biaya wisata ke luar angkasa
Foto: Blueorigin.com

Tertarik Wisata ke Luar Angkasa? 5 Perusahaan Ini Siap Membawamu Meninggalkan Bumi

Hai, Takaiters!

Kehidupan kita di zaman now sangat terbantu dengan kehadiran berbagai perangkat canggih. Jujur saja, dalam banyak aspek, hidup kita semakin mudah. Hal-hal yang tak pernah kita bayangkan sebelumnya, kini bisa kita wujudkan menjadi sebuah kenyataan. Termasuk salah satunya melakukan tamasya ke luar angkasa.

Dulu, hanya para astronot saja yang memiliki peluang untuk melancong ke ruang angkasa. Tapi, sekarang, siapa pun, asal punya dana yang cukup, dapat melakukan lawatan ke luar angkasa dan tinggal beberapa hari lamanya di sana.

Di masa depan, diproyeksikan akan semakin banyak saja warga Bumi yang akan menjadi wisatawan ke luar angkasa.

Menilik sejarahnya,  wisata luar angkasa mulai mencuat sekitar akhir tahun 1990-an ketika terjadi kesepakatan antara  perusahaan asal Rusia, MirCorp, dan perusahaan asal Amerika serikat, Space Adventures Ltd.

Saat itu,  dalam upaya menghasilkan pendapatan untuk pemeliharaan stasiun ruang angkasa yang sudah berusia tua, MirCorp memutuskan untuk menawarkan paket perjalanan wisata  ke luar angkasa. Dennis Anthony Tito, seorang multijutawan Amerika, tertarik dan mengambil tawaran tersebut.

Dengan  membayar sekitar 20 juta dollar AS untuk penerbangannya dengan pesawat ruang angkasa Rusia Soyuz TM-32, Tito berhasil menghabiskan tujuh hari di Stasiun Internasional Luar Angkasa (ISS) dan sekaligus menjadi turis pertama yang melancong ke luar angkasa.

Dikutip dari laman revfine.com, dewasa ini, setidaknya ada lima perusahaan yang siap menerbangkan siapa pun yang berminat untuk bertamasya ke luar angkasa.

1. Virgin Galactic

wisata ke bulan luar angkasa
Foto: wamc.org

Perusahaan ini menyediakan penerbangan luar angkasa suborbital reguler untuk pelanggan yang membayar. Perusahaan sudah memiliki daftar tunggu yang panjang dari orang-orang yang ingin menjadi turis luar angkasa. Meski demikian, Virgin Galactic sempat dirundung masalah berupa penundaan perjalanan akibat hilangnya pesawat ruang angkasa mereka, VSS Enterprise, di tahun 2014.

2. SpaceX

harga wisata ke luar angkasa
Foto: qz.com

SpaceX sudah sangat berpengalaman dalam hal peluncuran penerbangan ke luar angkasa. Namun, tidak seperti kebanyakan perusahaan lain yang beroperasi di bidang ini, SpaceX memprioritaskan perjalanan wisata ke Bulan dan bentuk wisata luar angkasa lainnya yang melampaui orbit Bumi.

3. Blue Origin

biaya wisata ke luar angkasa
Foto: Blueorigin.com

Sejauh ini, Blue Origin telah menjadi pesaing utama Virgin Galactic dalam hal penawaran paket perjalanan ruang angkasa sub-orbital. Perusahaan ini menggunakan roket yang lebih tradisional, yang dijuluki sebagai New Shepard, yang mampu lepas landas serta mendarat secara vertikal.

4. Orion Span

wisata luar angkasa nasa
Foto: revfine.com

Orion Span adalah perusahaan pariwisata luar angkasa asal Negeri Paman Sam,  Amerika Serikat, yang membangun stasiun luar angkasa komersial partikelir bernama Aurora Space Station, yang berfungsi sebagai hotel luar angkasa, dan  dapat menampung hingga enam wisatawan luar angkasa. Biaya reservasi hotel luar angkasa  tersebut sekitar 10 juta dollar AS.

5. Boeing

Foto: foxbusiness.com

Perusahaan Boeing muncul sebagai salah satu pemain utama dalam industri pariwisata luar angkasa ketika meneken perjanjian dengan NASA, sebagai bagian dari program pengembangan kru komersial mereka. Program ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan perusahaan swasta dalam produksi pesawat berawak yang akan diluncurkan ke orbit. Menjalin kerjasama dengan NASA telah memungkinkan Boeing menjual paket perjalanan luar angkasa  kepada wisatawan. Target Boeing adalah sekurangnya ada satu turis luar angkasa yang bersedia ikut dalam setiap misi luar angkasa mereka.

Nah, Takaiters, apakah kalian tertarik suatu saat melancong ke luar angkasa?

Jika tertarik, tentu saja harus mulai rajin menabung sejak saat sekarang.  Satu hal lagi, kalian harus senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran. Karena untuk bisa melakukan perjalanan ke luar angkasa dituntut pula memiliki kesehatan dan kebugaran tubuh yang prima.