Loha, Takaiters!

Hari Senin lalu, kecelakaan beruntun terjadi di ruas jalan Tol Cipularang KM 91. Tak tanggung-tanggung, dalam insiden tersebut melibatkan 20 kendaraan sehingga menyebabkan 8 korban meninggal dunia dan beberapa lainnya mengalami luka-luka. Kendaraan yang terlibat pun mengalami kerusakan parah, mulai dari terbalik, terseret keluar jalur tol, terpental, hingga terbakar habis. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas tips menghindari tabrakan beruntun yang bisa kamu lakukan.

1. Fokus untuk Berkendara

Foto: pexels.com

Dalam berkendara, dianjurkan untuk pandangan selalu fokus ke jalan dan jangan terlalu sering melirik hal-hal yang tidak perlu. Sesekali memang dibolehkan, misalnya mengecilkan suhu AC, mematikan radio atau mengganti salurannya, tetapi harus segera mengembalikan fokus pandangan ke depan. Fokus bisa mengantisipasi untuk mengerem dari jarak jauh atau berpindah jalur sehingga bisa mencegah terjadinya kecelakaan beruntun.

2. Memacu Kendaraan dengan Kecepatan yang Sesuai

Foto: pexels.com

Penyebab utama dalam setiap terjadinya kecelakaan, yaitu kecepatan yang berlebih. Oleh sebab itu, sebaiknya kita memacu kendaraan sesuai dengan kecepatan yang dianjurkan atau sesuai peraturan yang berlaku. Jangan sampai memacu kendaraan dengan kecepatan berlebih karena jalan raya bukan sirkuit balapan. Jadi sudah pasti kondisi jalanan ramai, dan ini tidak aman untuk dijadikan ajang kebut-kebutan.

3. Mengatur Jarak Aman

Foto: pexels.com

Selain mengatur kecepatan, kita juga wajib memperhatikan jarak aman dalam berkendara karena tidak ada gunanya memacu kendaraan dengan pelan atau sesuai kecepatan yang dianjurkan, tetapi tidak menjaga jarak. Pada akhirnya tetap bisa terlibat dalam kecelakaan beruntun. Hal ini karena menjaga jarak aman perlu kita lakukan agar bisa mengambil ancang-acang dan menghindari kendaraan yang ada di depan kamu saat melakukan pengereman mendadak.

4. Periksa Kondisi Kendaraan

Foto: otomania.com

Poin terakhir ini sangat penting dan harus diperhatikan. Kamu wajib untuk mengecek sedetail mungkin, utamakan faktor-faktor yang paling penting, seperti ban, mesin, oli, rem, dan lainnya yang sekiranya penting. Lebih baik lelah di awal daripada harus mengalami kejadian yang tidak diinginkan.

Nah, Guys, inilah beberapa tips yang wajib kita terapkan agar terhindar dari tabrakan beruntun. Utamakan selamat dan selalu ingat ada keluarga yang selalu menanti kita pulang dalam keadaan selamat. Semoga bermanfaat.