagaimana cara memilih daging yang segar? Pilihlah daging ayam yang tidak berbau, dengan warna merah muda yang mencolok baik di daging maupun kulitnya. Jika mendapati kulit daging ayam sudah terlihat berwarna agak kuning serta permukaannya berlendir jangan beli. Karena daging ayam tersebut sudah tidak segar.

Kiat Memilih lkan Segar

Foto: Pixabay.com

Memilih dan membeli ikan juga ada kiatnya tersendiri. Jika kamu beli ikan, cari dan pilihlah ikan dengan bola mata yang masih bening dan insang yang pucat serta tidak berbau amis menyengat. Karena ikan yang seperti itu menunjukan ikan tersebut masih dalam keadaan segar.

Nah, jika membeli ikan yang sudah dipotong, pilihlah jenis tuna, salmon atau tengiri (mackerel) yang permukaannya tidak berlendir dengan warna daging yang merata. Semoga kiat memilih daging sapi, ayam, dan ikan ini bermanfaat.