Hai, Takaiters!

Sebagai wanita yang bekerja di luar rumah dan masih memiliki anak yang masih kecil sudah pasti sangat terbebani jika harus meninggalkan anaknya sendirian di rumah. Untuk itu keberadaan asisten rumah tangga atau baby sitter sangat diperlukan. Kalaupun tidak memiliki asisten rumah tangga atau baby sitter tentunya sudah ada orang yang dipercaya untuk menjaga anak-anaknya. Namun, apalah daya jika suatu hari dihadapkan pada keadaan tidak ada seorang pun yang bisa menjaga anak-anak karena satu dan lain hal. Jika hal itu terjadi mau tidak mau kamu akan membawa anak kamu ke tempat kerja, bukan?

Anak usia berapa, sih, yang bisa kamu bawa ke tempat kerja? Sebaiknya anak yang masih balita tidak di bawa ketempat kerja karena akan merepotkan kamu sendiri. Minimal anak yang kamu bawa ketempat kerja adalah anak yang sudah memasuki usia sekolah dini agar tidak merepotkan kamu di tempat kerja. Nah, apa saja yang harus kamu lakukan agar tetap bisa fokus kerja meskipun dengan membawa anak?

Melatih Anak Mandiri

Foto: mamamia.com.au

Tidak semua anak bisa nyaman jika dibawa ke tempat kerja. Agar kamu bisa fokus kerja latihlah anak agar bisa mandiri, yaitu tidak apa-apa tidak harus selalu bundanya. Kenalkan anak pada rekan-rekan kerja diruangan kamu sehingga lebih mudah bersosialisasi. Jika sewaktu-waktu kamu harus keluar sebentar untuk urusan kerja, kamu tidak akan khawatir meninggalkan anak di ruangan. Kamu juga perlu menunjukkan ruangan-ruangan yang penting seperti kamar mandi, toilet, tempat cuci tangan, dan kantin jadi anak bisa pergi sendiri jika mereka ingin buang air, cuci tangan ataupun membeli camilan.

Berilah Anak Kegiatan

Foto: himedik.com

Berilah anak sesuatu yang bisa dia gunakan untuk mengisi waktunya selama di tempat kerja  agar tidak bosan. Kamu bisa memberinya kertas yang sudah tidak terpakai untuk corat-coret atau untuk dia gunakan membuat mainan dari kertas. Sediakan juga gunting, pensil atau pena yang bisa dia gunakan sebagai perlengkapannya.

Persiapkan Bekal dari Rumah

Foto: fimela.com

Jika rencana mau membawa anak ke tempat kerja, persiapkan bekal dari rumah sebaik mungkin. Bawalah makanan agar selama menunggu di tempat kerja pola makannya tetap terjaga. Sediakan juga baju ganti jika sewaktu-waktu bajunya basah atau kotor sudah ada gantinya. Kamu juga bisa membawa salah satu mainan kesukaannya agar dia tidak bosan. Jika anak suka mewarnai bawalah pensil warna dan buku mewarnai.

Berikan Pengertian kepada Anak

Foto: parentplace.jfcs.org

Agar anak tahu kalau bundanya sibuk dengan pekerjaannya, berikan pengertian kepada anak semenjak di rumah. Katakan pada anak bahwa dia boleh ikut ke kantor asal bersikap nice. Di kantor juga tidak boleh menangis, ngambek, ataupun mengganggu yang lain. Jika anak di beri pengertian dengan bahasa yang mudah mereka pahami, mereka juga pasti akan mengerti dan nurut.

Gimana, Takaiters, sudah tidak bingung lagi, kan? Jika anak tidak ada yang menjaganya di rumah, sesekali kamu bisa membawanya ke tempat kerja. Kamu tetap akan bisa fokus pada pekerjaan jika melakukan tips di atas, ya, Guys.