Halo, Takaiters!

Terkait  dengan adanya wabah virus corona yang telah ditetapkan berstatus darurat global, beberapa negara melarang kunjungan warga Cina. Perkembangan virus yang cepat membuat banyak korban berjatuhan.

Indonesia telah memutuskan melakukan penundaan penerbangan menuju dan dari Cina, tidak termasuk Hong Kong dan Macau.

Tidak hanya Indonesia, sejumlah negara juga telah menerapkan larangan kunjungan warga Cina ke negaranya. Yuk, simak negara mana saja yang melarang warga Cina masuk ke negaranya!

1. Indonesia

Foto: kompas.com

Pada hari ini (02/02/2020) Indonesia telah mengumumkan akan melakukan penundaan penerbangan sementara menuju dan dari Cina. Aturan ini berlaku mulai Rabu pukul 00.00 WIB sampai waktu yang belum ditentukan. Penundaan ini tidak berlaku untuk penerbangan dari Hong Kong dan Macau.

Hingga saat ini, diketahui ada 5 maskapai penerbangan Indonesia yang melayani rute ke Cina, di antaranya Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air, dan Sriwijaya Air. Penundaan penerbangan sementara ini juga berlaku bagi maskapai asing yang melakukan penerbangan dari Cina menuju Indonesia, termasuk penerbangan transit dari Cina.

2. Singapura

Foto: suaraislam.id

Singapura menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang melakukan larangan kunjungan bagi warga Cina termasuk warga asing yang berkunjung ke Cina dalam waktu 14 hari ke belakang
Larangan berkunjung ini berlaku mulai Sabtu (01/02/2020) pukul 11.59 waktu setempat sampai waktu yang belum ditentukan.

Tindakan akibat wabah virus corona ini menjadi kali pertama Singapura memberlakukan larangan berkunjung terkait isu kesehatan.

3. Malaysia

Foto: kompas.com

Menurut laporan Republic World, Malaysia telah memberlakukan larangan pada semua fasilitas imigrasi termasuk mengeluarkan visa bagi warga Cina dari Wuhan dan daerah di sekitar provinsi Hubei. Hal itu disampaikan oleh Perdana Menteri Malaysia Mohamad Mahathir dalam sebuah pernyataan.

4. Jepang

Foto: moeslimchoice.com

Pemerintah Jepang juga menerapkan larangan kunjungan yang berlaku mulai Sabtu (01/02/2020) sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Bukan larangan dari seluruh Cina, Jepang mengkhususkan untuk Provinsi Hubei. Aturan ini berlaku bagi warga negara asing yang telah berkunjung ke Provinsi Hubei dalam kurun waktu 2 minggu kebelakang. Langkah ini juga berlaku bagi pemegang paspor Cina yang diterbitkan di Hubei.

Jepang juga mengeluarkan travel advisory untuk Provinsi Hubei menjadi level 3, di mana warga Jepang diminta menghindari segala jenis perjalanan (avoid all travels).

5. Korea Utara

Foto: kompas.com

Korea Utara melarang turis asing memasuki negaranya untuk sementara waktu. The New York Times melaporkan, operator yang memiliki spesialisasi dalam membawa wisatawan dari Cina ke Korea Utara itu, mengatakan di situs webnya bahwa negara itu menutup perbatasannya dengan wisatawan asing mulai Rabu.

Itulah beberapa negara yang melarang warga atau wisatawan Cina masuk ke negaranya terkait dengan adanya virus corona, Guy. Semoga infonya bermanfaat, ya.