Halo, Takaiters!

Surabaya masih terus mengharumkan nama kota dengan prestasinya. Setelah tampil memesona dengan keindahan bunga Tabebuya, kini mengukir prestasi sebagai kota ke-10 paling toleran di Indonesia.

Surabaya meraih peringkat ke-10 sebagai kota yang toleran versi Lembaga Setara Institute. Posisi ini mengalahkan Jakarta yang berada pada posisi 92 dari 94 kota yang masuk daftar Indeks Kota Toleran (IKT).

Kota yang memenuhi kriteria kota toleran adalah kota yang memiliki beberapa atribut seperti regulasi pemerintah kota, pernyataan dan tindakan aparatur pemerintah kota yang berhubungan dengan toleransi. Kriteria lain adalah jumlah peristiwa dan tindakan pelanggaran kebebasan beragama.

Lalu, apa saja rahasia kota Surabaya sehingga mampu menduduki posisi 10 kota yang paling toleran di Indonesia? Surabaya menggunakan Taman Kota sebagai sarana meningkatkan teleransi warga di Surabaya. Berikut ini adalah 5 fakta yang membuat Surabaya jadi juara:

1. Membangun Banyak Taman

Foto: travelingyuk.com

Menurut Walikota Surabaya Tri Rismaharani, Taman merupakan medium bertemunya semua masyarakat Surabaya dengan latar belakang, karakter, kepercayaan, dan status sosial apapun. Pembangunan taman bahkan sampai pada wilayah pinggiran kota. Sebagai contoh di wilayah Gunung Anyar telah disiapkan lahan seluas 4 hektare untuk pembangunan taman.

2. Pembangunan Taman dengan Desain yang Bagus dan Indah

Foto: lelungan.net

Karena tujuan dibangunnya taman salah satunya untuk sarana rekreasi, maka keindahan penampilan taman menjadi fokus utama. Keindahan taman kota Surabaya akan makin meningkatkan daya tarik kota terbesar di Jawa Timur ini.

3. Sarana Menghapus Kesenjangan Tingkat Ekonomi Warga

Foto: kalomang.com

Taman yang bersih dan indah membuat orang dengan tingkat ekonomi menengah ke atas tidak malu untuk datang dan memanfaatkan fasilitas yang disediakan. Sedangkan bagi warga dengan penghasilan dan tingkat ekonomi kelas bawah masih bisa menikmati keindahan taman yang dibangun oleh pemerintah daerah kota Surabaya tanpa harus mengeluarkan biaya.

4. Sebagai Sarana Pemersatu Warga

Foto: surabaya.tribunnews.com

Salah satu tujuan dibangunnya banyak taman di Surabaya adalah untuk menyatukan warga Surabaya dengan berbagai latar belakang etnis dan agama berbeda. Toleransi di Surabaya ditingkatkan dengan pembangunan tempat berkumpul yang bagus dan nyaman supaya bisa tentram hidup berdampingan.

5. Memanjakan pengunjung Taman dengan Fasilitas Pendukung

Foto: regional.kompas.com

Sejumlah taman kota yang dibangun di Surabaya sudah dilengkapi dengan fasilitas jaringan wifi yang bisa diakses secara gratis. Tujuannya agar semua warga termasuk anak-anak dan remaja nyaman berkunjung ke taman.

Kota yang indah dan nyaman, tentu akan membuat tentram jiwa para penghuninya. Ketentraman jiwa akan mempengaruhi perilaku warganya. Jika yang seperti ini terjadi di seluruh Indonesia, maka akan tentram dan damai negeri kita.