tips berwisata di masa pandemi covid19
Foto: detik.com

Tips Aman Berwisata di Masa Pandemi Covid-19. Simak, Yuk!

 

Hai, Takaiters!

Pergi berlibur memang sangat menyenangkan karena dapat me-refresh jiwa dan raga, tetapi kamu harus tahu tips aman wisata masa pandemi. Hal ini sangat penting agar kamu dan keluarga tetap terjaga kesehatannya setelah pulang berwisata.

Wisata saat ini tidak sama seperti sebelum ada wabah yang telah mendunia. Oleh karena itu, kamu harus menyesuaikan diri dengan keadaan sehingga harus memerhatikan banyak hal.

Yuks, simak tips aman berwisata di masa pandemi berikut ini, Takaiters!

1. Membawa Kendaraan Pribadi

tips berwisata di masa pandemi covid19
Foto: detik.com

Kamu bebas berwisata menggunakan kendaraan umum sebelum adanya covid-19. Namun membawa kendaraan sendiri untuk berwisata merupakan sebuah keharusan di tengah wabah ini baik kendaraan roda empat atau roda dua. Kamu juga dapat menggunakan rent car  yang sudah disterilkan terlebih dahulu.

2. Membawa Peralatan Prokes

Nah ini sangat essential sekali, ya Takaiters! Jangan lupa untuk membawa masker cadangan secukupnya dan hand sanitizer.

Manfaat utama masker untuk mencegah droplet tidak menempel di tempat umum, virus tidak terhirup secara langsung, dan mencegah virus menempel di area mulut. Sedangkan hand sanitizer untuk membunuh virus bila ada yang menempel di tangan atau bagian tubuh lain bila tidak sengaja tersentuh orang.

3. Membawa Bekal Sendiri

Jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman sendiri agar lebih terjamin kesehatannya. Kesehatan dari segi wadah, makanan, dan minumannya.

Apabila kamu terpaksa harus membeli maka perhatikan apakah penjualnya mematuhi prokes atau tidak. Untuk itu, pilihlah penjual yang taat prokes, ya.

4. Patuhi Prokes Saat Wisata Masa Pandemi

Taatilah protokol kesehatan atau prokes seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan saat wisata masa pandemi. Karena, jika bukan dari kita, siapa lagi yang bisa menjaga kesehatan diri sendiri.

5. Menggunakan Masker

Menggunakan masker sangat penting sekali agar droplet tidak jatuh dimana saja. Gunakan masker yang sesuai standar kesehatan, ya. Bahkan untuk saat ini, diusahakan penggunaan secara double.

6. Menjaga Jarak

Tips aman berwisata dimasa pandemi
Foto: merdeka.com

Jaga jarak aman antara Kamu dengan pengunjung lain yaitu antara 2 sampai 3 meter. Manfaat jaga jarak yakni untuk menghindari sentuhan yang tidak disengaja.  Di samping itu, bila ada OTG (Orang Tanpa Gejala) yang tidak menggunakan masker maka bisa terhindar dari virusnya.

7. Mencuci Tangan

Jangan lupa mencuci tangan setelah bepergian sebelum menyentuh anggota badan lainnya. Kamu juga harus mencuci tangan sebelum makan atau minum.

Destinasi Wisata Masa Pandemi

Objek wisata masa pandemi terbaik adalah ourdoor karena berada di alam bebas bukan di tempat tertutup. Berwisata juga sebaiknya di tempat sendiri saja agar covid segera mereda. Artinya tidak usah jauh-jauh ke luar kota karena di tempat sediri tentu banyak objek wisata alami seperti :

1. Wisata Pantai

Foto: tempo.co

Pantai sangat cocok untuk melepas penat dan lelah sehingga tubuh dan pikiran fresh kembali. Maka dari itu, carilah pantai yang tidak banyak pengunjung agar kamu dan keluarga tidak banyak bertemu orang serta terhindar dari kerumunan.

2. Wisata Gunung dan Bukit

Gunung dan bukit banyak memberi asupan oksigen yang baik. Oksigen sangat diperlukan oleh tubuh dan otak sehingga badan bertambah sehat dan segar. Carilah gunung dan bukit yang mudah dijangkau serta tidak terlalu banyak wisatawan. Kamu pun dapat menikmati pemandangan indah dari ketinggian.

3. Wisata Air Terjun

Air terjun yang sedikit pengunjung merupakan alternatif wisata saat pandemi. Kamu dapat menikmati indahnya suara dan percikan air yang turun dari ketinggian. Bila kebetulan belum ada pengunjung lain maka kamu dan keluarga dapat berenang atau bermain-main di kolamnya.

4. Wisata Perkebunan

Kamu dan keluarga juga bisa pergi ke perkebunan yang tidak padat pelancong. Misalnya perkebunan teh, perkebunan bunga, perkebunan sayur mayur, dan lain sebagainya. Jadi, bisa liburan sembari menikmati udara segarnya perkebunan.

Itulah tips aman berwisata di masa pandemi, Takaiters! Rencanakan liburanmu namun tetap utamakan protokol kesehatan ya!